Pertahankan Prestasi, Pertamina Lubricants Raih Penghargaan Proper Hijau 

Pertamina Lubricants berkomitmen kelola lingkungan dan sosial

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina Lubricants, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang pelumas, melalui dua pabrik pelumasnya, Production Unit Cilacap (PUC) dan Production Unit Gresik (PUG), kembali mempertahankan prestasi dalam bidang lingkungan hidup dan tanggung jawab sosial dengan meraih penghargaan Predikat Hijau dalam program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin (14/12).

Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants Iwan Ridwan Faizal menyampaikan bahwa pabrik PUC dan PUG berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan lingkungan dan sosial yang terbukti atas pencapaian Proper Hijau yang diraih secara konsisten, yakni sembilan tahun berturut-turut untuk PUC dan 4 tahun berturut-turut untuk PUG. 

”Selain melakukan inovasi-inovasi baru dalam penerapan sistem manajemen lingkungan yang terintegrasi dalam proses produksi, meliputi efisiensi energi, Program 3R (Reduce, Reuse, & Recycle) Limbah B3 dan Limbah Padat Non B3, penurunan emisi, konservasi air dan penurunan beban pencemaran serta keanekaragaman hayati, PUC dan PUG terus tumbuh bersama masyarakat melalui program-program CSR yang bertujuan melestarikan lingkungan, memajukan dunia pendidikan, membangun kemandirian ekonomi masyarakat dan menekan penyebaran Covid-19,” tutur Iwan.

Baca Juga: Borong 16 Proper Emas 2020, Pertamina Perkuat Komitmen ESG

1. Program PUC Pertamina Lubricants

Pertahankan Prestasi, Pertamina Lubricants Raih Penghargaan Proper Hijau 123RF.com

Pada 2020, PUC melahirkan program Pertamina Sahabat Nelayan dengan meluncurkan bengkel mesin kapal dan melakukan pelatihan, pendampingan organisasi, edukasi literasi, dan edukasi mekanik bagi nelayan Tambakreja. Program itu tidak hanya meningkatkan keterampilan para nelayan setempat, tetapi juga turut membangun kemandirian para nelayan dalam pengelolaan bengkel dan sebagai mekanik mesin yang andal. Dengan demikian, tercipta nilai ekonomi yang lebih baik dan menjadi benefit bagi masyarakat.

Selain itu, PUC juga meluncurkan aplikasi digital “Enduro Home Service” yang merupakan platform belajar dan berwirausaha bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) yang terlibat dalam program CSR Enduro Home Service. Aplikasi itu merupakan jawaban akan tantangan belajar-mengajar di tengah pandemik Covid-19, dengan pembelajaran kewirausahaan perbengkelan yang biasanya dilakukan di ruang kelas kini dapat dilakukan secara online

Dengan aplikasi itu, Siswa pun dapat berinteraksi dan belajar secara virtual dengan guru, instruktur, dan mekanik bengkel mitra Pertamina Lubricants, melakukan pendataan pemesanan produk dan layanan, jumlah konsumen dan transaksi pelayanan home service, sekaligus dapat memesan pelumas Pertamina sesuai dengan kebutuhan.

2. Komitmen PUG Pertamina Lubricants

Pertahankan Prestasi, Pertamina Lubricants Raih Penghargaan Proper Hijau Pertamina Lubricants Raih Penghargaan Proper Hijau dari KLHK/Dok. Pertamina

Sementara itu, PUG terus berkomitmen tumbuh bersama masyarakat dengan menjaga kesinambungan lingkungan melalui program pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Markisa bersama kader lingkungan setempat dengan pemanfaatan lahan sempit area perkotaan di Kelurahan Sukorame, Gresik.

Tidak hanya itu, bersama Karang Taruna RW 7 Kelurahan Sidokumpul, PUG mengembangkan program yang mampu menggabungkan budaya “ngopi” dengan isu beat pollution dan sampah agar tetap menjaga dan melestarikan lingkungan melalui program “Ngopi Bayar Pakai Sampah” dan “Sampah Tukar Oli”. Pada 2020, program itu berhasil menyumbang jumlah pengurangan sampah ke TPS sebesar 699 kg sampah kering atau 0,082 persen dari jumlah sampah keseluruhan di Kelurahan Sidokumpul.

“Selama masa pandemik, PUC dan PUG juga terus melakukan kegiatan penanggulangan pandemik Covid-19 untuk masyarakat sekitar, seperti pemberian bantuan APD, alat kesehatan, disinfektan, bantuan sosial, bantuan wastafel cuci tangan yang dibuat dari drum bekas Non-B3, serta program yang mendorong pergerakan roda perekonomian seperti bimbingan Bukdikdamber kepada masyarakat,” kata Iwan.

Baca Juga: Rilis Enduro Matic V, Pertamina Lubricants Gelar Ganti Oli Gratis!

3. Ini komitmen Pertamina Lubricants

Pertahankan Prestasi, Pertamina Lubricants Raih Penghargaan Proper Hijau Dok. Pertamina

Apresiasi melalui penghargaan Proper tersebut merupakan prestasi yang tidak hanya diraih PT Pertamina Lubricants, tetapi juga ditujukan bagi seluruh masyarakat di lingkungan perusahaan yang terus membangun komitmen kuat untuk tumbuh, pulih, berkontribusi, dan berinovasi walau di tengah tantangan pandemik. 

“Kami berterima kasih kepada seluruh mitra dan stakeholder yang berkontribusi dan bekerja sama dalam berbagai program kami, baik dari instansi pemerintah, lembaga masyarakat, kader lingkungan, sekolah, dan akademisi serta masih banyak lagi. Kami yakin, dengan kerja sama yang sinergis kita mampu berkontribusi kemajuan lingkungan dan masyarakat,” tutup Iwan.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya