Hitung Cepat Pilkada Sumenep, Achmad Fauzi-Dwi Khalifa Unggul

Ia mengalahkan Jasin yang merupakan mantan Kadishub Jatim
Sumenep, IDN Times - Pasangan calon nomor urut 01 Achmad Fauzi-Dwi Khalifah (Fauzi-Ni Eva) unggul hasil hitung cepat atau quick count sementara untuk Pilkada Sumenep 2020, Rabu (9 /12/2020) malam. Quick count itu berdasarkan lembaga survei terUKUR dengan sampel yang masuk 80 persen. 

1. Fauzi-Nyai Eva kantongi 51,69 persen

Hitung Cepat Pilkada Sumenep, Achmad Fauzi-Dwi Khalifa UnggulKepala Dinas Perhubungan Jatim Fattah Jasin (kiri) saat konferensi di Kantor Gubernur Jatim, Senin (18/11). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Berdasarkan data itu, Fauzi-Nyai Eva unggul dengan 51,69 persen. Sedangkan, paslon nomor urut 02 Fattah Jasin-KH Ali Fikri (Fattah-Ali Fikri) memperoleh suara 48,31 persen. "Selisihnya 3,3 persen dengan margen of error kurang lebih 1 persen," ungkap Direktur terUKUR, Ahmad Hasan Ubaid kepada wartawan, Rabu malam.

Hasil hitung cepat itu menurutnya tercatat hingga pukul 18.20 WIB, meski kemungkinan akan terjadi pergeseran perolehan suara namun itu tidak signifikan. "Kalau melihat dari kejumudan data yang sudah masuk, kemungkinan pergeserannya tidak signifikan," tegas dia.

2. Tetap tunggu hasil hitung riil

Hitung Cepat Pilkada Sumenep, Achmad Fauzi-Dwi Khalifa UnggulPasangan calon nomor urut 01 Achmad Fauzi - Dewi Khalifah menggelar konferensi pers di rumah pemenangan, Rabu (9/12/2020) malam. Dokumentasi Istimewa 

Dengan demikian, dirinya yakin pasangan calon Fauzi-Nyai Eva menang dari pasangan Fattah-Ali Fikri versi hitung cepat. "Tentu kemenangan versi hitung cepat ini perlu dikawal oleh tim pasangan calon nomor urut 01, kita harus memantau setiap perkembangan tabulasi data yang masuk ke KPU," ungkapnya.

"Kemudian untuk tidak mengurangi rasa hormat kepada penyelenggara, kami tetap akan menunggu pengumuman resmi kemenangan pasangan Fauzi-Nyai Eva oleh KPU setempat," imbuh dia.

Baca Juga: 5 TPS di Sumenep Rusak Diterjang Angin Kencang

3. Dua pasangan calon memiliki partai pendukung yang merata

Hitung Cepat Pilkada Sumenep, Achmad Fauzi-Dwi Khalifa UnggulIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Pilkada Sumenep sendiri diikuti oleh dua pasangan calon. Pasangan nomor urut 1, Achmad Fauzi-Nyai Dewi Khalifa diusung oleh Partai PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PKS dan PBB. Sementara pasangan Calon 02 yakni Fattah Jasin yang merupakan mantan Kepala Dishub Jatim berpasangan dengan Ali Fikri Warits. Mereka menjadi jagoan dari PKB, Demokrat, PPP, NasDem, Hanura dan partai non perlemen yaitu Partai Golkar.

Baca Juga: Bupati Sumenep: Jangan Sampai Habis Pilkada Zona Merah, Patuhi Prokes 

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya