Temuan C1 di Jakarta, KPU Jateng: Rekapitulasi Jalan Terus

Siap sandingkan C1 dengan temuan C1 di Menteng

Semarang, IDN Times -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memastikan penemuan ribuan lembar C1 di Menteng, Jakarta Pusat, tidak mengganggu proses rekapitulasi penghitungan suara yang sedang berlangsung. Pihak KPU juga menegaskan formulir C1 di seluruh wilayah Jateng sampai saat ini aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Ribuan Formulir C1 Ditemukan di Jakarta, KPU Jateng: Asli atau Palsu?

1. Rekapitulasi suara ditargetkan selesai 10 Mei

Temuan C1 di Jakarta, KPU Jateng: Rekapitulasi Jalan Teruskpujateng.go.id

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua KPU Jateng, Yulianto Sudrajad, di kantornya, Rabu (8/5). Menurut dia, pihaknya tetap menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara provinsi secara bertahap. KPU Jateng menargetkan rekapitulasi penghitungan suara selesai paling lambat tanggal 10 Mei.

“Karena targetnya tanggal 10 selesai, jadi ya sampai sekarang rekapitulasi penghitungan suara jalan terus. Gak terpengaruh dengan temuan C1 yang kabarnya berasal dari Jateng itu,” kata Yulianto kepada IDN Times.

2. KPU siap menyandingkan C1 dengan temuan C1 Menteng

Temuan C1 di Jakarta, KPU Jateng: Rekapitulasi Jalan TerusIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Sementara itu, Komisiaris KPU Jateng, Paulus Widiyantoro, menambahkan pihaknya tetap memantau perkembangan penyelidikan temuan ribuan C1 tersebut. Paulus menegaskan KPU Jateng siap menyandingkan data formulir C1 yang tersimpan dengan C1 yang ditemukan dalam sebuah razia lalu-lintas di Menteng itu.

“Sangat siap. Biar semuanya jelas. Kami siap menyandingkan. Soal temuan itu kan sebenarnya bisa dikroscek juga. Bagaimana bentuk fisiknya, kop-kop suratnya, nama, tanda tangan dan angkanya. Bisa juga kalau ditarik mundur kan nanti ada di planonya, itu kan bukti mahkota ada di C1 plano,” jelas Paulus.

3. KPU Jateng masih menunggu data-data C1 yang ditemukan

Temuan C1 di Jakarta, KPU Jateng: Rekapitulasi Jalan TerusIDN Times/NUgroho Adi Purwoko

Paulus menyampaikan sampai saat ini KPU Jateng masih menunggu informasi rinci terkait data C1 yang ditemukan tersebut. Pihaknya sudah menginstruksikan KPU kabupaten dan kota yang mempunyai C1 untuk bersiap-siap kalau sewaktu-waktu harus melakukan kroscek.

“Terkait dengan kasus temuan itu, kami minta masyarakat untuk tenang. Kami jamin bahwa C1 yang ada di KPU masih aman. Jadi gak perlu resah,” katanya.

Sementara Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Rofiuddin, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu DKI Jakarta terkait temuan C1.

“Kami masih lakukan cek and ricek. Untuk validitas C1, kami koordinasi dengan Bawaslu Jakpus,” katanya. 

Baca Juga: Kronologi Penemuan Ribuan Formulir C1 di Menteng Jakarta Pusat 

Topik:

Berita Terkini Lainnya