Comscore Tracker

Baru Rilis, YouTube Rewind Indonesia 2018 Tuai Kritikan, Kenapa?

Padahal sudah pakai efek CGI, tapi masih banyak yang kritik

Setelah sempat tidak rilis di tahun lalu, Youtube Rewind Indonesia hadir kembali dengan konsep yang lebih fresh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Buat yang sudah nonton, pasti kalian melihat beberapa youtubers baru yang mungkin belum. Kemunculan wajah baru ini sesuai dengan tema yang diusung yaitu "Rise".

Hingga tulisan ini dibuat, sudah ada 1,527,625 viewers dengan 263K like dan 47K dislike. Angka dislike yang terbilang cukup tinggi dibandingkan dislike pada video Youtube Rewind Indonesia 2016, dibarengi dengan cukup banyak respon ketidakpuasan netizen di kolom komentar. Bahkan diantaranya berpendapat bahwa Youtube Rewind Indonesia di tahun sebelumnya lebih memuaskan. Ada apa ya?

1. Absennya YouTubers senior dalam penggarapan YouTube Rewind Indonesia 2018 diduga penyebab ketidakpuasan netizen

Baru Rilis, YouTube Rewind Indonesia 2018 Tuai Kritikan, Kenapa?youtube.com

Kemunculan wajah baru dalam video YouTube Rewind Indonesia dinilai sebagai sesuatu yang unik dan menarik bagi netizen. Kontribusi ini dinilai bagus oleh netizen supaya masyarakat dapat mengenal youtubers lainnya yang tidak kalah dengan YouTuber senior yang sudah lebih lama berkecimpung di dunia YouTube. Sayangnya, tidak nampak YouTubers senior dalam video yang baru rilis kemarin itu.

Netizen mempertanyakan keberadaan youtubers senior Indonesia seperti Chandra liow, Miawaug, Edhozell, Aulion, Bayu skak, Reza Arap ataupun youtubers lawas lainnya yang tak terlihat di video. Seperti yang disampaikan oleh salah satu netizen dengan akun sans sans:

"Kurang last day production , team2one , duo harbatah dan youtubers” yang mewarnai ranah youtube indonesia ini sejak awal berkembang :( berasa ada yang hilang rasanya :(. But overall ini YTR yang keren,good job team"

2. Visualisasi kurang smooth, musik tanpa campur tangan eka gustiawana juga dirasa hambar

Baru Rilis, YouTube Rewind Indonesia 2018 Tuai Kritikan, Kenapa?youtube.com

Dugaan netizen, ketidakikutsertaan para Youtubers senior dalam pembuatan video inilah yang menyebabkan kualitas visual dan musik dalam video Youtube Rewind Indonesia 2018 kurang memuaskan. Banyak kritik menyasarkan pada efek transisi yang dirasa cukup kasar. Selain itu, netizen juga merasa jika musik di dalam Youtube Rewind Indonesia 2018 kurang nampol tanpa sentuhan komposer muda indonesia, Eka Gustiwana. Salah satu netizen, vansking berkomentar

"Konsep nya udah dapet banget, menurut saya yang kurang dari musik nya sih. Di tahun sebelumnya pake musik mashup itu enak dan pas banget lah, karena eka gustiwana yang jadi musik composer nya"

Pendapat lain mengatakan kalau lagu yang digunakan dalam Youtube Rewind Indonesia 2018 lebih banyak menggunakan lagu-lagu di tahun 2017, seperti yang dikatakan oleh salah satu netizen dengan nama akun Anonym sosio

"Musicnya gak terlalu masuk ya, trend 2018 kurang terbawa... masih banyak di 2017nya"

Namun ada pula yang berpendapat kalau ini merupakan suatu kebetulan, dimana lagu-lagu yang muncul di tahun 2016 lebih mudah untuk diaransemen. Sehingga menurut netizen, ini yang menjadikan musik di Youtube Rewind Indonesia 2018 terasa kurang menggugah, disamping juga karena tanpa aransemen Eka Gustiwana.

3. Dikaitkan dengan drama yang terjadi diantara Ericko Lim dan Reza 'Arap' Oktovian

Baru Rilis, YouTube Rewind Indonesia 2018 Tuai Kritikan, Kenapa?instagram.com/ericko_lim/

Bagi yang belum tahu, sutradara dari Youtube rewind indonesia 2018 ini adalah Ericko Lim, salah satu Youtubers indonesia yang terkenal dengan kontennya yang kontroversial dan tengah berseteru dengan Reza Arap Oktovian. Pada akhirnya, netizen membandingkan kinerja Ericko Lim yang menurut mereka tak lebih bagus dalam penggarapan Youtube Rewind Indonesia tahun ini dibandingkan dengan Youtube Rewind Indonesia 2016 yang merupakan karya Reza Arap bersama Chandra Liow.

Namun banyak pula netizen yang menghargai usaha Ericko Lim dalam menggarap Youtube Rewind Indonesia 2018, meski mungkin dirasa belum terlalu ahli dan sebagus hasil karya Reza Arap. Seperti yang disampaikan oleh salah satu netizen, Adam Orlando 

"Respect for erick, maybe you're not captain, but this is your years"

Baca Juga: 5 Momen Internet yang Luput Dari Perhatian YouTube Rewind 2018

4. Meski menerima banyak kritik, Netizen juga dibuat kagum dengan efek CGI yang dihadirkan dalam video. Menakjubkan!

Baru Rilis, YouTube Rewind Indonesia 2018 Tuai Kritikan, Kenapa?youtube.com

Konsep berbeda yang sangat tampak di dalam video Youtube Rewind Indonesia tahun ini adalah penggunaan efek CGI di beberapa scene nya. Salah satu contohnya adalah scene dimana Atta Halilintar sedang 'grebek' rumah seseorang, dan ketika masuk terlihat dirinya seakan berada di sebuah tempat antah berantah dengan bebatuan di sekitarnya. Ini menambahkan kesan modern karena kecanggihan teknologi yang semakin berkembang dan kekinian banget!

5. Meski Gak ikut terlibat, Edhozell mereview dan berkomentar tentang Youtube Rewind Indonesia 2018. Apa ya katanya?

https://www.youtube.com/embed/Tl39SM--gqI

Ketika mereview, Edhozell nampak beberapa kali terlihat terkesima dengan efek CGI yang dipakai dalam video Youtube Rewind Indonesia 2018. Dirinya juga memuji kinerja para youtubers yang ikut berkontribusi di dalamnya. Di akhir video, Edhozell mengucapkan terimakasih kepada para Youtubers yang bersedia meneruskan Youtube Rewind Indonesia setelah sebelumnya sempat terhenti di tahun 2017.

Gimana menurut kalian? Apakah kalian juga merasa ada yang kurang pas, atau sudah sangat puas dengan hasilnya? Apapun itu, yuk kita hargai hasil jerih payah para Youtubers keren kita karena sudah berhasil membuat penutup tahun 2018 dengan video yang kece banget. Maju terus Youtubers berbakat indonesia!

Baca Juga: 10 Potret Jovi & Dovi, Kakak Adik yang Masuk YouTube Rewind Dunia

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

"Your life is like a blank page. You write on it" - Donald Miller-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You