Prabowo Klaim Menang, Gubernur Ganjar: Biar Pendukungnya Gak Kecewa

Jokowi-Ma’ruf raih 76 persen suara di Jateng

Pasangan Prabowo-Sandi mengklaim menang pada Pilpres 2019 ini. Prabowo bahkan sampai tiga kali mendeklarasikan kemenangannya. Politisi PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menanggapi klaim kemenangan itu dengan santai.

Baca Juga: Update Real Count KPU Pagi Ini, Jokowi 54 Persen - Prabowo 45 Persen

1. Masyarakat jangan sampai terprovokasi

Prabowo Klaim Menang, Gubernur Ganjar: Biar Pendukungnya Gak KecewaAntara Foto

Menurut Ganjar, hasil quick count semua lembaga survei yang kredibel menyatakan pasangan Jokow-Ma’ruf Amin unggul atas Prabowo-Sandi. Satu-satunya lembaga survei yang memenangkan Prabowo hanya lembaga survei intern BPN.

“Klaim menang itu mungkin karena semangat yang luar biasa. Mungkin untuk membuat pendukungnya tidak kecewa. Yang penting jangan terpancing, jangan terprovokasi, jangan sampai anarkis” kata Ganjar, Minggu (21/4).

2. Klaim dengan dukungan data dan teori yang bisa diuji

Prabowo Klaim Menang, Gubernur Ganjar: Biar Pendukungnya Gak KecewaIDN Times/Ganug Nugroho

Ganjar menambahkan klaim kemenangan sah-sah saja dan merupakan hal yang biasa bagi yang berkompetisi. Namun, klaim harus rasional dengan disertai dukungan data dan keilmuan yang bisa diuji.

“Yang jelas, sampai saat ini hampir semua lembaga survei menyatakan hasil sama. Belum ada hasil quick count yang hasilnya berbalik 180 derajat dari lembaga lainnya,” ujar Ganjar.

3. Jokowi-Ma’ruf raih 76 persen suara di Jateng

Prabowo Klaim Menang, Gubernur Ganjar: Biar Pendukungnya Gak KecewaAntara Foto

Gubernur Ganjar mengungkapkan hasil quick count hampir semua lembaga survei menunjukkan Jokowi-Ma’ruf menang telak di Jateng.  Charta Politika menyebut paslon nomor urut 01 meraih 76.04 persen suara, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 23.96 persen. Data yang masuk mencapai 99.32 persen.

“Sampai hari ini, hasil quick count kami di Panti Marhen ada di angka 75 persen hingga 77 persen. Tapi saya minta masyarakat bersabar, kita tunggu hasil real count dari KPU,” ujar Ganjar.

Baca Juga: Aneh! Dulu Prabowo Percaya Quick Count, Sekarang Kok Tidak?

Topik:

Berita Terkini Lainnya