Comscore Tracker

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Kunjungi Guru Semasa SD di Tawangmangu

Wagiyo mengungkapkan, Ganjar selalu juara satu

Karanganyar, IDN Times - Menjadi gubernur tak membuat Ganjar Pranowo lupa akan jasa guru-gurunya. Pada Jumat (7/6), Gubernur Jawa Tengah ini berkunjung ke rumah seorang gurunya bernama Wagiyo Suratno (70).

Wagiyo merupakan guru SD Negeri 2 Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, tempat Ganjar bersekolah dulu. Kunjungan Ganjar yang tak disangka-sangka itu membuat keluarga Wagiyo terharu.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Ikut Mudik Gratis Naik KA, Ada Warganya Curhat

1. Wagiyo merupakan guru Ganjar saat SD di Tawangmangu

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Kunjungi Guru Semasa SD di Tawangmangu

Ganjar menyempatkan bersilaturahmi dengan guru SD-nya di sela-sela open house yang digelar di kediamannya di Tawangmangu, Karanganyar. Dengan membonceng sepeda motor, Gubernur mengunjungi rumah Wagiyo Dukuh Krangean RT 01 RW 01 Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, sekitar 10 menit perjalanan dari tempatnya menggelar  open house.

Wagiyo bersama keluarganya pun menyambut kedatangan orang nomor satu di Jateng itu dengan hangat. Pertemuan antara murid dengan guru berlangsung penuh haru dan bahagia. Wagiyo mengaku tidak menyangka akan dikunjungi oleh Gubernur.

Wagiyo menceritakan, dia pernah mengajar Ganjar selama dua tahun, yaitu saat duduk di kelas 2 dan 3 SD. Sejak SD, kata Wagiyo, Ganjar merupakan murid yang menonjol di antara 28 murid yang lain.

“Saya itu guru dan wali kelasnya, jadi ingat betul. Mas Ganjar itu selalu juara satu. Orangnya juga sopan dan tidak neka-neka (aneh-aneh),” kata dia.

2. Ganjar merupakan anak desa dari keluarga sederhana

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Kunjungi Guru Semasa SD di Tawangmangu

Menurut Wagiyo, Ganjar benar-benar anak desa dan berasal dari keluarga sederhana. Dalam ingatannya, Wagiyo mengisahkan bahwa saat sekolah Ganjar kerap memakai sepatu alias nyeker karena ekonomi yang terbatas.

“Tapi dia tetap rajin sekolah, tidak minder. Nilai-nilai mata pelajarannya selalu bagus. Saya tidak heran kalau sekarang Mas ganjar ini bisa jadi gubernur, karena ya pintar dari dulu,” ujar Wagiyo.

Salah satu kebanggaan lain Wagiyo terhadap Ganjar adalah meski sudah menjadi pejabat penting, Namun Ganjar tidak pernah melupakan orang-orang yang pernah berjasa dalam hidupnya, termasuk teman-teman sekolahnya.

“Saya benar-benar bangga dan terharu, sudah jadi gubernur tapi Mas ganjar ini tidak lupa sama saya. Saya benar-benar mengucapkan terima kasih karena Pak Gubernur kersa (mau) mengunjungi saya,” kaata Wagiyo.

3. Wagiyo merupakan pejuang pendidikan yang pantang menyerah

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Kunjungi Guru Semasa SD di Tawangmangu

Gubernur Ganjar menyebut Wagiyo merupakan seorang pejuang yang luar biasa. Dia menjadi  seorang guru sejak usia muda, sekitar tahun 1967 dan hanya lulusan SMP. Namun, Wagiyo, kata ganjar, tidak pernah berhenti untuk belajar.

“Bapak ini luar biasa. Pantang pantang menyerah. Saat ngajar saya Pak Wagiyo ini hanya lulusan SMP, tapi sekarang beliau ini lulus S2,” katanya.

Ganjar sengaja bersilaturahmi ke kediaman Wagiyo untuk berterima kasih dan mengenang jasa-jasa yang telah diberikannya karena bagaimanapun salah seorang guru di bangku SD itu merupakan orang yang telah berjasa pada dirinya.

"Lebaran itu juga momentum untuk mengenang mereka yang telah berjasa dalam hidup kita, setidaknya untuk saya. Alhamdulillah beliau masih sehat, saya bisa bertemu dengan beliau dan keluarganya,” kata Ganjar.

Baca Juga: Bom di Kartasura, Ganjar Pranowo: Tetap Tenang, Jangan Sebar Gambar 

Topic:

  • Sunariyah

Just For You