Bertahap, PLN Mulai Menormalkan Aliran Listrik Padam di Jakarta

PLN berupaya maksimal mengembalikan pasokan listrik

Jakarta, IDN Times - PLN mulai mengembalikan pasokan listrik ke wilayah DKI Jakarta secara bertahap. Tegangan listrik diklaim telah berhasil dialirkan ke Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Balaraja pada Minggu (4/8) pukul 17.30 WIB. Selanjutnya, pasokan listrik dialirkan menuju ke PLTU Suralaya agar kapasitas 2.800 MW dapat beroperasi secara bertahap.

Tegangan listrik dari GITET Gandul juga akan disalurkan ke PLTGU Muara Karang untuk menormalkan aliran listrik di DKI Jakarta. Upaya pemulihan diperkirakan berlangsung secara bertahap sampai 3 jam sampai pasokan listrik kembali normal secara keseluruhan.

1. Fokus normalkan pasokan listrik di DKI Jakarta

Bertahap, PLN Mulai Menormalkan Aliran Listrik Padam di JakartaANTARA FOTO/Jojon

Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan pihaknya fokus mengirimkan pasokan listrik ke ke PLTGU Muara Karang dan PLTGU Priok agar sistem di wilayah DKI Jakarta segera pulih.

"Saya selaku Plt Dirut PLN dan jajaran Direktur PLN memimpin langsung proses recovery (pemulihan ulang–red) dari pusat pengendali beban Sistem Jawa-Bali. Baik di Pusat maupun di Unit. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan kondisi pada hari ini, dan saat ini semua upaya dikerahkan untuk me-recovery sistem Jawa -Bali secara keseluruhan, khususnya Area Jawa Barat, Banten dan DKI", ungkap Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dalam rilis yang disebarkan kepada media. 

Baca Juga: Listrik Jakarta Padam, 4 Kereta Terjebak di Stasiun Bawah Tanah 

2. Pasokan listrik di Jawa Barat dan Banten diperkirakan normal dalam 6 jam

Bertahap, PLN Mulai Menormalkan Aliran Listrik Padam di JakartaANTARANEWS

Sebelumnya, PLTA Saguling dan PLTA Cirata telah berhasil dioperasikan. Keduanya berfungsi sebagai penstabil daya dan tegangan sekaligus mengirimkan pasokan listrik dari Timur menuju PLTU Suralaya di wilayah Barat. Aliran listrik tersebut melalui GITET Cibinong, Depok, Gandul, Lengkong, Balaraja dan Suralaya.

Dengan masuknya tegangan listrik dari GITET Balaraja ke PLTU Suralaya, seluruh sistem di Jawa Barat dan Banten diperkirakan kembali beroperasi secara bertahap hingga 6 jam ke depan.

3. Pemadaman karena gangguan SUTET Ungaran-Pemalang

Bertahap, PLN Mulai Menormalkan Aliran Listrik Padam di JakartaANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Pemadaman yang terjadi di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten ini disebabkan oleh adanya gangguan pada Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran-Pemalang.

"PLN telah melakukan upaya-upaya maksimal dan akan melakukan evaluasi internal untuk mencegah terulangnya kejadian hari ini," tutup Inten.

Baca Juga: Selain Jakarta, Daerah Ini Juga Masuk Daftar Pemadaman Listrik

Topik:

  • Paulus Risang
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya