Dukung Silaturahmi Raih Berkah, Pertamina Berangkatkan 15.000 Pemudik 

Sampai di kampung halaman dengan selamat, ya!

Jakarta, IDN Times – Di tahun ke-14 pelaksanaan mudik gratisnya, PT Pertamina (Persero) sukses memberangkatkan 15.000 orang dalam program “Pertamina Bareng-Bareng Mudik 2019” yang bertajuk Silaturahmi Meraih Berkah dan program lainnya. Tahun ini terjadi peningkatan sekitar 36% jumlah pemudik yang diberangkatkan BUMN tersebut. Pelepasan para pemudik dilakukan pada Rabu (29/5), di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Direktur SDM Pertamina, Kushartanto mengatakan bahwa dari tahun-tahun penyelenggaraan mudik Pertamina sebelumnya, pada 2019 ini ada perbedaan dalam cakupan. Tahun ini cakupan peserta mudik menjadi bertambah banyak dan luas. Hal tersebut merupakan bagian dari kebinekaan bangsa Indonesia. Semua pemudik terangkut dengan niatan terbaik dan membawa berkah untuk kita semua.

1. Program mudik gratis Pertamina wujud apresiasi dan kepedulian kepada masyarakat

Dukung Silaturahmi Raih Berkah, Pertamina Berangkatkan 15.000 Pemudik IDN Times/Ezri TS

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, bertambahnya jumlah pemudik gratis ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina kepada masyarakat yang ingin bersilaturahmi kepada orangtua dan sanak keluarga di kota asal.

“Program ini merupakan bentuk apresiasi Pertamina kepada masyarakat yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari kegiatan perusahaan. Kami bersyukur pada tahun ini kami bisa memberangkatkan lebih banyak masyarakat untuk bersilaturahmi ke orangtua dan keluarga,” ujar Fajriyah.

2. Berbagai kalangan mengikuti mudik gratis Pertamina

Dukung Silaturahmi Raih Berkah, Pertamina Berangkatkan 15.000 Pemudik IDN Times/Ezri TS

Para peserta yang mengikuti program mudik Pertamina tahun ini, antara lain dari kalangan mekanik bengkel, sopir truk tanki (awak mobil tanki/AMT), pedagang, buruh, tenaga outsourcing, pengendara ojek, pembersih jalan, dan marbut masjid. Mereka diberangkatkan dengan sejumlah moda transportasi darat dan laut.

“Sebanyak 4.700 pemudik diberangkatkan dengan 84 bus. Bedanya, jika tahun kemarin titik pemberangkatan hanya dari Jakarta, tahun ini kita tambah dari Pekanbaru juga. Dari Jakarta akan berangkat 79 bus dengan 4.500 pemudik ke 12 kota tujuan, sedangkan dari Pekanbaru akan berangkat 5 bus dengan mengangkut 200 pemudik ke 1 kota tujuan, yaitu Padang,” kata Fajriyah.

3. Tidak hanya di Pulau Jawa, Pertamina melayani mudik gratis dengan transportasi laut ke beberapa daerah

Dukung Silaturahmi Raih Berkah, Pertamina Berangkatkan 15.000 Pemudik IDN Times/Ezri TS

Adapun untuk transportasi laut, Pertamina juga menambah titik keberangkatan pada tahun ini. Jika tahun sebelumnya keberangkatan hanya dari Makassar, tahun ini titik keberangkatan ditambah dari Jakarta dan Surabaya, dengan 8 rute ke 5 kota tujuan yaitu Surabaya, Makassar, Ambon, Bau Bau, dan Sampit. Total pemudik yang diberangkatkan dengan kapal laut mencapai 6.300 orang.

4. Dari segi keamanan, mudik gratis Pertamina sangat terjamin

Dukung Silaturahmi Raih Berkah, Pertamina Berangkatkan 15.000 Pemudik IDN Times/Ezri TS

Fajriyah menambahkan, seluruh bus yang digunakan telah melewati pengecekan dan prosedur keamanan. Semua bus juga dilengkapi dengan alat P3K, live tracking, dan tool kit seperti ban serep. Selain itu, ada dua awak kemudi yang disiapkan untuk mengantisipasi kelelahan selama menghantar pemudik ke kota tujuan.

“Demi menjaga keselamatan penumpang, seluruh pengemudi juga wajib menjalani tes kesehatan untuk memastikan pengemudi dalam kondisi bugar. Selain itu, Pertamina juga memberikan asuransi untuk semua pemudik bus dari Jakarta dan Pekanbaru dari anak perusahaan Pertamina, yaitu Asuransi Tugu Pratama Indonesia. Sedangkan untuk pemudik dengan kapal laut, asuransi sudah termasuk dalam biaya tiket,” tutur Fajriyah.

Selain menggelar program mudik sendiri, Pertamina juga berpartisipasi dalam program Mudik Bersama yang digelar Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya