Ribuan Produk dari 100 UMKM akan Ramaikan Pertamina SMEXPO 2020

Dari kuliner hingga UMKM fashion semua ada!

Jakarta, IDN Times – Ajang Pertamina SMEXPO 2020 tinggal menghitung hari. Acara pameran virtual expo UMKM terbesar di Indonesia itu akan digelar pada 9-11 September 2020. Ada ribuan produk dari 100 UMKM binaan Pertamina dari berbagai wilayah di Indonesia akan hadir meramaikan acara tersebut.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, virtual expo ini disiapkan Pertamina sebagai ajang bangkitnya industri UMKM akibat dampak pandemik Covid-19. Tak hanya itu, acara ini juga sekaligus sebagai ajang pembuktian kualitas produk UMKM dalam negeri yang diakui banyak pihak.

“Produk-produk UMKM binaan Pertamina mempunyai kualitas yang diakui oleh pasar internasional. Jadi, kita harus maksimalkan potensi itu,” tutur Fajriyah

1. Masyarakat dapat mengakses 4 kategori besar produk UMKM di Pertamina SMEXPO 2020

Ribuan Produk dari 100 UMKM akan Ramaikan Pertamina SMEXPO 2020IDN Times/Pertamina

Untuk menarik minat masyarakat, imbuh Fajriyah, pengunjung Pertamina SMEXPO dapat menjelajahi empat kategori besar produk UMKM di Pertamina SMEXPO 2020. Keempatnya adalah Food & Beverage, Craft/Furniture, Agrobisnis, dan Fashion. Kategori itu dapat memudahkan masyarakat untuk mencari jenis barang yang diinginkan.

Setiap peserta dan kategori mempunyai keunggulan masing-masing. Fajriyah mencontohkan, untuk kuliner ada Rendang Erika dari Payakumbuh, Sumatera Barat, yang terkenal enak dan menguasai pasar rendang kering di daerahnya atau Hitara Black Garlic yang sudah diekspor ke sejumlah negara. Untuk kategori craft, salah satunya ada Neon Kreasi milik Darmawati Halik. Kerajinan itu diciptakan dari neon bekas yang disulap menjadi hiasan kaca yang cantik.

Di kategori Agrobisnis terdapat Mejuah-Juah, yaitu minyak rempah yang dipercaya mujarab dan baik untuk menjaga kesehatan. Adapun di kategori Fashion ada Tenun Ikat Bhima milik Riyan Hidayat yang cukup dapat perhatian saat mengikuti China-ASEAN Expo 2019 (Caexpo 2019) di Nanning, China. Selain itu, ada Azizah Songket milik Evan Setiawan dengan keunggulan pewarna alam yang dipakai, mulai dari akar, kulit, biji, dan kayu sehingga menghasilkan warna yang lembut dan tentunya ramah lingkungan.

2. SMEXPO 2020 dapat menjadikan UMKM MB Pertamina “melek digital”

Ribuan Produk dari 100 UMKM akan Ramaikan Pertamina SMEXPO 2020IDN Times/Pertamina

Selain kebutuhan sehari-hari, masing-masing tenant peserta Pertamina SMEXPO 2020 juga menyuguhkan produk asli wilayahnya. Dengan begitu, masyarakat dapat mendapatkan barang khas dari berbagai wilayah di Indonesia, hanya dengan mengakses laman Pertamina SMEXPO 2020 di www.pertaminasmexpo.com.

Tak hanya mempermudah masyarakat dalam berbelanja, menurut Fajriyah, Pertamina SMEXPO 2020 dapat menjadikan UMKM MB Pertamina “melek digital” dengan masing-masing produk unggulannya tersebut.

”Jika sudah menguasai dunia digital, maka akan mudah memasarkan produknya ke penjuru daerah di Indonesia bahkan dunia,” tutur Fajriyah.

3. Pertamina SMEXPO 2020 diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional

Ribuan Produk dari 100 UMKM akan Ramaikan Pertamina SMEXPO 2020IDN Times/Pertamina

Gelaran Pertamina SMEXPO 2020 ini merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

“Di mana diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Fajriyah.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya