Pertamina Gelar Pertamuda: Seed & Scale Up 2022 

Pertamina komitmen dukung startup Tanah Air

Jakarta, IDN Times - Pertamina kembali menggelar ajang Pertamuda: Seed & Scale Up 2022. Kick-Off. Program kompetisi ide bisnis wirausaha muda yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam mendukung perkembangan startup di Indonesia yang diharapkan juga berdampak pada perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini dibuka langsung Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022). Dalam sambutannya Nicke mengatakan bahwa Pertamuda merupakan salah satu wujud dukungan Pertamina sebagai BUMN kepada generasi muda untuk meningkatkan skill entrepreneur, melalui pendampingan agar dapat melahirkan ide-ide bisnis.

“Kenapa ini kita dorong? Karena pada saat pandemi terjadi, kita melihat pertumbuhan dari ide-ide bisnis baru ini meningkat karena anak muda ini mempunyai kemampuan untuk mengimplementasikan teknologi-teknologi baru dan juga digitalisasi,” ungkap Nicke.

1. Dukungan Pertamina bagi startup

Pertamina Gelar Pertamuda: Seed & Scale Up 2022 Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati membuka langsung Pertamuda: Seed & Scale Up 2022. Kick-Off. Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022). (Dok. Pertamina)

Nicke menuturkan, sebagai motor penggerak perekonomian nasional, Pertamina juga berupaya mengembangkan ekonomi agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan cara mendukung startup di Tanah Air. Oleh karenanya, Pertamina mendorong startup agar mendapatkan kemudahan-kemudahan untuk tumbuh berkembang.

Lebih lanjut Nicke berharap program Pertamuda akan melahirkan lebih banyak lagi start up, serta mampu menyerap banyak tenaga kerja. Pertamina juga berkomitmen untuk terus melaksanakan program ini secara berkelanjutan, sekaligus memperluas cakupannya. Sehingga semakin banyak ide-ide bisnis dari anak muda, dan melahirkan entrepreneur baru untuk Indonesia yang lebih baik ke depan.

“Semakin banyak penyerapan tenaga kerja akan semakin baik. Sehingga tugas pemerintah dalam sustainable development goals ini bisa tercapai,” tutur Nicke.

 

Baca Juga: Bangga! Pertamina Dukung Penuh Pertamina Grand Prix of Indonesia

2. Implementasi SDG’s yang sejalan dengan tiga pilar SDG

Pertamina Gelar Pertamuda: Seed & Scale Up 2022 Pertamina kembali menggelar ajang Pertamuda: Seed & Scale Up 2022. Kick-Off. Program kompetisi ide bisnis wirausaha muda yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam mendukung perkembangan startup di Indonesia yang diharapkan juga berdampak pada perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. (Dok. Pertamina)

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi menambahkan bahwa Pertamuda 2022 memiliki cakupan yang lebih luas. Jika tahun lalu hanya melibatkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tahun ini juga mengikutsertakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia.

“Kami ingin memperluas kegiatan ini sehingga menjadi implementasi SDG’s yang sejalan dengan tiga pilar SDG, yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan dengan potensi pertumbuhan hingga sepuluh kali lipat dalam waktu tiga tahun,” papar Brahmantya.

3. Pererat sinergi antara perguruan tinggi dan industri

Pertamina Gelar Pertamuda: Seed & Scale Up 2022 Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati membuka langsung Pertamuda: Seed & Scale Up 2022. Kick-Off. Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022). (Dok. Pertamina)

Lebih lanjut Brahmantya berharap melalui kegiatan ini, Pertamina dapat mempererat sinergi antara perguruan tinggi dan industri, serta mendorong pertumbuhan wirausaha muda di Indonesia yang memberikan ruang dan kesempatan bagi mahasiswa dalam mengerjakan dan mengembangkan ide bisnisnya.

Untuk mengikuti kompetisi ide bisnis wirausaha muda Pertamuda: Seed & Scale Up 2022, persyaratannya sebagai berikut: warga negara Indonesia dan memiliki KTP, mahasiswa D3/D4/S1 di Indonesia, mempunyai surat rekomendasi dari kampus, serta mengajukan satu ide bisnis yang dikirimkan ke www.pertamuda.id. Pendaftaran dibuka mulai 15 Agustus 2022 hingga 10 oktober 2022. (WEB)

Baca Juga: Pertamina Enduro Dukung Penuh Event Pertamina Grand Prix of Indonesia 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya