Pengerjaan Proyek-proyek Strategis Kilang Pertamina Terus Capai Progres

Proyek tersebut terus dikebut demi hal berikut

Jakarta, IDN Times - Restrukturisasi perusahaan yang berjalan sejak Juni 2020 terus memberikan energi positif bagi Pertamina Group. Kebijakan tersebut kian membuka peluang bagi setiap subholding untuk lebih fokus pada pengembangan bisnis.

Karena itu, meskipun tantangan pandemik COVID-19 memengaruhi operasional di lapangan, Subholding Refining and Petrochemical melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT. KPI) tetap dapat melanjutkan penuntasan pembangunan kilang nasional agar sesuai target yang ditetapkan. Proyek yang dikenal dengan megaproyek RDMP dan GRR tersebut terus dikebut untuk mengejar ketahanan dan kemandirian energi nasional di tahun-tahun mendatang. 

1. Ini salah satu progres pembangunan fisik kilang Pertamina

Pengerjaan Proyek-proyek Strategis Kilang Pertamina Terus Capai ProgresPembangunan kilang minyak Pertamina. (Dok. Pertamina)

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical Ifki Sukarya menjelaskan RDMP Balikpapan terus melanjutkan phase 1 dengan progres pembangunan fisik per akhir minggu pertama Agustus 2021 mencapai 38,35 persen secara keseluruhan. Long lead item atau paket peralatan yang keseluruhan prosesnya, mulai dari pengadaan, manufaktur, sampai tiba di Balikpapan memerlukan waktu sekitar dua tahun, sebagian telah tiba dan sebagian lagi sudah pengapalan maupun manufaktur. 

"Sedang dilaksanakan tahapan membangun unit Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) yang memegang peranan penting dalam operasional kilang. Unit ini berfungsi untuk meningkatkan profitabilitas kilang melalui pengolahan residu menjadi produk yang bernilai lebih tinggi," tutur Ifki.

2. Target dan perkembangan proyek kilang Pertamina

Pengerjaan Proyek-proyek Strategis Kilang Pertamina Terus Capai ProgresPembangunan kilang Pertamina. (Dok. Pertamina)

Proyek RDMP Balikpapan Phase 1 ini ditargetkan mulai berproduksi pada Maret 2024 dan dilanjutkan dengan onstream gasoline block pada November 2024.

Sementara itu, untuk proyek RDMP Balongan progres fisik secara keseluruhan saat ini mencapai sekitar 29,06 persen pada minggu pertama Agustus. Untuk pekerjaan konstruksi sedang dalam tahap penyiapan pemasangan fondasi agar kokoh untuk menyokong peralatan-peralatan baru proyek.

3. Subholding Refining & Petrochemical sedang mengerjakan proyek lain ini

Pengerjaan Proyek-proyek Strategis Kilang Pertamina Terus Capai ProgresProgres pembangunan kilang Pertamina. (Dok. Pertamina)

Selain proyek RDMP, Ifki menjelaskan bahwa proyek lain yang dikerjakan oleh Subholding Refining & Petrochemical adalah pembangunan kilang baru (GRR) di Tuban. Saat ini di GRR Tuban telah dalam proses pengerjaan Front End Engineering Design (FEED). 

“FEED ini merupakan salah satu milestone penting dalam proyek pembangunan kilang GRR Tuban. Dari FEED ini, diharapkan didapatkan gambaran secara spesifik terhadap peralatan kilang dan infrastruktur yang akan dibangun di kilang Tuban,” jelas Ifki. 

4. Proyek-proyek Pertamina terus dalam pengerjaan dan pemantauan ketat

Pengerjaan Proyek-proyek Strategis Kilang Pertamina Terus Capai ProgresKantor Pusat PT Pertamina (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Namun demikian, aktivitas fisik untuk persiapan pembangunan juga terus berjalan melalui pekerjaan Land Clearing yang mencapai realisasi 54,10 persen pada awal Agustus, dengan saat ini kegiatan Land Clearing tersebut memasuki tahap ke-3. Proyek GRR Tuban ini diharapkan rampung pada 2027 dan dapat mendukung peningkatan ketahanan energi nasional.

Ifki meyakinkan bahwa proyek-proyek Pertamina terus dalam pengerjaan dan pemantauan ketat untuk dapat mencapai realisasi yang ditargetkan dan dapat segera memberikan manfaat untuk meningkatkan ketahanan energi nasional bagi bangsa Indonesia. (WEB)

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya