Comscore Tracker

52 Rumah Sakit di Jateng Siap Layani Caleg Stres

Semoga gak ada caleg depresi ya

Semarang, IDN Times - Puluhan rumah sakit jiwa di Jawa Tengah siap menampung caleg yang stres atau depresi, akibat mengalami kekalahan dalam Pemilu 2019.

Beberapa rumah sakit sudah melayani caleg yang memeriksakan kondisi kejiwaan mereka, tapi belum sampai memberikan layanan rawat inap.

Baca Juga: Layani Caleg Stres Pasca Pemilu, Ini Langkah Kemenkes

1. Ada 52 rumah sakit yang menangani caleg depresi

52 Rumah Sakit di Jateng Siap Layani Caleg StresIDN Times/Ganug Nugroho

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 52 rumah sakit pemerintah, berikut fasilitasnya, untuk melayani pasien caleg yang mengalami gangguan jiwa akibat Pemilu 2019. Pelayanan meliputi pengadaan bangsal, tempat tidur, dan tenaga medisnya.

“Jadi ada 52 rumah sakit pemerintah yang siap melayani pasien caleg di wilayah Jateng ini. Kami juga menambah tenaga medis khusus untuk pasien gangguan kejiwaan, seperti dokter jiwa, psikolog, dan paramedis lainnya,” kata Yulianto saat dihubungi IDN Times, Sabtu (20/4). 

52 Rumah Sakit di Jateng Siap Layani Caleg StresIDN Times/Sukma Shakti

2. Caleg yang dirawat disediakan kamar kelas VVIP

52 Rumah Sakit di Jateng Siap Layani Caleg StresShutterstock

Beberapa rumah sakit tersebut antara lain Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Amino Gondohutomo Semarang yang menyiapkan 350 kamar. Kemudian, RSUD Soewondo Kendal sebanyak 20 kamar, dan Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Arif Zainudin Surakarta (Solo) yang mempunyai kapasitas 297 kamar.

“Kami tidak menambah fasilitas, karena semuanya sudah lengkap. Di sini ada bangsal kelas 1 sampai 3, kemudian kelas VIP dan VVIP. Kami siap menerima siapa saja, termasuk caleg yang mulai anah-aneh karena kalah pemilu. Tapi mudah-mudahan gak ada ya,” ujar Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis RSJD dr Arif Zainudin, dr Agustini Christiawati, Sabtu (20/4).

Perihal layanan, RSJD Surakarta menyediakan kamar kelas VVIP yang eksklusif dengan harga Rp450 ribu per malam. Jika ingin lebih murah ada kelas VIP yang harganya Rp350 ribu. Pasien juga bisa memilih kamar kelas 1, 2, dan 3 dengan biaya Rp250 ribu, Rp225 ribu, dan Rp150 ribu.

3. Setiap hari melayani konsultasi kejiwaan

52 Rumah Sakit di Jateng Siap Layani Caleg StresIDN Times/Ganug Nugroho

Agustini menjelaskan RSJD dr Arif Zainudin tidak melakukan persiapan khusus untuk melayani caleg yang akan berkonsultasi, karena memberikan konsultasi sudah menjadi pelayanan sehari-hari.

“Kalau konsultasi setiap hari ada yang konsultasi. Tapi sampai sekarang belum ada caleg yang menjalani rawat inap. Menurut pengalaman tidak banyak caleg yang masuk ke sini. Sebelum pencalegan mereka kan sudah melewati screening kesehatan, jadi mudah-mudahan kuat lah,” ujar dia.

52 Rumah Sakit di Jateng Siap Layani Caleg StresIDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: RSJ Bangli Sedia 100 Kamar Kosong untuk Caleg Stres, Apa Gejalanya?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya