Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di Dunia

Walau di tengah pandemik, Pertamina bisa survive!

Jakarta, IDN Times – Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mendapat apresiasi dari media bisnis global, Fortune sebagai salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia (Most Powerful Women International) 2020. Nicke menempati peringkat 16 dari 50 perempuan dunia yang dinilai memiliki kemampuan mengendalikan perusahaan yang dipimpinnya selama pandemik.

Perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini memang tangguh. Secara virtual, di hadapan 32 ribu perwira Pertamina, ia menegaskan Direksi dan Komisaris sepakat menetapkan kebijakan strategis demi menjaga kinerja perusahaan dari segi operasional dan finansial di masa pandemik Covid-19. Adapun kebijakan yang dimaksud sebagai berikut.

1. Pertamina konsisten menjamin ketersediaan energi sampai ke seluruh pelosok negeri

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaDok. PT Pertamina MOR IV

Pertamina harus terus konsisten menjamin ketersediaan energi sampai ke seluruh pelosok negeri di tengah pandemik Covid-19 demi menjaga ketersediaan bahan bakar, seperti minyak, LPG, dan gas bumi bagi masyarakat. Nicke memastikan program mandatori pemerintah, seperti pendistribusian BBM dan LPG subsidi, Program BBM 1 Harga di daerah 3T, dan Program Konversi BBM ke LPG untuk nelayan dan petani, tetap berjalan lancar.

Untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggan, Pertamina mendorong program digitalisasi SPBU melalui My Pertamina dan call center 135.

2. Pertamina tetap menjalankan proyek-proyek strategis yang menyerap ribuan tenaga kerja

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaIDN Times/Pertamina

Pertamina tetap menjalankan proyek-proyek strategis yang menyerap ribuan tenaga kerja, seperti proyek pembangunan kilang RDMP & GRR serta proyek infrastruktur hulu dan hilir lainnya untuk membangun ketahanan dan kemandirian energi nasional, seperti Proyek Jambaran Tiung Biru dan Proyek PLTG Jawa-1. 

Semua dijalankan dengan mematuhi protokol Covid-19 dengan prioritas kesehatan pekerja. Langkah luar biasa ini adalah bentuk nyata Pertamina sebagai BUMN yang menjalankan amanah dan peran menggerakkan ekonomi nasional dan tidak hanya berorientasi profit semata.

Baca Juga: Selamat! Dirut Pertamina Jadi Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

3. Nicke konsisten menjalankan dan memastikan program mandatori pemerintah

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaIDN Times/ Muchammad

Dengan keterbatasan mobilitas saat pandemik Covid-19, Pertamina tetap konsisten
menjalankan seluruh program mandatori pemerintah seperti B30, penyaluran BBM dan
LPG subsidi, dan program BBM 1 harga di daerah 3T, program konversi BBM ke LPG
untuk nelayan dan petani, tetap berjalan lancar.

4. Pertamina berupaya membantu pemerintah menangani dampak Covid-19

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaIlustrasi tes usap atau swab test. IDN Times/Bagus F

Di masa-masa awal pandemik Covid-19 menyerang Indonesia, Nicke langsung memutuskan untuk melakukan alih fungsi beberapa aset perusahaan. Hotel-hotel, perusahaan, dan wisma disulap menjadi safe house untuk isolasi mandiri pasien Covid-19. Bahkan lapangan sepak bola di lingkungan aset Pertamina dialihfungsikan menjadi Rumah Sakit Darurat khusus Covid-19 dengan proses pembangunan yang memakan waktu sangat singkat kurang dari 30 hari. 

Fasilitas Pertamina juga menjadi salah satu trendsetter dalam penyediaan Drivethru Swab Test yang sampai saat ini masih dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Pertamina juga menjadi bagian dari sinergi dengan BUMN lain dalam mendatangkan Alkes untuk tenaga medis serta swab kit. Selain itu, melalui komitmen Nicke yang kuat terhadap penanganan pandemik  Covid-19. Pertamina juga menjadi garda terdepan menyediakan ventilator, serta beragam kontribusi lainnya hingga mencapai Rp1,4 triliun.

5. Dukungan Pertamina terhadap UMKM untuk bangkit dari dampak pandemik

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaIlustrasi UMKM. (Dok.Pertamina)

Peranan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang signifikan terhadap perekonomian serta dampaknya terhadap ketenagakerjaan, mendorong Nicke untuk terus memastikan Pertamina memberikan dukungan penuh kepada UMKM agar bangkit dari dampak pandemik.

Pertamina menggulirkan beragam program, mulai dari program pelatihan, kemitraan, program pinky movement, pemberdayaan OJOL dalam layanan Pertamina Delivery Service (PDS), hingga pemberdayaan mitra binaan untuk memproduksi APD dan perlengkapan kesehatan lainnya sebagai upaya memenuhi kebutuhan tenaga medis dan masyarakat selama pandemi. Bahkan Pertamina menyelenggarakan pameran virtual dan menyediakan marketplace agar UMKM tersebut dapat terus menjalankan dan mengembangkan usahanya.

“Walaupun Pertamina juga terdampak COVID-19, kita tetap harus dapat menyebarkan energi kepada yang lain agar semuanya bisa survive. Jadi, Pertamina harus survive, industri nasional harus survive, masyarakat juga harus survive. Inilah cara kita memulihkan bangsa,” ujarnya.

6. Effisiensi biaya operasional

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaGedung Pertamina. Dok.Pertamina

Nicke bersama jajaran Direksi dan Komisaris sepakat melakukan efisiensi biaya operasional (operating expenses/opex) untuk semua Pertamina Group sebesar 30 persen dan belanja modal (capital expenditure/capex) hampir 25 persen, namun hingga semester 1 2020, produksi minyak dan gas bumi Pertamina Group, baik untuk aset domestik maupun internasional masih mencapai 99 persen atau 884,1 MBOEPD (ribu barel setara minyak per hari). 

“Dengan kondisi force major seperti saat ini, hampir seluruh perusahaan migas dunia mengalami kinerja negatif. Meski kondisi sulit, pada Juni 2020, Pertamina tetap menyetor Rp181,5 triliun kepada negara sebagai hasil kinerja 2019,” kata Nicke.

Baca Juga: Komitmen Direksi dan Komisaris, Pertamina Luncurkan Piagam New Pertamina

7. Sinergi Pertamina dengan beberapa pihak lainnya

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaOperator Pertashop menyapa pengendara sepeda motor yang hendak mengisi BBM. IDN Times/Debbie Sutrisno

Pertamina bersinergi dengan beberapa pihak untuk mengembangkan program Pertamina. Pada masa pandemik, Nicke bersikap terbuka untuk bersinergi dengan pihak lain mengembangkan berbagai program strategis Pertamina, misalnya, Pertamina bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri melalui program Pertashop. Sedangkan bersama Kimia Farma, Pertamina sepakat memproduksi produk petrokimia yang dapat digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan. Dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan PT Pupuk Kujang, Pertamina sepakat membangun pabrik katalis nasional pertama di Indonesia.

8. Nicke memimpin restrukturisasi Pertamina sebagai holding migas

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaIDN Times/Pertamina

Transformasi ini merupakan langkah strategis yang akan tercatat dalam sejarah Pertamina, karena merupakan inisiatif yang dilakukan untuk beradaptasi dengan perubahan ke depan, bergerak lebih lincah, cepat serta fokus untuk pengembangan bisnis yang lebih luas dan agresif sehingga menunjang Pertamina menjadi perusahaan global energi terdepan dengan nilai pasar $100 billion.

9. Pertamina berkontribusi aktif menurunkan import dan penyediaan energi lebih bersih

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaPT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) telah menuntaskan digitalisasi 225 SPBU. IDN Times/Istimewa)

Program Biodiesel B30 telah dijalankan sejak November 2019. Untuk menekan Current Account Deficit, Pertamina terus berupaya mengoptimalkan sumber daya lokal yang besar, seperti sawit untuk menjadi energi. Pertamina pun konsisten menjalankan roadmap bioenergi. Nicke juga memimpin uji coba green gasoline di Plaju. Bahkan tiga bulan lalu, Pertamina sukses menghasilkan produk green diesel (D-100) mencapai 1.000 barel per hari di kilang Dumai. Selain itu, karena Indonesia memiliki cadangan batubara yang besar, Pertamina melakukan upaya coal gasification menjadi DME

yang akan digunakan sebagai substitusi LPG sehingga mengurangi impor dan membantu mengurangi defisit neraca perdagangan nasional. Di tengah pandemi yang berlangsung di tahun 2020 ini, Pertamina juga tergabung dalam konsorsium BUMN mengembangkan Industri baterai sebagai energi masa depan dalam menjawab tantangan penetrasi Electric Vehicles (EV) di masa depan. Nicke yakin untuk terus melakukan investasi pengembangan energi untuk menjaga pertumbuhan berkelanjutan secara jangka panjang, termasuk memperkuat dan merealisasikan upaya transisi energi ke arah energi baru terbarukan.

10. Pertamina meningkatkan transparansi dan menjunjung tinggi GCG

Kinerja Dirut Pertamina Dinilai Jadi Perempuan Berpengaruh di DuniaDireksi Pertamina meninjau sarana operasional IT Manggis yang berlokasi di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. (Dok. Pertamina)

Sebagai BUMN yang menjalankan penugasan negara dan memberikan pelaksanaannya kepada masyarakat, sangat penting bagi Pertamina untuk menjaga penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam kegiatan usahanya. Untuk memastikan hal tersebut, Pertamina melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga terkait, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi, Badan Kejaksaan Agung, dan Kepolisian RI. 

Bersama Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama, Nicke meluncurkan Piagam New Pertamina Clean untuk diterapkan di seluruh lini Pertamina Group dan mendorong penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) sesuai dengan ISO 37001:2016 di seluruh lini Pertamina Group.

Masuknya Nicke ke dalam jajaran most powerful women in the world bukanlah sebuah hasil akhir, melainkan sebuah proses yang memberikan harapan kepada Pertamina dan Negara bahwa kita dapat berkontribusi dan menjadi bagian penting dalam dunia Internasional. (CSC)

Baca Juga: 5 Kilang Jadi Prioritas, Begini Perkembangan Proyek Kilang Pertamina

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya