117 UMKM Ikuti Pelatihan Online Bisnis Model Canvas Pertamina

Berbagai UMKM dari berbagai daerah mengikuti pelatihan itu

Jakarta, IDN Times – Pertamina menggelar pelatihan Bisnis Model Canvas bagi 117 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia. Pelatihan yang diselenggarakan bersama Rumah Kreatif BUMN (RKB) Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, ini dilakukan secara online dengan trainer Dian Pratiwi S.M.B., M.M, Dosen Muda Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau pada pekan lalu.

Bisnis Model Canvas (BMC) merupakan alat dalam strategi manajemen untuk menerjemahkan konsep, konsumen, infastruktur, maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual. Konsep BMC ini mengandalkan gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil terhadap ide-ide konsumen mereka, pengeluaran biaya, cara kerja usahanya, dan sebagainya.

Para pelaku usaha mudah membuat model bisnis tersebut karena cenderung lebih dekat dengan pelanggan, mengetahui siapa pelanggan, dan bagaimana menjaga hubungan bersama pelanggan dengan diimbangi penjagaan proporsi nilai produk/jasa yang ditawarkan.

"Beberapa masalah yang ditemui oleh UMKM, seperti cara mengatur keuangan, mengatur pemasaran, mendistribusikan barang, menentukan target pasar, dan mendapatkan pelanggan dapat diminimalisasi dengan pembuatan BMC," ujar Dian.

Dian menambahkan UMKM dapat memanfaatkan BMC untuk bertahan karena bisa membuat pelaku UMKM mampu menangkap peluang bisnis yang dapat diambil, seperti salon kecantikan yang berubah menjadi usaha retail penjual produk kecantikan dan usaha-usaha lainnya.

 

1. Cerita peserta begitu antusias mengikuti pelatihan online Pertamina

117 UMKM Ikuti Pelatihan Online Bisnis Model Canvas PertaminaIDN Times/Pertamina

Banyak dari peserta pelatihan online ini sangat antusias dan mengapresiasi program training ini di antaranya, Fiona Windika dari Kepulauan Meranti dan Desrita Wenni dari Dumai yang berharap program ini dilaksanakan tiap bulan dan dapat memotivasi para pengusaha kecil

“Kami sangat berterima kasih karena dari pelatihan ini kami bisa memikirkan langkah apa yang akan diambil dalam keadaan seperti ini,” ujar Sri Ratna dari Ogan Ilir.

2. Kemampuan pelaku UMKM dapat meningkat berkat pelatihan seperti ini

117 UMKM Ikuti Pelatihan Online Bisnis Model Canvas PertaminaIlustrasi UMKM/lintas24.com

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan pelatihan secara online menjadi model baru untuk meningkatkan kemampuan bisnis pelaku UMKM.

"Trennya ke depan memang semua aktivitas pemberdayaan UMKM dilakukan secara online, sehingga lebih banyak peserta yang bisa ikut serta tanpa dibatasi wilayah," ujar Fajriyah.

3. Masyarakat sangat membutuhkan UMKM saat pandemik

117 UMKM Ikuti Pelatihan Online Bisnis Model Canvas PertaminaIDN Times/Pertamina

Fajriah mengatakan, UMKM sangat diandalkan saat pandemik karena sangat dibutuhkan masyarakat.

"UMKM juga tidak bergantung pada barang impor melainkan memanfaatkan sumber daya lokal dan beberapa UMKM tidak bertumpu dengan pendanaan dari bank," tutur Fajriyah.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya