Kembangkan Program Catalyser, Pertamina Raih EFMD EIP Gold Award 

Penghargaan internasional itu begitu bergengsi bagi manajemen SDM

Jakarta, IDN Times - Program Catalyser yang dikembangkan PT Pertamina (Persero) memperoleh penghargaan internasional bergengsi untuk bidang manajemen SDM, yakni EFMD – Excellence in Practice (EIP) Gold Award untuk kategori Talent Development.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan bahwa di tingkat nasional peserta program Catalyser berperan penting terhadap kebijakan pemerintah dan pengelolaan energi nasional.

"Peserta program Catalyser juga memegang peranan kunci dan berkontribusi signifikan dalam proyek-proyek internasional,” ujar Nicke.

Nicke menambahkan, key stakeholders pada prinsipnya mendukung sepenuhnya dampak positif program Catalyser dalam mempersiapkan pemimpin masa depan Pertamina untuk menghadapi tantangan di sektor energi.

1. Catalyser yang dikembangkan Pertamina bertujuan mempersiapkan talent terbaik

Kembangkan Program Catalyser, Pertamina Raih EFMD EIP Gold Award IDN Times/Pertamina

Sementara itu, Direktur SDM Pertamina Koeshartanto menyatakan Catalyser merupakan program akselerasi pengembangan kapabilitas kepemimpinan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Program tersebut bertujuan mempersiapkan talent terbaik di Pertamina Group untuk mengisi posisi pimpinan strategis perusahaan dalam kurun waktu 4-5 tahun mendatang.

“Pengembangan Program Catalyser berkolaborasi dengan partner kelas dunia, seperti Deloitte dan INSEAD. Selain itu, Pertamina juga bekerja sama dengan Tjitra & Associates dan Bob Aubrey Associates sebagai Senior Advisor yang berpengalaman di bidangnya,” tutur Koeshartanto.

2. Peran peserta Catalyser begitu strategis bagi Pertamina

Kembangkan Program Catalyser, Pertamina Raih EFMD EIP Gold Award International Exposure & Company Visits untuk pengembangan global mindset pada program Catalyser Energy, Abu Dhabi, UAE, April 2019/dok. Pertamina

Sebagai calon pemimpin Pertamina masa depan, lanjut Koeshartanto, peserta Catalyser akan berperan strategis atas keberlangsungan perusahaan. Pertamina sebagai BUMN strategis bertanggung jawab untuk memastikan ketersediaan energi berkelanjutan bagi Indonesia yang merupakan negara terbesar keempat di dunia.

“Pertamina memiliki visi untuk menjadi perusahaan berskala global yang kompetitif di sektor energi. Untuk itu perlu disiapkan SDM yang berkualitas dunia,” tutur Koeshartanto.

3. Program Catalyser merupakan rangkaian program akselerasi pengembangan talent Pertamina

Kembangkan Program Catalyser, Pertamina Raih EFMD EIP Gold Award Instagram.com/@Pertamina

Menurut Koeshartanto, program Catalyser yang berlangsung dua tahun merupakan rangkaian program akselerasi pengembangan talent melalui metode blended learning, antara lain pengalaman internasional, penugasan project, pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning), serta coaching and mentoring oleh Senior Leaders.

Koeshartanto menambahkan, efektivitas program Catalyser diukur melalui peningkatan kompetensi dan keterlibatan peserta dalam project strategis, talent mobility (pergerakan/perpindahan peserta ke posisi strategis), kapabilitas kepemimpinan, dan pengembangan pribadi.

Untuk diketahui, EFMD (European Foundation for Management Development) adalah organisasi pengembangan manajemen SDM berskala global yang berpusat di Brussels, Belgia. EFMD merupakan badan akreditasi internasional untuk business schools dan corporate learning dengan lebih dari 900 anggota di 91 negara.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya