Pertamina Sediakan 4,000 Paket Sembako Murah di Cilegon

Dukung Pasar Rakyat dan UMKM BUMN

Jakarta, IDN Times - Warga Cirebon antusias menunjukkan kupon belanja paket sembako murah di arena Pasar Rakyat dan UMKM BUMN yang digelar Kementerian BUMN bersama Pertamina, di Area Parkir Stadion Bima, Cirebon, Jumat (3/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Pertamina menyediakan 4.000 paket sembako murah yang terdiri dari 5 kg beras, 1 kg gula, dan 1 liter minyak goreng yang dijual seharga Rp65 ribu untuk warga prasejahtera. Salah satu warga Cirebon, Damayanti, bersyukur bisa mendapatkan sembako murah meski harus mengantre sejak pukul 08.00 WIB.

“Senang karena ada beras murah untuk kebutuhan sehari hari buat anak-anak saya,“ katanya. Semoga pasar murah ada terus, biar ekonomi cukup. Karena pendapatan saya sedikit, kalau ada pasar murah terus jadi bisa meringankan beban kita," ucap Sutinah. 

 

1. Meringankan beban masyarakat

Pertamina Sediakan 4,000 Paket Sembako Murah di CilegonArya Sinulingga Staf Khusus III Kementrian BUMN Arya Sinulingga bersama Fajriyah Usman Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & SMEPP Management Pertamina memberikan sembako kepada warga dalam acara Pasar Rakyat dan bazaar UMKM BUMN di area parkir Stadion Bima Kota Cirebon, pada Jumat (3/6). (Dok. Pertamina)

Staf Khusus III Kementerian BUMN, Arya Mahendra Sinulingga, yang hadir dalam kegiatan tersebut bersama Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman dan Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati menegaskan bahwa paket sembako murah itu disediakan untuk membantu masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kementerian BUMN untuk meringankan beban masyarakat prasejahtera di tengah pandemik COVID-19 yang belum sepenuhnya usai. Kami siapkan 4.000 paket sembako murah untuk mereka," ujarnya. 

Baca Juga: Pertamina Gandeng Chevron Kembangkan Bisnis Energi Rendah Karbon 

2. Dukung upaya pemerintah tingkatkan perekonomian

Pertamina Sediakan 4,000 Paket Sembako Murah di CilegonBeberapa UMKM binaan Pertamina di sebuah pameran dagang. (petrominer.com)

Selain itu, Arya menegaskan, kegiatan ini menjadi sarana yang bagus bagi UMKM Cirebon  untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan omzetnya.  

Hal senada disampaikan Vice President CSR and SMEPP Management, Fajriyah Usman. Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi salah satu cara yang dilakukan Pertamina dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan UMKM pasca pandemik.

"Setelah dua tahun pandemik COVID-19 membatasi ruang gerak kita, saat ini roda perekonomian sudah mulai bergerak ke arah yang lebih baik. Kegiatan ini sekaligus menjadi bagian dari implementasi prinsip ESG (Environmental, Social and Governance) dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan," tuturnya. 

3. UMKM mitra binaan Pertamina diajarkan berdagang secara digital

Pertamina Sediakan 4,000 Paket Sembako Murah di CilegonPelaku UMKM sedang mempelajari pembayaran secara digitalisasi di pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Salah satu perajin batik Cirebon, Evi Utayati yang tergabung sebagai mitra binaan Pertamina, mengucapkan terima kasih karena telah dibantu melewati masa-masa sulit selama pandemik. 

“Semua dibantu sejak jadi mitra binaan Pertamina. Diajak ikut pameran seperti bazar sekarang dan diajarkan memasarkan secara digital melalui marketplace. Jadi produk kami sedikit demi sedikit bisa berkembang. Contohnya seperti bazar ini. Jadi senang banget diajak karena merasa terbantu,” katanya. (WEB)

Baca Juga: Sinergi BUMN, Antara Pertamina dan PLN dalam Mendukung Bisnis 

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya