Penghitungan Sementara, Puan Maharani Melaju ke DPR 

Meraup sebanyak 420.000 suara

Solo, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menunjukan dominasinya di Jawa Tengah. Berdasarkan penghitungan suara sementara internal partai, empat caleg PDIP dari Dapil Jateng V lolos ke DPR. Salah satunya adalah Puan Maharani yang juga Ketua DPP partai berlambang banteng moncong putih itu.

Baca Juga: Dari Oky Asokawati hingga Manohara Pinot, NasDem 'Banjir' Caleg Artis

2. Perolehan suara Puan hampir menyamai total jumlah warga Solo

Penghitungan Sementara, Puan Maharani Melaju ke DPR Antara Foto

Di dapil Jateng V yang terdiri dari Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo, Puan meraup sebanyak  420.000 suara. Jumlah itu hampir sama dengan total jumlah penduduk Solo yang sebesar 500.000 jiwa.

Menurut Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima, selain diprediksi lolos menjadi anggota DPR, Puan juga diperkirakan memperoleh suara terbanyak di tingkat nasional.

“Pemilu 2014 Mbak Puan terbanyak nomor dua, tapi untuk Pemilu tahun ini sangat berpeluang menempati posisi perolehan suara terbanyak nomor satu. Kekuatan partai dikerahkan untuk mensupport Mbak Puan,” kata Aria saat dihubungi IDN Times melalui telepon, Rabu (24/4).

2. Meminta pendukung untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin

Penghitungan Sementara, Puan Maharani Melaju ke DPR ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Meskipun nyaleg, namun Puan yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu hampir tidak pernah terlihat mengampanyekan dirinya sendiri. Sebaliknya, putri Megawati Soekarno Putri itu selalu meminta pendukungnya untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Pokoknya tanggal 17 April nanti jangan lupa sama-sama memenangkan dan menjaga suara kita untuk calon nomor 01 ya. Pak Jokowi sudah banyak kerja untuk Indonesia, sudah banyak buktinya kan?” katanya saat kampanye akbar di Stadion Sriwedari Solo pada 9 April lalu.

3.Solo masih menjadi kandang banteng

Penghitungan Sementara, Puan Maharani Melaju ke DPR Antara Foto

Selain Puan Maharani, dari Dapil Jateng V ini PDIP juga diperkirakan meloloskan tiga kadernya yang lain menjadi wakil rakyat di Senayan. Ketiganya adalah Aria Bima, Alfia Reizani, dan Rahmad Handoyo. Mereka merupakan petahana di DPR. Pada Pememilu 2014 lalu, PDIP hanya meloloskan tiga kadernya ke DPR.

Sampai saat ini, wilayah Solo masih menjadi kandang Banteng, terutama Kota Solo sendiri, kemudian Boyolali, Sukoharjo, dan Klaten. Di lima wilayah itu PDIP meraih kursi di DPRD antara 60 persen sampai 80 persen.

Baca Juga: PDIP Klaim 80 persen Kursi DPRD Boyolali Sudah di Tangan

Topik:

Berita Terkini Lainnya