Comscore Tracker

Kanker Makin Parah, Pak Sutopo Pamit Berobat ke Guangzhou

Semoga sehat kembali, Pak Topo

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, berangkat ke Guangzhou, Tiongkok, untuk berobat kanker paru stadium 4 yang dideritanya. Melalui akun Instagramnya @sutopopurwo, dia mengunggah keberangkatannya.

“Hari ini saya ke Guangzhou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali,” tulis Sutopo di Instagramnya, Sabtu (15/6).

1. Sutopo meminta doa dan menyampaikan permohonan maaf

Kanker Makin Parah, Pak Sutopo Pamit Berobat ke GuangzhouBiro Pers Istana/Laily Rachev

Selanjutnya, Sutopo meminta doa agar bisa menjalani perawatan dengan baik selama di Tiongkok. Dia juga menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan. Sutopo menulis dirinya akan berobat selama sebulan sehingga tidak bisa menyampaikan informasi bencana alam seperti biasanya.

“Saya mohon doa restu kepada semua netizen dan lainnya. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Sekaligus saya dimaafkan atas kesalahan dan dosa. Saya di Guangzho selama 1 bulan. Maaf jika tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya,” tulis dia.

Baca Juga: Berobat Kanker ke Guangzhou, Tagar #DoaBuatSutopo Populer di Twitter 

2. Berharap sembuh sehingga bisa berkumpul dengan keluarga dan teman-teman

Kanker Makin Parah, Pak Sutopo Pamit Berobat ke GuangzhouANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Sutopo juga melampirkan video yang diambil sebelum terbang ke Guangzhou. Menurut Sutopo, apa yang dia lakukan merupakan ihtiar karena hasil scan terakhir kanker sudah menyebar dan rasanya makin menyakitkan sehingga pelu dicoba ke luar negeri.

“Saat ini saya masih di bandara internasional Soekarno-Hatta, dalam rangka menuju ke Guangzhou China untuk berobat dari penyakit kanker yang makin menggerogoti dan makin menyakitkan,” ujar dia.

Selanjutnya, Sutopo berharap bisa sembuh dari kanker yang dideritanya sehingga bisa terus berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

3. Didiagnosis menderita kanker paru stadium IV B

Kanker Makin Parah, Pak Sutopo Pamit Berobat ke GuangzhouTwitter/@Sutopo_PN

Sutopo didiagnosis menderita kanker paru stadium IVB. Meski sakit, namun kondisi itu tidak membuatnya menghentikan aktivitas hariannya. Pria tersebut masih tetap semangat untuk bekerja, mengajar, dan melakukan kegiatan lainnya. Sutopo bahkan tetap aktif memberikan informasi mengenai perkembangan penanganan bencana alam.

Padahal, penggemar penyanyi Raisa ini setiap hari harus mengkonsumsi obat-obatan untuk meredam sel kanker menggerogoti tubuhnya. Melalui akun Twitternya, Sutopo pernah mengunggah berbagi macam obat yang yang harus dikonsumsi setiap hari.

“Jagalah kesehatan. Sehat itu mahal. Hiduplah dengan gaya hidup sehat Perbanyaklah makan sayur, buah, olahraga dan berpikir positif,” tulis dia.

Semoga sehat kembali, Pak Topo. Amin

Baca Juga: Setelah Bertemu Raisa, Penyintas Kanker Sutopo 'BNPB' Kebanjiran Doa

4. Tagar DoaBuatSutopo jadi trending topic Twitter

Kanker Makin Parah, Pak Sutopo Pamit Berobat ke GuangzhouIDN Times/Dwifantya Aquina

Di media sosial Twitter, ribuan warganet mendoakan dan menyemangati Sutopo.

"Semoga bapak dapat lekas kembali beraktivitas seperti sedia kala dan berkumpul dengan sehat bersama keluarga. Terima kasih atas info yang selama ini telah diberikan, terima kasih atas kerja keras bapak selama ini. Tetap semangat, Pak," tulis akun @endangswpl.

"Semoga amal dan ibadahmu mengangkat semua penyakitmu, Sang Kesatria di balik bencana," tulis akun @sapriadikato.

Baca Juga: Keren! Sutopo Kembali Dapat Penghargaan

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You