Comscore Tracker

Puan Maharani Dipastikan Lolos ke DPR, Suara Setara Jumlah Warga Solo

Puan Maharani meraup sebanyak 420.000 suara

Solo, IDN Times - PDI Perjuangan sukses menunjukkan dominasinya di Pemilu 2019. Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu berhasil meraup suara terbanyak di Pemilu 2019. Salah satu lumbung suara partai besutan Megawati Soekarnoputri itu adalah Jawa Tengah.  

Tak heran dengan perolehan suara yang banyak ini, dipastikan sejumlah caleg PDIP lolos masuk parlemen. Berdasarkan hasil penghitungan suara sementara internal partai, empat caleg PDIP dari Dapil Jateng V lolos ke DPR. Salah satunya adalah Puan Maharani, putri Megawati yang juga Ketua DPP PDIP.

Baca Juga: Dari Oky Asokawati hingga Manohara Pinot, NasDem 'Banjir' Caleg Artis

2. Perolehan suara Puan hampir menyamai total jumlah warga Solo

Puan Maharani Dipastikan Lolos ke DPR, Suara Setara Jumlah Warga SoloAntara Foto

Di Dapil Jateng V yang terdiri dari Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo, Puan meraup  420.000 suara. Jumlah itu hampir sama dengan total penduduk Solo yang berjumlah 500.000 jiwa.

Menurut Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima, selain diprediksi lolos menjadi anggota DPR, Puan juga diperkirakan memperoleh suara terbanyak di tingkat nasional.

“Pemilu 2014 Mbak Puan terbanyak nomor dua, tapi untuk Pemilu tahun ini sangat berpeluang menempati posisi perolehan suara terbanyak nomor satu. Kekuatan partai dikerahkan untuk men-support Mbak Puan,” kata Aria saat dihubungi IDN Times melalui telepon, Rabu (24/4).

2. Meminta pendukung untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin

Puan Maharani Dipastikan Lolos ke DPR, Suara Setara Jumlah Warga SoloANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Meskipun nyaleg, namun Puan yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu hampir tidak pernah terlihat mengampanyekan dirinya sendiri. Sebaliknya, dia selalu meminta pendukungnya untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Pokoknya tanggal 17 April nanti jangan lupa sama-sama memenangkan dan menjaga suara kita untuk calon nomor 01 ya. Pak Jokowi sudah banyak kerja untuk Indonesia, sudah banyak buktinya kan?” katanya saat kampanye akbar di Stadion Sriwedari Solo pada 9 April lalu.

3. Solo masih menjadi kandang banteng

Puan Maharani Dipastikan Lolos ke DPR, Suara Setara Jumlah Warga SoloAntara Foto

Selain Puan Maharani, dari Dapil Jateng V ini PDIP juga diperkirakan meloloskan tiga kader lainnya ke Senayan. Ketiganya adalah Aria Bima, Alfia Reizani, dan Rahmad Handoyo. Mereka merupakan petahana di DPR. Pada Pemilu 2014 lalu, PDIP hanya meloloskan tiga kadernya ke DPR.

Sampai saat ini, wilayah Solo masih menjadi kandang Banteng, terutama Kota Solo, kemudian Boyolali, Sukoharjo, dan Klaten. Di lima wilayah itu PDIP meraih kursi di DPRD antara 60 persen sampai 80 persen.

Baca Juga: PDIP Klaim 80 persen Kursi DPRD Boyolali Sudah di Tangan

Topic:

  • Sunariyah

Just For You