Pertamina Gelar Pelatihan Online Digital Marketing untuk Pelaku UMKM

Pelatihan online dibuat agar kapasitas pelaku UMKM meningkat

Jakarta, IDN Times - Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kegiatan pelatihan secara online terhadap mitra bisnis dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) merupakan rangkaian dari seri pelatihan digital marketing untuk mitra bisnis dan UMKM RKB Pertamina.

Kegiatan tersebut juga merupakan komitmen Pertamina untuk meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM agar naik kelas baik dalam hal pengetahuan digital marketing maupun usaha mereka. 

“Kita ingin adanya peningkatan pemahaman digital marketing oleh para pelaku UMKM. Tema yang dipilih disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat sehingga bahasa pemasaran yang digunakan dapat dipahami baik pelaku UMKM maupun follower social media pelaku UMKM,” ujar Fajriyah, Kamis (28/5).

1. Pelatihan online untuk pelaku UMKM mengangkat tema “Instagram Marketing: Menulis Caption yang Menarik”

Pertamina Gelar Pelatihan Online Digital Marketing untuk Pelaku UMKMPixabay

Pelatihan digital marketing secara online tersebut ditujukan kepada partisipan mitra bisnis dan UMKM Pertamina di beberapa daerah yang dimulai di Situbondo pada 18 Mei 2020 dan dilanjutkan lagi setelah Lebaran ke beberapa daerah. 

Pemimpin Redaksi Takanta.id, Mohammad Farhan S, menjadi pengisi materi dalam kegiatan yang mengangkat tema “Instagram Marketing: Menulis Caption yang Menarik” pada online training di Situbondo tersebut. 

2. Pelaksanaan pelatihan online akan dilakukan di beberapa daerah

Pertamina Gelar Pelatihan Online Digital Marketing untuk Pelaku UMKMstokpic.com

Fajriyah mengatakan, pelaksanaan pelatihan online ini juga akan dilakukan di beberapa daerah, seperti Palangkaraya, Pekanbaru, Minahasa Selatan, dan Temanggung. Kegiatan ini juga bertujuan menggairahkan bisnis UMKM di masa pandemik virus corona (COVID-19) ini.

Online training di Situbondo ini berhasil menjadi pioneer dan program percontohan bagi wilayah lain. Agenda online training selanjutnya adalah di Palangkaraya, Pekanbaru, Minahasa Selatan, dan Temanggung yang akan dilaksanakan setelah Lebaran,” jelasnya.

3. Kegiatan pelatihan online diharapkan bisa kembali diadakan dengan materi yang beragam untuk bisnis UMKM

Pertamina Gelar Pelatihan Online Digital Marketing untuk Pelaku UMKMANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sementara itu, kegiatan pelatihan online RKB Pertamina ini disambut baik oleh para pelaku UMKM di daerah. Seperti yang disampaikan Elfira yang merupakan pelaku usaha “Kebun Kinara” di Situbondo yang berbasis pada usaha tanaman hias, bibit sayuran, dan pot hias. Ia pun berharap kegiatan ini bisa kembali diadakan dengan materi yang beragam untuk bisnis UMKM.

"Saya sangat terbantu akan informasi dari pelatihan kali ini. Semoga RKB semakin jaya, merangkul lebih banyak pelaku UMKM dan memberikan peluang yang lebih besar lagi untuk bersama menuju kesuksesan,” pungkas Elfira.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya