Comscore Tracker

[BREAKING] 20 Tuntutan Napi Usai Rusuh di Lapas Narkotika Langkat  

Narapinda minta pungli di dalam lapas dihapuskan

Langkat, IDN Times - Suasana mencekam yang sempat melanda Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas III Kabupaten Langkat, Sumatera Utara  perlahan kondusif, Kamis (16/5).

Pasukan TNI berhasil merangsek masuk ke dalam Lapas dan menertibkan para napi secara persuasif. Napi dan tahanan juga berhasil dibujuk untuk kembali ke dalam sel masing-masing.

Namun, sebelumnya mereka sudah melakukan mediasi dengan perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Utara.

Dengan pengawalan dari Marinir dan Raider 100, para napi dan tahanan menyampaikan tuntutan mereka kepada Kadiv Administrasi Indah Rahayu Ningsih dan Kadiv Imigrasi Icon Siregar. Para napi menyampaikan sekitar 20 tuntutan.

Di antara tuntutan itu adalah perbaikan perlakukan sipir dan penghapusan pungli di penjara.

“Semua sudah kita kendalikan. Seluruh permintaan warga binaan kami terima, akan kami laporkan ke pusat. Seluruh permintaan kami ikuti,” kata Indah.

Pihak Lapas bersama Kemenkum HAM akan segera menggelar rapat untuk membahas soal kericuhan ini. Termasuk upaya perbaikan Lapas.

Soal jumlah napi yang kabur, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian. Pendataan untuk napi yang kabur masih terus dilakukan.

“Jumlah dari kepolisian saya minta ada 80, sudah kembali 60, jadi ada sisa 30, tapi data itu belum valid ya," ucap Indah.

Sebelumnya para napi mengatakan,  kericuhan dipicu oleh sikap arogan petugas Lapas. Terkait hal ini, Indah mengatakan, pihaknya tak segan-segan menindak petugas yang bersikap kasar kepada napi.

“Kalau ada sipir yang bertindak arogan, kami akan tindak. Karena Kementerian Hukum dan HAM sudah tidak main-main lagi untuk melakukan pelayanan kepada  warga binaan,” ungkapnya.

Saat ini, kata Indah, Lapas yang dipimpin Bahtiar Sitepu itu sudah aman. Para napi sudah kembali ke sel masing-masing. Pihaknya juga sudah memberikan konsumsi kepada napi.  

“Warga binaan sudah aman dan tidak ada gejolak lagi. Doakan semoga sarana dan prasarana yang rusak bisa segera kita selesaikan,” pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Ternyata Kerusuhan di Lapas Langkat Dipicu Razia Narkoba 

Topic:

  • Sunariyah

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 01:00:04

Progress: 749.373 dari 813.350 TPS (92.13414%)

Just For You