[UPDATE] Suami Ibu Melahirkan yang Positif COVID-19 Ikut Tertular

Sebanyak 8 orang pasien dinyatakan sembuh

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali mengumumkan hasil pemeriksaan laboratorium terkait COVID-19 di wilayahnya.

Pada hari ini, Sabtu (13/6), terdapat pasien positif yang dinyatakan sembuh sebanyak 8 orang. Sementara, kasus baru yang terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 sebanyak 2 orang. Salah satunya merupakan suami dari pasien positif yang melahirkan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ibu Hamil Positif COVID-19 Melahirkan Bayi Perempuan Sehat  

1. Dua orang dinyatakan positif COVID-19

[UPDATE] Suami Ibu Melahirkan yang Positif COVID-19 Ikut TertularIlustrasi. Ruang deteksi polymerase chain reaction (PCR)/ANTARA FOTO/Moch Asim

Juru bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih melaporkan adanya dua kasus baru positif COVID-19 di DIY. Kedua kasus tersebut teregistrasi sebagai Kasus 265 dan 266. Dengan demikian, jumlah keseluruhan kasus positif di DIY menjadi 264 kasus, mengingat ada dua kasus yang sebelumnya ditarik ke daerah asalnya di luar DIY.

"Kasus 265, laki-laki usia 30 tahun asal Kota Yogyakarta, adalah suami dari Kasus 240 yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Sedangkan Kasus 266, perempuan 49 tahun, merupakan hasil tracing Dinkes Sleman," terang Berty.

2. Seluruh kontak Kasus 240 dan 265 sudah ditracing

[UPDATE] Suami Ibu Melahirkan yang Positif COVID-19 Ikut TertularIlustrasi perlindungan bayi dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Untuk diketahui, Kasus 240 yang dinyatakan positif pada awal Juni lalu adalah seorang ibu berusia 29 tahun asal Kota Yogyakarta. Ia datang dari Jakarta dan melahirkan bayinya di Yogyakarta.

Terkait dengan Kasus 240 dan 265, Berty menyatakan Dinas Kesehatan telah melakukan tracing terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien, termasuk bayi yang dilahirkan oleh Kasus 240.

"Seluruh kontak (termasuk bayinya) sudah dilakukan rapid test," tutur Berty. 

3. Tiga yang sembuh adalah warga negara India

[UPDATE] Suami Ibu Melahirkan yang Positif COVID-19 Ikut TertularUpdate data pasien COVID-19 di DIY, Sabtu (13/6). Twitter.com/humas_jogja

Berty juga mengumumkan adanya delapan pasien positif virus corona telah dinyatakan sembuh setelah memperoleh dua kali hasil swab negatif.

"Sehingga jumlah kasus sembuh menjadi 204 kasus," katanya melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu.

Berty pun memberi rincian kedelapan pasien yang sembuh tersebut. Tiga di antaranya adalah warga negara India dari klaster jemaah tablig Sleman. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Kasus 63, perempuan, 71 tahun, asal Sleman;
2. Kasus 78, perempuan, 13 tahun, asal Kota Yogyakarta;
3. Kasus 81, laki-laki, 48 tahun, WN India;
4. Kasus 84, laki-laki, 31 tahun WN India;
5. Kasus 186, laki-laki, 20 tahun, warga Sleman;
6. Kasus 231, laki-laki, 63 tahun, WN India;
7. Kasus 244, laki-laki, 23 tahun, warga Kulon Progo; dan
8. Kasus 245, laki-laki, 39 tahun, asal Bantul.

Baca Juga: Data Kematian PDP DIY, Sekda: Perbanyak Catatan, Salah Bisa Diralat

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya