Comscore Tracker

Inilah Konten yang Paling Dicari Gen Z, Coba Tebak!

Survei menemukan karakteristik gender dalam pemilihan konten

Tumbuh di masa perubahan pesat dalam teknologi dan masyarakat, Gen Z, lahir antara tahun 1997 hingga 2012, memiliki karakteristik yang berbeda dari generasi lainnya. Bahkan, Gen Z yang paling tua ini telah sangat terhubung dengan teknologi digital sebagai aspek praktis dari kehidupan sehari-hari.

IDN Research Institute bersama Populix melakukan riset untuk memahami lebih jauh Gen Zi di Indonesia. Salah satu aspek yang disorot adalah konsumsi media dan topik favorit mereka. Temuan ini dipublikasikan dalam Indonesia Gen Z Report 2022, yang dirilis bersamaan dengan Indonesia Millennials and Gen Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar di The Tribrata, Jakarta, pada 29–30 September 2022.

1. Lebih memilih konten hiburan dan gaya hidup dibanding hard news

Inilah Konten yang Paling Dicari Gen Z, Coba Tebak!ilustrasi Gen Z menggunakan mengakses informasi lewat smartphone (pexels.com/mikoto.raw Photographer)

Menurut survei, konten yang paling dicari oleh Gen Z ketika membaca outlet media digital adalah hiburan dan gaya hidup, dibandingkan dengan hard news.

Bukannya Gen Z tidak menyukai konten berita dan politik, tetapi jumlahnya terkonsentrasi di antara Gen Z yang lebih tua (24 persen), dibanding dengan Gen Z yang usianya lebih muda (14 persen).

Dalam seluruh kelompok sosial ekonomi, pembaca berita terkonsentrasi di antara kelas sosial ekonomi menengah dibanding kelompok sosial ekonomi menengah ke atas dan menengah ke bawah.

Urutan konten yang disukai Gen Z antara lain:

  • Berita dan politik: 20 persen.
  • Hiburan: 18 persen.
  • Olahraga: 11 persen.
  • Edukasi: 8 persen.
  • Musik: 8 persen.

2. Konten favorit Gen Z berdasarkan gender

Inilah Konten yang Paling Dicari Gen Z, Coba Tebak!ilustrasi konten favorit Gen Z berdasarkan gender (pexels.com/cottonbro)

Survei juga menemukan adanya karakteristik gender dalam hal pemilihan konten, yaitu adanya perbedaan mencolok dalam konsumsi media digital di antara laki-laki dan perempuan Gen Z.

Perempuan lebih tertarik dengan konten yang berkaitan dengan makanan atau kuliner, mode, traveling, edukasi, dan berita hiburan pada umumnya. Sementara itu, laki-laki lebih tertarik pada musik, olahraga, teknologi, dan konten yang berkaitan dengan otomotif.

Untuk lebih lengkapnya, inilah konten yang disukai Gen Z berdasarkan gender menurut temuan survei.

Inilah Konten yang Paling Dicari Gen Z, Coba Tebak!ilustrasi konten favorit Gen Z berdasarkan gender (Dok. Indonesia Gen Z Report 2022)
Inilah Konten yang Paling Dicari Gen Z, Coba Tebak!ilustrasi konten favorit Gen Z berdasarkan gender (Dok. Indonesia Gen Z Report 2022)

3. Aktivitas online yang paling sering dilakukan Gen Z

Inilah Konten yang Paling Dicari Gen Z, Coba Tebak!ilustrasi aktivitas online Gen Z (Dok. Indonesia Gen Z Report 2022)

Chatting dan media sosial adalah dua aktivitas online teratas pada kelompok Gen Z Indonesia. Aplikasi perpesananan telah menggantikan layanan perpesanan konvensional (SMS) sebagai sarana komunikasi di antara Gen Z, dengan 99 persen Gen Z menggunakan Whatsapp, diikuti oleh Facebook messenger (44 persen), dan Telegram (44 persen). 

Survei juga menemukan aplikasi perpesanan LINE dan WeChat hanya digunakan oleh 10 persen Gen Z, dan sebagian besar oleh Gen Z yang lebih tua, meskipun hegemoni di negara asal mereka.

4. 99 persen Gen Z mengakses internet lewat smartphone

Inilah Konten yang Paling Dicari Gen Z, Coba Tebak!ilustrasi provider pilihan Gen Z (Dok. Indonesia Gen Z Report 2022)

Menurut temuan survei, hingga 99 persen mengakses internet lewat smartphone. Akses internet menggunakan laptop dan beberapa variasi perangkat lainnya jauh lebih rendah, yaitu 18 persen.

Tahun 2021, penetrasi internet di Indonesia mencapai 74 persen atau 202,6 juta pengguna, yang didominasi oleh pengguna internet seluler dengan 195,3 juta pengguna, menurut data dari We Are Social and Hootsuite: Digital 2021 Indonesia.

Karena Gen Z di Tanah Air mengandalkan perangkat seluler untuk aktivitas digitalnya, memilih provider yang tepat adalah kuncinya. Sebanyak 76 persen Gen Z mengatakan bahwa mereka tidak mau mengganti provider-nya, yang mencerminkan loyalitas jenama atau kenyamanan karena cakupan terbatas dari beberapa provider di area tertentu.

5. 30 persen Gen Z menghabiskan waktu lebih dari 3 jam bermedia sosial

Inilah Konten yang Paling Dicari Gen Z, Coba Tebak!ilustrasi penggunaan media sosial Gen Z (Dok. Indonesia Gen Z Report 2022)

Ternyata, mayoritas Gen Z menghabiskan lebih dari satu jam setiap hari menggunakan aplikasi media sosial, dengan lebih dari seperempatnya mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu lebih dari tiga jam setiap hari.

Angka tersebut mungkin meningkat di tengah-tengah pandemik karena Indonesia masih memberlakukan pembatasan, meskipun sekarang sudah lebih longgar.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29–30 September 2022, di The Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan milennial. Ajang milennial dan Gen Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari–7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Topic:

  • Nurulia
  • Eddy Rusmanto
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya