Comscore Tracker

3 Mantan Bupati di Jawa Tengah Terancam Gagal Menuju Senayan

Mereka bertarung di dapil neraka

Semarang, IDN Times - Penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berjalan. Namun, berdasarkan penghitungan sementara KPU Sragen dan Wonogiri, Jawa Tengah, tiga mantan bupati yang mencalonkan melalui Dapil Jateng IV diprediksi gagal lolos ke DPR RI.

Ketiga mantan bupati yang diprediksi gagal ke kursi parlemen itu adalah mantan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, Begug Purnomosidi dan Danar Rahmanto, keduanya mantan Bupati Wonogiri.

Baca Juga: Depresi Caleg Gagal? Rumah Sakit ini Berikan Layanan Kejiwaan

1. Menunggu penghitungan suara KPU

3 Mantan Bupati di Jawa Tengah Terancam Gagal Menuju SenayanIDN Times/Ganug Nugroho

Ketiga mantan bupati yang terancam gagal itu adalah mantan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, serta dua mantan Bupati Wonogiri Begug Purnomosidi dan Danar Rahmanto. Dapil Jateng IV meliputi Kabupaten Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri yang memperebutkan tujuh kursi ke Senayan.

“Kami masih menunggu penghitungan selesai. Ini penghitungan kan masih jalan, masih terus berubah sampai nanti selesai 100 persen,” kata Bupati Wonogiri (2010-2015) Danar, Rabu (24/4).

2. Tujuh caleg di Dapil Jateng IV diperkirakan lolos ke Senayan

3 Mantan Bupati di Jawa Tengah Terancam Gagal Menuju SenayanDPC PDIP Wonogiri

Sementara, tujuh caleg yang diperkirakan akan lolos dari Dapil Jateng IV adalah Bambang Wuryanto (PDIP), Endang Maria Astuti (Golkar), Agustina Wilujeng Pramestuti (PDIP), Rinto Subekti (Demokrat), Hamid Nur Yasin (PKS), Paryono (PDIP), dan Ferry Joko Yuliantono (Gerindra).

Menurut politikus PDIP Aria Bima, Dapil Jateng IV dan V merupakan Dapil 'neraka' karena banyak petahana yang kembali bertarung di posisi sama. Caleg baru akan kesulitan mengalahkan petahana yang sudah berpengalaman bertarung di Dapil tersebut.

“Petahana dan caleg baru harus kerja keras. Ketokohan dan sumber daya yang akan menentukan lolos atau gak. Dari Dapil IV ini PDIP meloloskan empat calegnya,” ujar Aria.

3. Gagal dalam pertarungan Pilbub Wonogiri

3 Mantan Bupati di Jawa Tengah Terancam Gagal Menuju SenayanDPD PKS Wonogiri

Menanggapi perkiraan dirinya lolos ke Senayan, caleg PKS Wonogiri, Hamid Nur Yasin mengatakan semuanya masih dalam tahap penghitungan suara. Meski mengaku mulai merasa tenang, ia tetap menunggu hasil penghitungan suara resmi resmi dari KPU.

Hamid merupakan anggota DPR RI periode 2015-2020. Dia mengundurkan diri karena ikut Pilbub Wonogiri, namun kemudian dikalahkan Joko Sutopo dari PDIP, bupati yang sekarang.

“Kita syukuri saja. Sekarang saya fokus untuk lolos ke Senayan. Mudah-mudahan hasil sementara ini akan bertahan sampai penghitungan selesai,” ujar Hamid saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: 52 Rumah Sakit di Jateng Siap Layani Caleg Stres

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You