Comscore Tracker

Bayi yang Lahir dari Pasien COVID-19 di Yogyakarta Jalani Rapid Test

Kedua orang tua sang bayi dinyatakan positif virus corona

Yogyakarta, IDN Times - Bayi yang baru dilahirkan dari seorang pasien yang positif virus corona di Yogyakarta, telah menjalani rapid test  atau tes cepat. Keluarga dan orang-orang yang kontak langsung dengan kedua orang tua sang bayi juga turut menjalani rapid test.

Sabtu (13/6) kemarin, ayah sang bayi telah diinyatakan positif virus corona. Ada dua kasus baru di Yogyakarta, termasuk bapak sang bayi. Sementara, delapan orang dinyatakan sembuh dari virus corona.

Baca Juga: Meski Positif COVID-19, Ibu Ini Melahirkan Bayi Perempuan yang Sehat

1. Bayi dan orang-orang yang kontak langsung dengan orang tua sang bayi menjalani rapid test

Bayi yang Lahir dari Pasien COVID-19 di Yogyakarta Jalani Rapid TestPerawat mengantarkan seorang bayi yang memakai face shield di RS Ibu dan Anak Asih, Jakarta, Jumat (17/4/2020). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Juru Bicara Pemprov DIY untuk penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih mengatakan, Kasus 240 yang dinyatakan positif virus corona pada awal Juni lalu adalah seorang ibu berusia 29 tahun asal Kota Yogyakarta. Ia datang dari Jakarta dan melahirkan bayinya di Yogyakarta.

Terkait dengan Kasus 240 dan 265 yang merupakan suaminya, Berty menyatakan, Dinas Kesehatan telah melakukan tracing terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan keduanya, termasuk bayi yang dilahirkan Kasus 240.

"Seluruh kontak (termasuk bayinya) sudah dilakukan rapid test," tutur Berty. 

2. Ayah sang bayi dinyatakan positif virus corona

Bayi yang Lahir dari Pasien COVID-19 di Yogyakarta Jalani Rapid TestIlustrasi COVID-19 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Berty melaporkan ada dua kasus baru positif COVID-19 di DIY. Kedua kasus tersebut teregistrasi sebagai Kasus 265 dan 266. Dengan demikian, jumlah keseluruhan kasus positif di DIY menjadi 264 kasus, karena dua kasus sebelumnya ditarik ke daerah asalnya di luar kota gudeg.

"Kasus 265, laki-laki usia 30 tahun asal Kota Yogyakarta, adalah suami dari Kasus 240 yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Sedangkan, Kasus 266, perempuan 49 tahun, merupakan hasil tracing Dinkes Sleman," kata dia.

3. Tiga pasien virus corona sembuh adalah warga negara India

Bayi yang Lahir dari Pasien COVID-19 di Yogyakarta Jalani Rapid TestUpdate data pasien COVID-19 di DIY, Sabtu (13/6). Twitter.com/humas_jogja

Berty juga mengumumkan ada delapan pasien positif virus corona dinyatakan sembuh, setelah dua kali tes swab hasilnya negatif. "Sehingga jumlah kasus sembuh menjadi 204 kasus," kata dia, melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Sementara, tiga dari delapan pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona adalah warga negara India, dari klaster jemaah tablig Sleman.

Berikut rincian kasus yang sembuh:

1. Kasus 63, perempuan, 71 tahun, asal Sleman
2. Kasus 78, perempuan, 13 tahun, asal Kota Yogyakarta
3. Kasus 81, laki-laki, 48 tahun, WN India
4. Kasus 84, laki-laki, 31 tahun WN India
5. Kasus 186, laki-laki, 20 tahun, warga Sleman
6. Kasus 231, laki-laki, 63 tahun, WN India
7. Kasus 244, laki-laki, 23 tahun, warga Kulon Progo
8. Kasus 245, laki-laki, 39 tahun, asal Bantul.

Baca Juga: [LINIMASA-3] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya