Pertamina Dukung Inovasi UGM di Bidang Energi dan Kesehatan

Riset pengembangan energi terbarukan berbahan mikroalga

Jakarta, IDN Times – Sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap dunia pendidikan, Pertamina mengapresiasi riset dan inovasi yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Ini adalah bagian dari komitmen Pertamina di HUT ke-63 dalam mendorong dunia Pendidikan, dalam menciptakan inovasi dan memberikan manfaat yang lebih banyak untuk masyarakat. 

Hal ini pun mendapat apresiasi dari Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesia sekaligus Ketua Majelis Wali Amanat UGM Pratikno, yang menyampaikan harapannya agar ke depan kerja sama ini dapat berjalan dengan baik. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, dukungan Pertamina kali ini terutama dalam riset pengembangan energi terbarukan berbahan mikroalga. 

1. Mikroalga merupakan salah satu sumber daya energi terbarukan yang potensial

Pertamina Dukung Inovasi UGM di Bidang Energi dan KesehatanDok. Pertamina

Dukungan diwujudkan melalui kerja sama yang ditandatangani oleh subholding Refinery & Petrochemical Pertamina, yaitu PT Kilang Pertamina Internasional dengan UGM yang dilakukan di Jakarta, Jumat (4/12). 

Menurutnya, bahan mikroalga ini merupakan salah satu sumber daya energi terbarukan yang potensial di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lautan yang luas. Selain itu bahan ini juga merupakan bahan baku independen yang tidak berkaitan dengan kebutuhan pangan dan kebutuhan lahan yang luas. 

“Seperti kita tahu, dunia saat ini sedang ada di masa transisi energi. Pertamina pun tidak berdiam diri, namun kami juga melakukan langkah-langkah nyata untuk aktif terlibat dalam pengembangan energi terbarukan, dan salah satunya adalah energi berbahan mikroalga ini,” ujarnya. 

2. Mendukung penuh inovasi yang dilakukan anak negeri

Pertamina Dukung Inovasi UGM di Bidang Energi dan KesehatanDok. Pertamina

Senada dengan hal tersebut, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Ignatius Tallulembang mengatakan pihaknya mendukung penuh inovasi yang dilakukan anak negeri terutama berkaitan dengan keberlanjutan energi. 

“Inovasi adalah sebuah keniscayaan agar kita tetap bertahan dan semakin maju seiring dengan perubahan zaman. Mikroalga memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu bio-source untuk pembuatan BBM ramah lingkungan secara komersial,” ujarnya.

3. Pertamina juga mengapresiasi inovasi UGM bernama GeNose

Pertamina Dukung Inovasi UGM di Bidang Energi dan KesehatanKantor Pusat PT Pertamina (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain pengembangan energi terbarukan, Pertamina juga mengapresiasi inovasi UGM dalam menciptakan sarana pengujian (Testing) dalam pemeriksaan Covid-19 bernama GeNose. Inovasi ini diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini. 

Rektor UGM Panut Mulyono pada kesempatan tersebut juga menjelaskan mengenai Genose. 

"Testing Genose memanfaatkan nafas untuk mendeteksi covid-19, dan dengan menggunakan alat ini, hasil uji Covid-19 didapatkan dalam kurun waktu 5 menit. Semoga ini menjadi salah satu bentuk kontribusi untuk negara di tengah kondisi pandemi Covid-19," katanya (CSC). 

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya