Comscore Tracker

TKA Tiongkok Tidak Bisa Masuk Indonesia, Proyek PLTA Batangtoru Mandek

Ada 124 TKA Tiongkok di proyek PLTA Batangtoru

Medan, IDN Times - Virus corona atau Coronavirus Deasease (Covid-19) berdampak pada banyak sektor, termasuk pembangunan infrastruktur di Indonesia. Seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru, Sumatera Utara, yang terhambat lantaran pengerjaan proyek itu digawangi pekerja dari Tiongkok.

Diketahui, PLTA Batangtoru dikerjakan PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE). PLTA ini sempat mendapat penolakan berbagai pihak, karena dianggap menimbulkan deforestasi dan hilangnya habitat orangutan Tapanuli, Pongo Tapanuliensis, yang diambang kepunahan. Listrik yang dihasilkan dari PLTA Batangtoru diyakini bisa mencapai 510 MW.

1. Proses pembangunan terhenti karena pekerja Tiongkok pegang peranan penting

TKA Tiongkok Tidak Bisa Masuk Indonesia, Proyek PLTA Batangtoru MandekSejumlah warga terlihat berjalan di areal proyek PLTA Batangtoru berkapasitas 510 MW (IDN Times/Prayugo Utomo)

Penasihat Senior untuk Komisaris Utama PT NSHE  Emmy Hafild mengatakan, saat ini PLTA Batangtoru dikerjakan lebih dari 1.200 orang. Di antara jumlah tersebut, ada sekitar 124 warga negara Tiongkok.

Virus corona membuat pekerja Tiongkok tidak bisa pulang ke Indonesia hingga kini. Sehingga proyek pembangunan PLTA Batangtoru belum bisa dilanjutkan. Karena WN Tiongkok menjabat sebagai team leader dari sejumlah divisi penting.

“Mereka membangun tunnel (terowongan) di pembangkit itu, sampai sekarang mereka masih di Tiongkok,” ungkap Emmy, Sumut, Selasa (18/2).

Baca Juga: Pulang dari Tiongkok-Taiwan, 31 Orang di Sumsel Jalani Pengawasan

2. Para pekerja kembali ke Tiongkok untuk liburan Tahun Baru Imlek

TKA Tiongkok Tidak Bisa Masuk Indonesia, Proyek PLTA Batangtoru MandekIlustrasi medik di ruang isolasi di RS Wuhan, Foto diambil tanggal 16 Februari 2020. (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Emmy menjelaskan, puluhan pekerja PLTA Batangtoru kembali ke Tiongkok sebelum Tahun Baru Imlek.

Namun saat mereka akan kembali ke Indonesia, pemerintah Tiongkok melarangnya, untuk menekan potensi penyebaran wabah virus corona.

3. Belum tahu kapan para pekerja Tiongkok akan kembali ke Indonesia

TKA Tiongkok Tidak Bisa Masuk Indonesia, Proyek PLTA Batangtoru MandekSeorang pekerja memakai baju pelindung sebelum masuk ke laboratorium di pusat kontrol dan pencegahan penyakit, saat negeri tersebut sedang terjadi penularan virus corona di Taiyuan, provinsi Shanxi, Tiongkok, pada 14 Februari 2020. (ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS)

Hingga sekarang, NSHE belum bisa memastikan para pekerja asal Tiongkok akan kembali ke Indonesia. Mereka masih menunggu wabah virus corona musnah.

PLTA Batangtoru berada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. PLTA berkapasitas 510 Megawatt itu merupakan bagian dari proyek strategis listrik nasional 35.000 Megawatt, yang sudah dicanangkan pemerintah. PLTA itu ditargetkan mulai beroperasi pada 2022.

Hingga saat ini, pengerjaan proyek PLTA Batangtoru sudah sampai pada land clearing, pembangunan basecamp yang sudah rampung, dan akses untuk pembuatan tunnel.

Baca Juga: WNI di Kapal Pesiar Berisiko Tertular Virus Corona Jika Tak Dievakuasi

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya