Comscore Tracker

Ini yang Bikin Mudik Jadi Asyik di Jalur Selatan Jawa Tengah

Lebih jauh, tapi gak macet

Semarang, IDN Times - Jalur selatan Jawa Tengah selama ini memang kalah pamor dibanding jalur utara. Apalagi, kini tol Trans Jawa sudah terhubung dari Jakarta hingga Probolinggo. Padahal, jalur selatan menawarkan pemandangan indah dan kondisi jalan yang tak kalah bagus dengan jalur utara, lho.

Yuk, intip seperti apa keseruan kalau kamu mudik lewat jalur selatan.

 

Baca Juga: Target Gubernur Ganjar, Perbaikan Jalur Mudik Pantura Kelar H-10

1. Titik awal jalur selatan adalah Cilacap

Ini yang Bikin Mudik Jadi Asyik di Jalur Selatan Jawa TengahInstagram.com/iqbalkautsar

Jalur selatan ini dimulai dari Cilacap, yaitu Patimuan Cilacap-Sidareja-Kawunganten-Jeruk Legi-Gumilir- Karang Kandri-Selarang-Penggalang Adipala-Jalan Ahmad Yani-Srandil-Jetis Nusawungu. Selanjutnya, masuk Kebumen mulai dari perbatasan Kabupaten Cilacap Kebumen-Ayah Karangbolong-Pantai Logending Kebumen-Ayah Karangbolong-Jalur Diponegoro-Ambal Kembaran-Ambal Petanahan.

Berikutnya, adalah Jalan Daendels-Ambal-Mirit-Jalan Daendels Grabag-Ketawang-Jalan Daendels- Purwodadi-Jogoresan-Jalan Daendels-Mawar Congot dan berlanjut masuk Jalur Provinsi DIY. Jalur selatan menghubungkan Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta sepanjang 130 kilometer.

Jalur alternatif dari Purwokerto-Yogyakarta ini bisa dipecah di Kebumen barat melalui rute Gombong-Karanganyar-pertigaan Guyangan di Desa Purwodeso-Kritig-Petanahan-Jalan Daendels.

Sedangkan jalur alternatif mudik Kebumen bagian timur adalah Prembun-Lembupurwo-Jalan Daendels. Untuk Kebumen bagian tengah adalah Kambalan-Ambalresmi-Jalan Daendels.

Jalur ini memang lebih jauh, namun waktu tempuhnya lebih cepat dibandingkan jalur utara karena tidak macet.

2. Pemudik bisa keluar dari tol Brebes ataupun Pemalang

Ini yang Bikin Mudik Jadi Asyik di Jalur Selatan Jawa TengahANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Bagi pemudik dari Jakarta tujuan Kebumen, Purworejo, dan Jogja yang ingin merasakan asyiknya mudik lewat jalur selatan Jateng, tidak harus keluar melalui pintu tol Brebes. Pemudik bisa keluar melalui pintu tol Pemalang menuju arah Belik-Purbalingga yang tak kalah asyik karena di sepanjang jalur ini, banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Jangan khawatir, di sepanjang jalur ini juga sudah banyak warung dan rumah makan yang menyajikan kuliner khas daerah setempat. Tapi yang lebih penting dari itu, di jalur selatan Jateng ini pemudik akan disuguhi pemandangan luar biasa bagus dan indah.

Jalanan lebar sekitar 5-7 meter, mulus, dan relatif sepi kendaraan adalah kondisi sehari-hari yang dapat ditemukan di jalur ini. Jalur ini melintasi 23 kabupaten di empat provinsi.

3. Masih minimnya penerangan jalan membuat pemudik harus tetap waspada

Ini yang Bikin Mudik Jadi Asyik di Jalur Selatan Jawa TengahANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Namun, pemudik mesti berhati-hati menggunakan jalur paling selatan di Jawa ini karena minimnya penerangan jalan. Di beberapa titik, jalan juga belum dilebarkan. 

“Tapi, jalur ini sangat layak dilalui. Kita sudah pasang rambu yang dilengkapi dengan delienator jalan atau patok yang mudah memantulkan cahaya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Satriyo Hidayat kepada IDN Times, Selasa (21/5).

Di jalur Brebes-Banyumas-Purbalingga, pemudik bisa menikmati udara segar pegunungan karena jalur ini merupakan kawasan Gunung Slamet. Sepanjang jalur ini menyuguhkan persawahan yang indah dengan udara sejuk. Selain pegunungan, pemudik juga dapat menikmati aliran Sungai Serayu yang mengalir melintasi Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, dan Banyumas.

Baca Juga: Mudik ke Jateng, Hindari Kawasan Ini Agar Bebas Macet

Topic:

  • Elfida

Just For You