Kontribusi Pemerintah terhadap Seni Budaya di Jabar, Cinta Budaya!

Pemerintah memberikan atensi penuh

Budaya ibarat darah yang mengalir ke nadi kita dan melekat kuat di identitas kita sebagai warga Indonesia. Oleh karena itu, kita perlu bangga serta merawat kebudayaan lokal. Salah satu caranya adalah dengan tetap melaksanakan acara kebudayaan.

Nah, pemerintah Provinsi Jawa Barat ternyata juga getol memberikan apresiasi terhadap seni budaya di Jawa Barat. Seperti apa, sih? Simak di artikel ini selengkapnya.

Baca Juga: Cycling de Jabar: Cetak Atlet Balap Sepeda hingga Jadi Potensi Wisata

1. Desa Cijayanti lestarikan seni budaya Sunda dalam rangka perayaan HUT-nya

Kontribusi Pemerintah terhadap Seni Budaya di Jabar, Cinta Budaya!Desa Cijayanti gelar helaran budaya (Jabarprov.go.id)

Pada Selasa (30/5/2023) hingga Rabu (31/5/2023), digelar gelaran budaya dan berbagai lomba demi melestarikan seni budaya Sunda. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Bogor ke-541 dan hari jadi Desa Cijayanti ke-96. Kepala Desa Cijayanti H. Ahmad Paojan juga ingin menyadarkan kembali kepada masyarakat betapa luar biasanya budaya Sunda sekaligus menurunkan warisan kebudayaan kepada anak cucu.

Ada berbagai gelaran seni budaya Sunda, seperti lomba dongdang, lomba tari-tarian Sunda, upacara adat sedekah bumi, lomba pupuh Sunda, fashion show Sunda, Tarawangsa dan Karinding. Tak cukup sampai di perlombaan saja, ke depannya juga bakal dibentuk paguyuban kesenian di desa Cijayanti.

Hal senada juga diucapkan Kholili Setiawan, selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Cijayanti, lewat gelaran ini masyarakat kembali diingatkan mengenai budaya Sunda, terutama kaum muda. Diharapkan nantinya ada harmonisasi antara pemerintah, masyarakat, hingga stakeholder dalam membangun Kabupaten Bogor.

2. Atalia Praratya Ridwan Kamil mengapresiasi acara Gelar Kain Nusantara 2023

Kontribusi Pemerintah terhadap Seni Budaya di Jabar, Cinta Budaya!Gelar kain nusantara 2023 (Jabarprov.go.id)

Pada Rabu (31/5/2023) lalu, Atalia Praratya Ridwan Kamil selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat mengapresiasi acara Gelar Kain Nusantara 2023. Acara ini diselenggarakan di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung. Menurutnya gelaran ini bisa mendongkrak minat masyarakat untuk bangga menggunakan produk dalam negeri.

Atalia juga menuturkan bahwa ekonomi kreatif ini harus dibantu semua pihak agar makin dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, nantinya bisa menjadi produk kebanggaan Indonesia yang bisa dilestarikan. Selain itu, kolaborasi berbagai pihak bisa jadi modal utama mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Jabar.

Lantas ada apa saja sih di Gelar Kain Nusantara 2023? Kamu bisa menemukan berbagai macam produk dari pengrajin. Produknya pun beraneka macam, dari mulai batik, tenun, bordir, dan kerajinan tangan. Tak hanya itu saja, ada juga workshop, talk show, dan handycraft. Menarik bukan?

3. Konser Jabar X Melbourne Symphony Orchestra

Kontribusi Pemerintah terhadap Seni Budaya di Jabar, Cinta Budaya!Konser Jabar X Melbourne Symphony Orchestra (Jabarprov.go.id)

Pada Rabu malam (17/5/2023) diselenggarakan kolaborasi budaya dalam konser Jabar X Melbourne Symphony Orchestra. Acara ini diselenggarakan di Auditorium Universitas Parahyangan, Kota Bandung. Grup musik Samba Sunda mewakili Jawa Barat, yang kemudian berkolaborasi secara apik melalui sajian karya komponis internasional Melbourne Symphony Orchestra.

Bahkan, sejumlah anak muda Jabar yang lolos seleksi dalam kegiatan Youth Music Camp 2023 juga turut serta dalam konser orkestra tersebut. Konser yang perdana digelar di Jabar ini jadi bukti jika musik tradisional asal Jabar bisa berkolaborasi dengan musik klasik orkestra dari Victoria.

Konser orkestra ini terselenggara berkat kerja sama Pemda Provinsi Jabar, Universitas Katolik Parahyangan, Melbourne Symphony Orchestra, Jendela Ide Indonesia, Kreasi Jabar, dan Bank BJB. Sophie Galaise, Managing Director MSO, pun turut berterima kasih kepada Pemda Provinsi Jabar karena telah memberikan kesempatan MSO untuk menggelar konser di Bandung.

Tak disangka ternyata pemerintah Provinsi Jawa Barat selalu mendorong warganya untuk mencintai seni dan budaya lokal, ya! Gak heran kalau #JabarJuara, semoga daerah lain juga bisa mengekor keberhasilan Jabar.

Baca Juga: Mengenal Alat Musik Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat

Nara Yana Photo Verified Writer Nara Yana

Dog lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya