Mitra Binaan Pertamina Ini Berhasil Ubah Citra Jadi Desa Wisata

Terdaftar sebagai 300 besar Desa Wisata Kemenparekraf

Jakarta, IDN Times - Kampung Kreasi Lorong Mari di Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatra Selatan, berhasil terdaftar sebagai 300 besar Desa Wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Menparekraf melalui laman sosial media ADWI pada Rabu (18/8/2021). Diketahui, Kampung Kreasi Lorong Mari merupakan salah satu mitra binaan Kilang Pertamina Plaju yang mendaur ulang barang-barang bekas menjadi produk bernilai seni tinggi.

1. Terpilih dari 1831 desa wisata

Mitra Binaan Pertamina Ini Berhasil Ubah Citra Jadi Desa WisataKampung Kreasi Lorong Mari di Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatra Selatan. (Dok. Pertamina)

Kampung Kreasi Lorong Mari terpilih dari 1831 desa wisata di 34 Provinsi Indonesia yang mendaftar ADWI 2021. Data mengenai kampung tersebut, juga dapat diakses melalui laman jadesta.com yang akan dijadikan wadah Kemenparekraf untuk menyusun arah dan pengembangan rencana desa wisata. 

Kampung Kreasi Lorong Mari merupakan sebuah kampung kecil di sudut Kota Palembang yang berhasil mengubah citra kampung kumuh menjadi kampung kekinian. Mitra binaan Kilang Pertamina Plaju ini mengandalkan potensi barang bekas menjadi produk dengan nilai seni dan estetika yang tinggi serta melakukan pemanfaatan bentang alam perkotaan dengan melakukan budidaya pertanian dan perikanan. 

Kampung ini sempat beberapa kali dikunjungi oleh tamu instansi pemerintahan, serta instansi pendidikan atau organisasi sekitar semenjak menjadi salah satu destinasi wisata edukasi di Kota Palembang. 

Baca Juga: Kado HUT RI, Anak Perusahaan Pertamina Catat Tambahan Produksi Migas

2. Membantu dalam mempromosikan Desa Wisata

Mitra Binaan Pertamina Ini Berhasil Ubah Citra Jadi Desa WisataKampung Kreasi Lorong Mari di Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatra Selatan. (Dok. Pertamina)

Saat ini Kampung Kreasi Lorong Mari melakukan pembentukan beberapa tematik kampung yang menjadi kekuatan potensi wisata, di antaranya Kampung Kreasi di Lorong Mari, Kampung Hijau di Lorong Setia, Kampung PEMPEK DOS (Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Obat Sehat) di Lorong Aman, Kampung Konservasi Ikan Belida di Kampung Tambak Ikan.

Siti Rachmi Indahsari selaku Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju mengatakan bahwa Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini merupakan wadah yang sangat membantu dalam mempromosikan Desa Wisata mitra binaan Kilang Pertamina Plaju.

"Dengan masuknya Kampung Kreasi ke dalam 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan semangat mitra kami dalam berinovasi untuk menciptakan kampung yang berdaya saing tinggi di dalam dunia wisata di Indonesia," ujarnya.

3. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan

Mitra Binaan Pertamina Ini Berhasil Ubah Citra Jadi Desa WisataKampung Kreasi Lorong Mari di Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatra Selatan. (Dok. Pertamina)

Terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Kampung Kreasi Lorong Mari seperti atraksi memanggang kemplang, di mana pengunjung dipersilakan ikut memanggang atau membakar kemplang setengah jadi untuk di proses lebih lanjut menjadi kemplang tunu.

Kegiatan tersebut dapat dinikmati pengunjung dengan membayar Rp10.000. Namun jika hanya ingin membeli kemplang tunu, wisatawan cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp500 untuk per keping kemplang.

Selain itu, ada juga paket wisata edukasi di mana pengunjung bisa belajar cara membuat kerajinan dari barang bekas seperti ban menjadi meja, kursi, wastafel dan pot bunga. Pengunjung juga dapat membawa pulang hasil kreasi tersebut mulai dari harga Rp1.000.000,- untuk barang perabotan.

4. Bagian dari implementasi SDGs

Mitra Binaan Pertamina Ini Berhasil Ubah Citra Jadi Desa WisataDiagram 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs)

Ahmad Furqon selaku Camat Plaju mengungkapkan rasa bangga atas terpilihnya Lorong Mari dalam 300 besar Desa Wisata menurut penilaian dari Kemenparekraf.

"Dengan adanya penghargaan ini akan menjadikan motivasi kami untuk kembali membangun dunia pariwisata di Kota Palembang khususnya di Kecamatan Plaju dan kembali bangkit serta semangat dalam mengembangkan desa wisata yang berkelanjutan," katanya. 

Pengembangan kampung Kreasi Lorong Mari merupakan implementasi dari program Kampung Mari Berkreasi Pertamina yang mendukung SDGs. Pada 2030, Pertamina menjamin akses bagi semua terhadap perumahan yang layak, aman, terjangkau, serta menata kawasan kumuh. Kampung Kreasi mendukung kriteria tersebut, di mana berhasil mengubah permukiman yang sebelumnya kumuh menjadi daya tarik wisata masyarakat sekitar. (WEB)

Baca Juga: Go Global, Pertamina Terus Tumbuhkan Bisnis di Kancah Internasional 

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya