Penghitungan Sementara, Tiga Mantan Bupati Gagal Lolos ke DPR

Bertarung di Dapil neraka

Penghitungan suara oelh Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berjalan. Namun, berdasarkan penghitungan sementara KPU Sragen dan Wonogiri, Jawa Tengah, tiga mantan bupati yang mencalonkan lewat Dapil Jateng IV diprediksi gagal lolos ke DPR RI.

 

Baca Juga: Depresi Caleg Gagal? Rumah Sakit ini Berikan Layanan Kejiwaan

1. Masih menunggu penghitungan KPU

Penghitungan Sementara, Tiga Mantan Bupati Gagal Lolos ke DPRIDN Times/Ganug Nugroho

Ketiga mantan bupati yang diprediksi gagal itu adalah mantan bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, Begug Purnomosidi dan Danar Rahmanto, keduanya mantan bupati Wonogiri. Dapil Jateng IV meliputi kabupaten Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri yang memperebutkan tujuh kursi ke Senayan.

“Kami masih menunggu penghitungan selesai. Ini penghitungan kan masih jalan, masih terus berubah sampai nanti selesai 100 persen,” kata Danar, Bupati Wonogiri periode 2010-2015, Rabu (24/4).

2. Dapil Jateng IV meloloskan empat caleg PDIP ke Senayan

Penghitungan Sementara, Tiga Mantan Bupati Gagal Lolos ke DPRDPC PDIP Wonogiri

Sementara itu, tujuh caleg yang dipastikan lolos dari Dapil Jateng IV ini adalah Bambang Wuryanto (PDIP), Endang Maria Astuti (Golkar), Agustina Wilujeng Pramestuti (PDIP), Rinto Subekti (Demokrat), Hamid Nur Yasin (PKS), Paryono (PDIP), dan Ferry Joko Yuliantono (Gerindra).

Menurut politisi PDIP, Aria Bima, Dapil Jateng IV dan V merupakan Dapil neraka karena banyak petahana yang kembali bertarung di posisi sama. Caleg baru akan kesulitan untuk mengalahkan petahana yang sudah banyak pengalaman bertarung di Dapil tersebut.

“Petahana dan caleg baru harus kerja keras. Ketokohan dan sumber daya yang akan menetukan lolos atau gak. Dari Dapil IV ini PDIP meloloskan empat calegnya,” ujar Aria.

3. Gagal dalam pertarungan Pilbub Wonogiri

Penghitungan Sementara, Tiga Mantan Bupati Gagal Lolos ke DPRDPD PKS Wonogiri

Menanggapi perkiraan dirinya lolos ke Senayan, caleg PKS Wonogiri, Hamid Nur Yasin, mengatakan semuanya masih dalam tahap proses penghitungan suara. Meski mengaku mulai merasa tenang, namun dia tetap akan menunggu hasil penghitungan suara resmi resmi dari KPU.

Hamid merupakan anggota DPR RI periode 2015-2020. Dia mengundurkan diri karena ikut Pilbub Wonogiri, namun kemudian dikalahkan oleh Joko Sutopo dari PDIP, bupati yang sekarang.

“Kita syukuri saja. Sekarang saya fokus untuk lolos ke Senayan. Mudah-mudahan hasil sementara ini akan bertahan sampai penghitungan selesai,” ujarnya saat dihubungi IDN Times melalui telepon.

 

Baca Juga: 52 Rumah Sakit di Jateng Siap Layani Caleg Stres

Topik:

Berita Terkini Lainnya