Menanti Bupati Baru, Ini 5 Bacabup yang Akan Bertarung di Lamongan

Dari Wabup, Sekda, hingga putra bupati

Pemilihan Bupati (Pilbup) Lamongan 2020 diprediksi akan berjalan seru. Sebab, tahun depan dipastikan akan ada nama baru yang menjabat sebagai kepala daerah di Kota Soto tersebut. Hal ini tak lepas dari usainya masa jabatan dua periode Bupati Fadeli. Selain nama baru, percaturan politik di Lamongan juga diyakini berubah. Maklum, pada Pilbup lima tahun lalu, semua partai memberikan rekomendasinya pada Fadeli. Keberadaan nama baru tentu akan membuat koalisi tersebut pecah.

Beberapa nama potensial pun mulai muncul, berikut adalah bakal calon Bupati Lamongan yang sudah mendaftarkan diri ke penjaringan partai politik. 

1. Kartika Hidayati, Wabup incumbent yang kaya raya

Menanti Bupati Baru, Ini 5 Bacabup yang Akan Bertarung di LamonganInstagram.com/bundakartikahidayati

Calon pertama yang sudah memastikan ikut serta dalam Pilbup Lamongan adalah Wakil Bupati incumbent, Kartika Hidayati. Lima tahun mendampingi Bupati Fadeli memimpin Lamongan membuatnya optimistis bisa memenangi Pilbup 2020. Penjaringan dari beberapa partai pun sudah diikuti oleh perempuan 52 tahun ini, di antaranya adalah PPP, PDIP, hingga Gerindra.   

Karir politik Kartika tak bisa dibilang singkat. Pada 2010 lalu, ia sudah pernah mengikuti Pilbup Lamongan. Berpasangan dengan Suhandoyo, ia waktu itu kalahd ari Fadeli. Kartika juga pernah tiga periode menduduki jabatan sebagai anggota DPRD jawa Timur. Selain itu, perempuan yang biasa dipanggil Bunda ini pernah menjabat sebagai Ketua Muslimat NU Lamongan. 

Tak hanya perjalanan politik, kekayaan Kartika juga sempat menjadi sorotan saat mencalonkan diri sebagai Bupati Lamongan, lima tahun lalu. Kala itu, kekayaannya mencapai Rp73,8 miliar atau tiga kali dari kekayaan Basuki Tjahaja Purnama. 

2. Yuhronur Efendi, Sekda yang juga CEO Persela

Menanti Bupati Baru, Ini 5 Bacabup yang Akan Bertarung di LamonganSekda Lamongan, Yuhronur Efendi. Instagram.com/yuhronur_yes

Nama lain yang juga sudah pasti meramaikan bursa Pilbup Lamongan 2020 adalah Sekretaris Daerah Lamongan, Yuhronur Efendi. Di Lamongan, nama Yuhronur tak kalah beken dengan sang Wabup. Maklum, selain menjadi Sekda sejak 2012, Yuhronur adalah CEO Persela. Bahkan, namanya mungkin lebih terkenal sebagai bos Persela daripada jabatannya sebagai pejabat Pemkab.

Pria 51 tahun ini juga telah mendaftarkan diri pada penjaringan calon di beberapa partai. Yang terakhir adalah PPP beberapa waktu lalu. Ia pun optimistis mampu bersaing lantaran sudah menjabat sebagai Sekda selama tujuh tahun terakhir.

Baca Juga: Pilkada 2020, 3 Keluarga Jokowi ini Pengin Jadi Kepala Daerah 

3. Deddy Nordiawan, putra sulung Bupati Fadeli

Menanti Bupati Baru, Ini 5 Bacabup yang Akan Bertarung di LamonganDeddy Nordiawan, putra sulung Bupati Lamongan. IDN Times/Imron

Selain dua nama besar tersebut, muncul juga nama Deddy Nordiawan. Ia merupakan putra Sulung Bupati Lamongan, Fadeli. Pada 13 November lalu pria yang saat ini menjadi dosen di Universitas Indonesia ini resmi mendaftar penjaringan calon bupati dari Partai Gerindra. Ia pun membantah keikutsertaannya di Pilbup Lamongan dalam rangka melanjutkan dinasti politik sang ayah yang sudah berjalan 10 tahun.

Kemunculan Deddy termasuk mengejutkan. Maklum, namanya hampir jarang terdengar di kancah perpolitikan Lamongan. Daripada Deddy, adiknya, Debby Kurniawan lebih dikenal publik setempat. Selain menjabat sebagai Ketua DPC Demokrat Lamongan, Debby yang kini maju ke Senayan juga sempat menduduki kursi Ketua DPRD Lamongan. 

4. Sholahuddin, asisten pribadi Wapres

Menanti Bupati Baru, Ini 5 Bacabup yang Akan Bertarung di LamonganAsisten pribadi Wapres Maruf Amin. Dok.IDN Times/Istimewa

Di luar lingkaran pemerintahan, ada juga satu nama yang menyita perhatian publik Lamongan. Ia adalah Bacabup bernama Sholahuddin. Petani jagung asli Lamongan ini merupakan asisten pribadi Wapres Maruf Amin. Ia mengaku siap bertarung dengan nama-nama besar pada Pilbup 2020 mendatang. Salah satu janjinya adalah tak akan mengambil gaji sebagai bupati jika terpilih. Ia juga telah mendaftar di berbagai penjaringan partai untuk mendapatkan rekomendasi.

5. Suhandoyo, mantan anggota DPRD Jatim

Menanti Bupati Baru, Ini 5 Bacabup yang Akan Bertarung di LamonganSuhandoyo saat mendaftar ke PPP. IDN Times/Imron

Nama satu ini selalu menghiasi perhelatan Pilkada Lamongan sejak tahun 2010. Namun, pada dua edisi Pilkada terakhir, Suhandoyo selalu kalah dari Fadeli. Pada tahun 2010, ia berpasangan dengan Kartika Hidayati. Lima tahun berikutnya ia juga maju menggandeng Abdul Ghofur. Sayang, pada 2015, ia gagal mendapatkan rekomendasi dari PDIP yang lebih memlih Fadeli. 

Suhandoyo yang merupakan mantan anggota DPRD Jatim ini sendiri sudah mendaftar ke beberapa partai, salah satunya adalah PPP. 

Baca Juga: Pilkada 2020, 3 Keluarga Jokowi ini Pengin Jadi Kepala Daerah 

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya