Anggota KPPS Sukoharjo Meninggal Akibat Kelelahan

Kejang-kejang saat proses penghitungan suara

Yuli Anisah (44), seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 10 Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, meninggal dunia, Jumat (19/4) malam. Yuli diduga kelelahan seusai bertugas dalam pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019.

Baca Juga: Petugas KPPS yang Meninggal Dunia akan Disantuni KPU

1. Mengeluhkan badan lemas, tapi menolak istirahat

Anggota KPPS Sukoharjo Meninggal Akibat KelelahanIDN Times/Ganug Nugroho

Menurut Ketua PPS Desa Wirun, Sutopo, Yuli sempat mengeluhkan badannya lemas akibat kurang tidur dan istirahat saat proses penghitungan suara. Namun, Yuli menolak istirahat dan nekat meneruskan pekerjaannya.

“Proses rekapitulasi selesai pada Kamis (18/4) dini hari. Saat itu mukanya sudah pucat lalu tubuhnya kejang-kejang.  Dia memang sempat mengatakan beberapa hari kurang tidur," kata Sutopo, Sabtu (20/4).

2. Sempat dibawa ke rumah sakit, meninggal di perjalanan

Anggota KPPS Sukoharjo Meninggal Akibat KelelahanIDN Times/Ganug Nugroho

Yuli sempat istirahat di rumah selama sehari. Namun, pada Jumat (19/4) malam dia kembali mengalami kejang.  Keluarganya sempat membawa ke Rumah Sakit Islam Kustati, Solo. Namun, setiba di rumah sakit Yuli sudah meninggal dunia.

“Meninggal di perjalanan karena belum sempat mendapat perawatan medis di rumah sakit,” ujar Sutopo.

3. Guru sekolah pendidikan anak usia dini

Anggota KPPS Sukoharjo Meninggal Akibat KelelahanIDNT Times/Ganug Nugroho

Sehari-hari, Yuli bekerja sebagai guru sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) di DesaMojolaban. Untuk mencukupi kebutuhan hidup, dia juga membuka usaha toko kelontong di rumahnya.

Kepala Desa Wirun, Erry Suseno Wibowo, mengungkapkan Yuli mempunyai riwayat penyakit jantung. Saat pemungutan suara selesai pukul 14.00, beberapa anggota KPPS sempat mengantar Yuli pulang untuk istirahat. Namun, sore harinya Yuli kembali datang untuk membantu penghitungan suara.

“Almarhumah dimakamkan siang tadi pukul 14.00. Kasihan, anaknya masih kecil,” ujar Erry.

Baca Juga: Kawal Pemilu 2019, Belasan Relawan KPPS Meninggal Dunia di Jabar

Topik:

Berita Terkini Lainnya