Comscore Tracker

Soetrisno Bachir: PAN-Demokrat Bergabung Jokowi Banyak Manfaatnya

Kabinet yang kuat mempercepat pertumbuhan ekonomi

Solo, IDN Times - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir menyebut jika PAN dan Partai Demokrat bergabung ke pemerintahan Joko Widodo, akan mendatangkan maslahat atau kebaikan, dibanding mudaratnya.

Soetrisno menilai positif kemungkinan bergabungnya dua partai tersebut ke pemerintahan. Kedua partai tersebut sebelumnya mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pemilu 2019.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Zulkifli Hasan Bantah Bicara Soal Koalisi

1. Soetrisno melihat upaya koalisi sedang dilakukan kedua partai

Soetrisno Bachir: PAN-Demokrat Bergabung Jokowi Banyak ManfaatnyaSetkab.go.id

Soetrisno melihat kedua partai sekarang ini sedang menuju arah koalisi dengan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, baik PAN maupun Demokrat. Namun, ia mengaku belum tahu hasil proses tersebut nantinya.

“Saya kira kalau PAN dan Demokrat bergabung akan banyak maslahatnya dibandingkan mudaratnya, ya. Itu saja,” ujar dia usai menghadiri tasyakuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Graha Saba Buana, Solo, Sabtu (25/5) malam.

2. PAN pernah bergabung di Pemerintahan Jokowi

Soetrisno Bachir: PAN-Demokrat Bergabung Jokowi Banyak ManfaatnyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) itu mengatakan peluang PAN bergabung dengan pemerintahan Jokowi besar. Apalagi, sebelumnya PAN juga pernah bergabung pada pertengahan masa pemerintahan Jokowi.

“Kemarin kan juga pernah ada di pemerintahan. Saya kira Pak Jokowi juga akan mempertimbangkan hal itu. Saya ikuti perkembangan saja,” ujar dia.

Seperti diketahui, dalam beberapa waktu terakhir Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan terlihat beberapa kali bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara. Di pihak lain, Partai Demokrat yang diwakili Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), juga beberapa kali bertemu Jokowi di Istana.

3. Kabinet yang kuat akan mempercepat pertumbuhan ekonomi

Soetrisno Bachir: PAN-Demokrat Bergabung Jokowi Banyak ManfaatnyaIDN Times/ Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Soetrisno mengatakan, koalisi partai politik akan memperkuat kabinet, sehingga pertumbuhan ekonomi diharapkan akan semakin cepat. Sebab, dengan kuatnya kabinet, Presiden Jokowi tidak akan terlalu banyak mengambil kebijakan politis dalam lima tahun mendatang.

“Rumusnya, kalau kabinet kuat kan perekonomiannya juga akan tumbuh semakin cepat. Saya kira, niat bergabung ke pemerintahan bukan untuk bagi-bagi kue kekuasaan ya, tapi untuk percepatan ekonomi,” kata dia.

Soetrisno menambahkan semakin banyak partai politik yang bergabung di pemerintahan akan membuat jalannya pemerintahan semakin stabil. Namun, bukan berarti pemerintahan tidak butuh oposisi, sebab, oposisi tetap diperlukan untuk mengingatkan dan mengkritisi pemerintah.

Baca Juga: Usai Bertemu AHY, Jokowi Bertemu di Zulkifli Hasan di Istana Bogor

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You