Mau Lari Sekaligus Donasi? Yuk Ikutan Pertamina Virtual Eco Run 2020!

Kali ini donasi diberikan bagi sobat disabilitas

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka menyambut HUT ke 63, PT Pertamina (Persero) kembali mengajak masyarakat pencinta lari untuk ikut serta dalam Pertamina Eco Run. Tahun ini, Pertamina Eco Run berbeda karena prosesnya berlangsung secara virtual, mulai dari pendaftaran, mengikuti challenge sesuai dengan jarak, melakukan pencatatan jarak yang ditempuh dan berlari secara mandiri di lokasi masing-masing.

Bertajuk Pertamina Virtual Eco Run 2020, Energy to Energize, Pertamina mengajak masyarakat untuk tetap semangat menjaga kesehatan dengan berlari dan berolahraga secara mandiri, sambil berdonasi untuk sobat disabilitas peduli lingkungan. Pendaftarannya sendiri dibuka mulai 2–17 November 2020 dan ditandai dengan press conference secara virtual pada Senin, 2 November 2020 dan dihadiri VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, perwakilan Sobat Disabilitas Yayasan Kumala Abah Dindin, Dokter Olahraga SPPOI Eminance dr Andhika Raspati, perwakilan Race Director Indonesia Muda Road Runner Satrio Guardian dan perwakilan Pertamina Runners Brahmantyo Satyamurti Poerwadi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan Pertamina Virtual Eco Run tetap mengusung semangat pelestarian lingkungan seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Melalui Pertamina Virtual Eco Run 2020, Pertamina menggalang solidaritas peserta untuk berdonasi membantu komunitas penyandang disabilitas dalam membangun fasilitas produksi daur ulang 5R (Reuse, Reduce, Recycle, Resale, Reshare) di beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang berada di bawah binaan Yayasan Kumala dan 10 yayasan lainnya yang berlokasi di berbagai wilayah di Indonesia.

“Sobat disabilitas peduli lingkungan dipilih Pertamina karena mereka merupakan elemen masyarakat yang rentan terdampak Covid-19. Dengan berdonasi di Pertamina Virtual Eco Run 2020, salah satu cara agar bisa bantu mereka bangkit kembali,” ujar Fajriyah saat Press Conference Pertamina Virtual Eco Run.

Baca Juga: Masih Tergolong Muda, 9 Orang Tempati Posisi Strategis di Pertamina

1. Cara ikutan Pertamia Virtual Eco Run bisa dimulai dari mengunduh aplikasi MyPertamina

Mau Lari Sekaligus Donasi? Yuk Ikutan Pertamina Virtual Eco Run 2020!Acara Press Conference Pertamina Virtual Eco Run 2020, Senin (2/11)/Dok. Pertamina

Race Director Indonesia Muda Road Runner Satrio Guardian menjelaskan bahwa untuk menjadi peserta Pertamina Virtual Eco Run 2020, masyarakat harus mengunduh aplikasi MyPertamina serta melakukan aktivasi dengan pembelian produk Pertamina, yakni BBM Pertamax/
Pertamax Turbo/Pertamina Dex dalam rangka pengumpulan poin. Untuk memperoleh voucer pendaftaran Pertamina Virtual Eco Run, calon peserta perlu menukarkan 63 poin MyPertamina.
Voucer tersedia selama periode pendaftaran.

“Jumlah poin tersebut tidak sulit didapatkan, karena hanya dengan pembelian 4 liter Pertamax pun, misalnya, calon peserta sudah dapat mengumpulkan 100 poin,” ungkap Satrio.

2. Selanjutnya kamu bisa membuat akun di www.pertaminaecorun.com

Mau Lari Sekaligus Donasi? Yuk Ikutan Pertamina Virtual Eco Run 2020!Suasana di garis finis saat Pertamina Eco Run digelar tahun lalu/Karsa Adiguna

Selanjutnya, peserta dapat membuat akun untuk registrasi dan submit hasil berlari di www.pertaminaecorun.com. Setelah itu peserta melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri, memilih nominal donasi, dan memasukkan kode voucer dari aplikasi MyPertamina. Setelah melakukan pembayaran donasi, peserta dapat mengikuti challenge sesuai dengan jarak dan periode berlari yang telah ditentukan.

“Jarak lari akan dicatat secara virtual melalui aplikasi favorit masing-masing peserta, baik dalam multiple run maupun real-time run,” kata Satrio

3. Kamu bisa ikutan multiple run dan real time run di Pertamina Virtual Eco Run 2020

Mau Lari Sekaligus Donasi? Yuk Ikutan Pertamina Virtual Eco Run 2020!Penyerahan hadiah bagi para pemenang Pertamina Eco Run 2019/Karsa Adiguna

Satrio menambahkan, pada periode multiple run, peserta dapat berlari dalam kurun waktu 21 hari mulai 20 November - 10 Desember 2020 di lokasi masing-masing dan mengumpulkan jarak tempuh lari sejauh 10 km. Adapun pada sesi real time run, peserta akan berlari sepanjang 5 km secara serentak di lokasi masing-masing pada waktu yang bersamaan, yakni 13 Desember 2020 mulai pukul 05.00 WIB. Selanjutnya, peserta dapat mengunggah hasil berlari yang akan diakumulasikan secara otomatis serta dapat dilihat pada leaderboard di www.pertaminaecorun.com.

Kepada calon peserta, Dokter Olahraga SPPOI Eminance, dr. Andhika Respati, mengingatkan Pertamina Virtual Eco Run 2020 merupakan ajang lari untuk happy dan sehat, bukan untuk pertaruhan. Jadi harus menerapkan protokol kesehatan, termasuk jaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

"Di era pandemik semua mengalami efek. Tidak hanya yang hobi lari, tetapi juga atlet
profesional. Performa dan kebugaran menurun, terutama saat berolahraga menggunakan masker," ujar Andhika. CSC

Baca Juga: Pertamina Jalankan Green Energy 2020 untuk Jawab Tantangan Masa Depan

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya