Pertamina Resmikan Jargas Rumah Tangga dan Gaslink CNG di Batam

Penuhi kebutuhan gas masyarakat dan komersial

Jakarta, IDN Times - Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina, Erry Sugiharto, meresmikan instalasi jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga dan layanan gas komersial Gaslink CNG di Kota Batam.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina, Erry Sugiharto, meresmikan instalasi jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga dan layanan gas komersial Gaslink CNG di Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (13/4/2022). (Dok. Pertamina) 

Penggunaan layanan gas bumi rumah tangga dari PT PGN Tbk sebagai subholding gas Pertamina ini diharapkan bisa menjadi fasilitas yang mempermudah masyarakat, komersial dan UMKM dalam memperoleh kebutuhan gas, sekaligus menekan angka impor gas. 

"Tentunya ini untuk Indonesia karena gasnya dari bumi Indonesia dan untuk masyarakat Indonesia. Ke depannya kita berharap penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) juga lebih baik dan pembelian impor energi menjadi berkurang,” kata Erry.

1. Aman dan cocok digunakan untuk rumah tangga dan UMKM

Pertamina Resmikan Jargas Rumah Tangga dan Gaslink CNG di BatamIlustrasi memasak (Unsplash/Simon Migaj)

Peresmian ini merupakan rangkaian dari kegiatan Safari Ramadan 2022 yang dilakukan Direksi Pertamina dalam hal ini Direktur SDM Pertamina di Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (13/4/2022).

Didampingi Direktur Sales dan Operasi PT PGN Faris Aziz, Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT PGN Beni Syarif Hidayat, dan SVP Human Capital Management Pertamina Lelin Eprianto, Erry menyaksikan langsung penyaluran jaringan gas bumi perdana (gas in) untuk rumah tangga dan layanan GasLink CNG untuk komersial di Perumahan Kurnia Djaya Alam Batam dan di Toko Citra Bakery Kota Batam.

Ia menilai penggunaan jargas dan GasLink CNG ini lebih aman dan cocok digunakan untuk rumah tangga dan sektor komersial termasuk UMKM. Selain itu, menurutnya kehadiran jargas juga bisa menjadi alternatif bahan bakar gas untuk rumah tangga selain LPG.

“Instalasi pipanya rapi. GasLink CNG ini juga aman. Tadi kita sudah coba di kompornya cukup bagus, apinya biru dan penggunaannya lebih irit” ujar Erry. 

Baca Juga: 5 Prediksi dan Kesiapan Pertamina di Jateng Hadapi Mudik Lebaran 2022

2. Indonesia punya ketersediaan gas yang cukup

Pertamina Resmikan Jargas Rumah Tangga dan Gaslink CNG di BatamDok. Pertamina

Direktur Sales dan Operasi PT PGN, Faris Aziz, menambahkan bahwa PGN akan terus melakukan program Jargas dan GasLink secara bertahap. Dia menjelaskan, GasLink merupakan gas alam yang dikompres dan dipadatkan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) yang ada di Batam. 

"Kami akan melihat potensi market-nya. Di Batam sendiri kami menargetkan 200.000 instalasi, untuk beberapa tahun ya, jadi per tahun sampai 5 tahun ke depan,” katanya.

Faris pun menekankan, Indonesia memiliki ketersediaan gas yang cukup, sehingga penggunaan Jargas dan Gaslink ini menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat. 

“Kita cukup memiliki ketersediaan natural gas dan beberapa alternatif jalur pipa, sehingga kalaupun ada satu lokasi terganggu, pasokan pipa lain bisa mengisi dan mudah-mudahan tidak ada gangguan,” katanya.

3. Tentang Jargas dan GasLink

Pertamina Resmikan Jargas Rumah Tangga dan Gaslink CNG di BatamGaslink C-cyl saat ini  ditampilkan kemasan lebih praktis dan menarik bagi pelanggan. (IDN Times/Istimewa).

Program Jargas sendiri dilatarbelakangi oleh Nawa Cita Presiden RI dalam mewujudkan Kedaulatan Energi, yang termasuk dalam Program Strategis Nasional pembangunan Jaringan Gas Bumi Untuk Rumah Tangga yang tertuang dalam lampiran Perpres No.58 Tahun 2017, dan di dalam rencana Umum Energi Nasional dalam Membangun Jaringan Gas Kota bagi 4,7 Juta sambungan di Tahun 2025.

Diperkirakan, perhitungan manfaat dengan basis 1 juta sambungan rumah tangga dapat menyerap 83 ribu tenaga kerja, penghematan belanja rumah tangga, pemanfaatan TKDN hingga 70 persen, mengurangi impor LPG 144 juta kg per tahun, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi konsumsi BBM transportasi.

Sedangkan GasLink merupakan produk Compressed Natural Gas (CNG) yang dikemas dalam bentuk tabung (movable) sama halnya seperti tabung LPG. Di dalamnya terdapat gas bertekanan 200-250 Barg dan Volume CNG sebesar 20 m3 atau setara 24 Kg.

“GasLink merupakan solusi penyediaan gas bumi untuk lokasi yang belum dapat dilayani oleh jaringan pipa distribusi gas bumi dan mulai dikenalkan pada awal 2021 diperuntukkan bagi pelanggan sektor industri dan komersial. GasLink memiliki keunggulan menjangkau wilayah yang belum terjangkau pipa gas PGN,” kata Faris.

4. Beri santunan ke panti asuhan

Pertamina Resmikan Jargas Rumah Tangga dan Gaslink CNG di BatamDirektur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina, Erry Sugiharto, meresmikan instalasi jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga dan layanan gas komersial Gaslink CNG di Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (13/4/2022). (Dok. Pertamina) 

Selain meresmikan Jargas untuk rumah tangga dan peyaluran GasLink, Erry dan rombongan juga memberikan santunan kepada para anak yatim piatu di Kota Batam. Kegiatan ini mengangkat tema "Energi untuk Istiqomah" yang dilakukan di Kantor PGN Area Batam.

Pertamina memberikan Santunan Anak Yatim sebesar Rp25 juta kepada Yayasan Bina Pertiwi Rudath Al Haromain, yang nantinya akan dibagi kepada 12 panti asuhan dengan total penerima 300 anak.

Pertamina juga memberikan bantuan sarana dan fasilitas sebesar Rp50 juta yang diberikan kepada Yayasan Al-Anjum sebagai perwakilan penerima bantuan berupa sarana dan prasarana yang akan dibagi kepada 12 panti asuhan. (WEB)

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya