Comscore Tracker

Positif Virus Corona, 2 Pasien di Kudus Tidak Alami Gejala Sebelumnya

Ada dua pasien positif COVID-19 di Kudus

Kudus, IDN Times - Seorang perawat di Kudus, Jawa Tengah, dinyatakan positif virus corona atau COVID-19, usai menjalani rapid test atau tes cepat. Warga Pati itu sebelumnya tidak mengalami gejala virus corona.

Tak hanya itu, seorang warga Kudus lainnya juga dinyatakan positif COVID-19. Sebelumnya dia juga tidak mengalami gejala virus corona.

1. Seorang pasien positif COVID-19 sebelumnya hanya isolasi mandiri di rumah dan tidak mengalami gejala

Positif Virus Corona, 2 Pasien di Kudus Tidak Alami Gejala SebelumnyaPetugas medis memindahkan pasien dari ambulans ke Life Care Center Kirkland, fasilitas layanan jangka panjang terkait kasus virus corona (COVID-19) terkonfirmasi di negara bagian tersebut, di Kirkland, Washington, Amerika Serikat, Selasa (24/3/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder/hp/djo ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder

Di Kudus, data per Sabtu (4/4) terdapat dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 yang dinyatakan positif. Keduanya saat ini menjalani perawatan di RSUD Dr Lukomonohadi Kudus.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengungkapkan, satu dari dua pasien positif COVID-19 tersebut sebelumnya hanya melakukan isolasi mandiri di rumah. Ketika hasil tes swab keluar, ia dinyatakan positif COVID-19. Bahkan, sebelumnya dia tidak menunjukkan gejala.

"Yang satu itu warga Kudus, sebelumnya tidak menunjukkan gejala. Jadi isolasi di rumah. Ternyata di swab-nya positif. Akhirnya langsung diisolasi di rumah sakit. Keluarganya akan di rapid test semua," kata Hartopo dalam keterangan resmi, Sabtu (4/4).

Positif Virus Corona, 2 Pasien di Kudus Tidak Alami Gejala Sebelumnya(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Dihantam COVID-10, Pendapatan Ojek Online di Kudus Jatuh 70 Persen!

2. Seorang perawat positif virus corona sebelumnya juga tidak mengalami gejala

Positif Virus Corona, 2 Pasien di Kudus Tidak Alami Gejala SebelumnyaPerawat Rumah Sakit Bahteramas Kendari mengenakan pakaian pengaman di ruang isolasi khusus untuk pasien yang terinfeksi Virus Corona, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (28/1/2020). ANTARA FOTO/Jojon

Kemudian satu pasien positif virus corona lainnya adalah seorang perawat. Ia sebelumnya tak memiliki gejala sama sekali. Dia bekerja di RS Mardi Rahayu Kudus.

"Ndak ada gejala. Kemarin semua tenaga medis (RS Mardi Rahayu) di-rapid test. Jadi dia menunjukkan positif. Kemudian di-swab juga positif dan langsung diisolasi," kata Hartopo.

3. Kedua PDP positif virus corona dalam kondisi baik di rumah sakit

Positif Virus Corona, 2 Pasien di Kudus Tidak Alami Gejala SebelumnyaIDN Times/Aji

Sebelumnya, Juru Bicara Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kudus dr Andini Aridewi menyebut ada dua pasien positif virus corona. Keduanya dirawat di RSUD Dr Loekmonohadi Kudus untuk yang warga Kudus, dan perawat di RS Mardi Rahayu Kudus.

"Kedua kondisinya bagus. Kesehatan fisiknya bagus," ujar Andini dalam keterangan resmi, Sabtu (4/4).

Sementara, dari data pengamatan COVID-19 di Kudus, per Minggu (5/4) pukul 08.00 WIB, jumlah ODP ada sebanyak 189 orang, 159 di antaranya berasal Kudus dan 30 lainnya dari luar Kudus.

Adapun jumlah PDP mencapai 17 pasien. Sebanyak sembilan pasien dari Kudus dan delapan pasien dari luar Kudus.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Warga Kudus Positif Virus Corona Usai Bepergian dari Jakarta

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya