Wacana KLB di Sibolangit, Demokrat Sumut Lapor ke Polrestabes Medan

Minta polisi membubarkan acara diduga KLB Demokrat

Medan, IDN Times – Tensi politik di Partai Demokrat kian memanas. Upaya pendongkelan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai ketua umum semakin kentara. 

Wacana Kongres Luar Biasa (KLB) pun mencuat. Bukan di Jakarta, melainkan di Sumatra Utara. Informasi yang dihimpun, ada sejumlah pentolan dan mantan kader diduga terlibat dalam KLB yang dikabarkan akan digelar di salah satu hotel di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

DPD Demokrat Sumut pun berang. Mereka melaporkan soal kabar itu ke Polrestabes Medan Kamis (4/3/2021) malam tadi. Mereka juga sudah mengumpulkan sejumlah bukti.

“Kami dari DPD Partai Demokrat Sumut bersama dengan para ketua DPC melaporkan kepada Polrestabes Medan, di mana kit ketahui bersama, ada KLB ilegal di hotel The Hill, Sibolangit. Di mana itu adalah wilayah hukum Polrestabes Medan,” ungkap Ketua DPD Demokrat Sumut Herri Zulkarnain, Kamis (4/3/2021) malam.

1. Demokrat Sumut minta polisi membubarkan acara diduga KLB ilegal

Wacana KLB di Sibolangit, Demokrat Sumut Lapor ke Polrestabes MedanHerri Zulkarnain (kiri) (Dok.IDN Times/istimewa)

Herri pun sudah mengutus anggotanya ke lokasi yang dimaksud. Di sana memang terlihat sejumlah tanda-tanda akan digelarnya acara KLB. Bahkan mereka mendengar kabar jika KLB akan digelar mulai hari ini hingga 6 Maret 2021.

“Kami meminta polisi untuk dibubarkan demi hukum. Karena tidak sesuai dengan kehormatan dan kedaulatan Partai Demokrat,” tegasnya.

Baca Juga: Marzuki Alie Polisikan AHY dan 4 Elite Partai Demokrat Soal Kudeta

2. Ada nama Kepala KSP Moeldoko ikut hadir dalam KLB ?

Wacana KLB di Sibolangit, Demokrat Sumut Lapor ke Polrestabes MedanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Di beberapa grup percakapan sempat tersebar foto diduga manifes penerbangan. Dalam lembaran diduga manifes itu, terdapat nama Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko. Nama Moeldoko memang santer disebut dalam isu pendongkelan di Demokrat.

Herri belum bisa memastikan. Dia juga mendengar soal kehadiran Moeldoko lewat kabar yang beredar. “Infonya demikian,” ujar Herri.

3. Besok Demokrat Sumut akan apel siaga

Wacana KLB di Sibolangit, Demokrat Sumut Lapor ke Polrestabes Medan(Ilustrasi logo Partai Demokrat) Screen shot Youtube

Demokrat Sumut pun berencana, menggelar apel siaga di sekretariat mereka, Jumat (4/3/2021) pagi. Apel itu akan diikuti seluruh DPC Demokrat di Sumut.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Medan Burhanuddin Sitepu mengatakan jika mereka dengan tegas menolak diduga KLB ilegal itu. Dia pun mengatakan, ternayata kepolisian juga tidak mengetahui ada acara diduga KLB Demokrat di Sibolangit.

“Ternyata dari pihak kepolisian tidak ada. Apakah itu ada acara lain juga gak ada. Artinya apa, disinyalir ini kongres yang dibungkus dengan acara lain,” ujar Burhanuddin.

Sebelumnya, di tengah gencar isu kudeta terhadap AHY, Partai Demokrat memberikan sanksi pemecatan kepada sejumlah kader yang diduga terlibat dalam upaya tersebut. Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan pemecatan sudah sesuai keputusan dan rekomendasi Dewan Kehormatan PD.

“Dengan diberhentikan tetap dan dicabutnya keanggotaan Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib dan Ahmad Yahya, serta Marzuki Alie, maka hak dan kewajibannya sebagai Anggota Partai Demokrat tidak berlaku lagi, termasuk larangan bagi mereka untuk menggunakan seragam, atribut, simbol, lambang dan identitas Partai Demokrat," kata Herzaky dalam keterangan tertulis yang disampaikan pada Jumat (26/2/2021) lalu.

Baca Juga: Bareskrim Tolak Laporan Marzuki Alie Polisikan AHY

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya