Salurkan 1.800 Sembako bagi Lansia, Pertamina Ikut Atasi Dampak Covid-19

Pertamina ingin turut membantu meringankan beban para lansia

Jakarta, IDN Times – Pertamina kembali mendistribusikan bantuan 1.800 paket sembako bagi masyarakat DKI Jakarta yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19 di Indonesia. Para lanjut usia (lansia) yang tinggal di Jakarta Utara menjadi fokus pemberian bantuan tersebut. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menyatakan Pertamina menggandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Pemerintah Kota Jakarta Utara selaku Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 untuk mendistribusikan bantuan paket sembako kepada para lansia melalui Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) agar tepat sasaran. 

“Para lansia merupakan salah satu komponen masyarakat yang paling terdampak secara ekonomi akibat Covid-19. Pertamina ingin turut membantu meringankan beban para lansia dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” tutur Fajriyah.

1. Wakil Wali Kota Jakarta Utara mengungkap Pertamina banyak membantu penanganan Covid-19 di wilayahnya

Salurkan 1.800 Sembako bagi Lansia, Pertamina Ikut Atasi Dampak Covid-19IDN Times/Pertamina

Selain memberikan bantuan sembako, Pertamina juga kembali memberikan bantuan pembuatan wastafel portabel dan supply air bersih di 6 lokasi di Jakarta Utara. Lokasi 6 titik tersebut sedang dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jakarta Utara.

“Bantuan wastafel portabel untuk memudahkan masyarakat menjaga pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun. Hal ini diharapkan bisa mencegah penyebaran Covid-19,” tutur Fajriyah. 

VP CSR & SMEPP Pertamina Arya Dwi Paramita menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Senin (20/4). Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Jakarta Utara menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pertamina yang banyak membantu penanganan Covid-19 di wilayah Jakarta Utara. Di wilayah ini, Pertamina tercatat memiliki sejumlah fasilitas penting perusahaan, antara lain Integrated Terminal Jakarta: Fuel Terminal Plumpang, Fuel Terminal Priok, dan LPG Terminal Priok, Pertamina Lubricant, Patra Niaga, PGN dan Nusantara Regas.

“Kami menyampaikan terima kasih atas berbagai bantuan dari Pertamina yang disalurkan di wilayah Jakarta Utara, baik berupa masker, APD, hand sanitizer, wastafel portabel, penyemprotan desinfektan, hingga paket sembako dan makanan siap saji,” ujar Ali Maulana. 

2. Bantuan yang diberikan Pertamina di Jakarta Utara cukup beragam

Salurkan 1.800 Sembako bagi Lansia, Pertamina Ikut Atasi Dampak Covid-19IDN Times/Pertamina

Menurut Ali Maulana, penerima bantuan di wilayah Jakarta Utara cukup beragam, mulai dari tenaga medis baik di RS maupun puskesmas, perawat, petugas Satgas Covid-19, dan masyarakat umum, termasuk lansia. 

Melalui berbagai program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), imbuh Ali Maulana, Pertamina memberikan bantuan 22.600 masker, APD untuk tenaga medis di RS maupun di fasilitas kesehatan puskesmas, hand sanitizer, serta penyemprotan desinfektan di 12 sarana ibadah di 4 kelurahan, yakni Lagoa, Rawa Badak Selatan, Koja dan Rawa Badak Utara. 

3. Total Pertamina menggelontorkan bantuan mencapai Rp1,5 miliar di Jakarta

Salurkan 1.800 Sembako bagi Lansia, Pertamina Ikut Atasi Dampak Covid-19IDN Times/Pertamina

Selain itu, Pertamina juga menyediakan foodtruck untuk paket makanan bagi paramedis di RS Sulianti Saroso, makanan siap saji bagi masyarakat terdampak di Kel Rawa Badak Selatan, wastafel portabel di fasilitas umum dan puskesmas di lingkungan kecamatan Koja, maupun publikasi edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (standing banner) di 6 puskesmas.

Pertamina juga mendistribusikan 120 paket Hygiene Kit dan 120 paket pangan siap saji bagi para buruh pelabuhan, tukang becak, kuli, dan pekerja kasar lainnya. Sejak masa darurat Covid-19, keseluruhan bantuan yang disalurkan Pertamina di wilayah Jakarta mencapai Rp1,5 miliar.

“Sebagai BUMN, Pertamina akan terus hadir membantu masyarakat bawah yang terkena dampak Covid-19. Pertamina juga telah menyiapkan berbagai rumah sakit sakit rujukan Covid-19 untuk membantu merawat pasien yang terinfeksi virus Corona,” tutur Fajriyah.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya