Bor Sumur Maha-2, Pertamina Temukan Gas di Blok West Ganal

Hal ini temuan besar di Sumur Eksplorasi-Appraisal Maha-2

Jakarta, IDN Times – Pertamina Hulu West Ganal, salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), mengumumkan bahwa dalam Joint Venture dengan Participant Interest (30%) bersama Eni West Ganal Ltd  sebagai operator (40%) dan Neptune Energy West Ganal B.V. (30%) di Blok West Ganal telah menghasilkan penemuan gas di sumur Eksplorasi Maha-2 di lepas pantai Kalimantan Timur.

1. Maha-2 ialah bagian komitmen pasti pengeboran di Blok West Ganal

Bor Sumur Maha-2, Pertamina Temukan Gas di Blok West GanalSumur Maha-2 di Blok West Ganal. (Dok. Pertamina)

Maha-2 adalah sumur eksplorasi-appraisal laut dalam (deep water) yang merupakan bagian dari komitmen pasti kegiatan pengeboran di blok West Ganal. Pengeboran dimulai pada 16 April 2021 dan mencapai kedalaman akhir, yaitu 2.970 meter dengan kedalaman air 1.115 meter pada 12 Mei 2021.

Maha-2 berhasil menemukan gas hidrokarbon dengan ketebalan 43 meter dan karakteristik reservoir yang sangat baik di level umur Pliocene. Dari hasil production test yang dibatasi surface facility diperoleh pencatatan aliran gas sebesar 34 mmscfd yang merupakan salah satu penemuan besar (big fish) sumber daya gas dan pertama pada 2021 oleh PHI. 

Baca Juga: Kalahkan Pelita Jaya, Satria Muda Pertamina Jadi Kampiun IBL 2021

2. Penemuan gas di Maha-2 sejalan dengan strategi Pertamina

Bor Sumur Maha-2, Pertamina Temukan Gas di Blok West GanalKantor Pusat PT Pertamina (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Produksi gas dari lapangan Maha direncanakan akan disambungkan ke dalam fasilitas Jangkrik Floating Production Unit (FPU) sehingga dapat memaksimalkan sinergi dan optimisasi waktu serta biaya pengembangan fasilitas subsea. 

Untuk diketahui, penemuan ini sangat penting dalam mendukung pencapaian target produksi Indonesia 1 mmbopd minyak dan 12,3 bcfpd gas pada  2030 yang sejalan dengan strategi Pertamina dalam membangun strategic partnership dan pengembangan migas laut dalam.

3. Begini komitmen Pertamina pada pengeboran

Bor Sumur Maha-2, Pertamina Temukan Gas di Blok West Ganalblokberita.com

Tahun 2020 PHI mencatatkan kinerja positif dengan realisasi produksi minyak 51,9 mbopd dan realisasi produksi gas sebesar 728 mmscfd. PHI sebagai Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina terus berkomitmen melakukan pengeboran dengan prioritas pada aspek HSSE dan operational excellence untuk menjaga keberlanjutan operasi dan produksi migas kedepan.(WEB)

Baca Juga: Satria Muda Pertamina Juara IBL 2021

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya