Jumlah Wisatawan di Kalimantan Menurun Drastis

Karena situasi kabut yang sangat tebal dan tempat wisata yang ikut terbakar. 

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan membuat pemilik agen perjalanan resah. Kalimantan mempunyai dua destinasi wisata yang digemari banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Kedua destinasi wisata ini adalah Derawan di Kalimantan Timur dan Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah. 

Jumlah Wisatawan di Kalimantan Menurun Drastis Sumber Gambar: derawan.net

Penurunan jumlah paket wisata ini diperkirakan dari 50 persen hingga 100 persen. Dilansir Kompas.com, Co-Founder Kakaban Trip, Abdul Malik mengatakan biasanya mereka dapat membawa 80 orang ke Derawan dalam sebulan, kini berkurang hingga 50 persen. Abdul menambahkan bahwa dalam setiap keberangkatan, hampir 6-8 orang membatalkan perjalanan. Sisanya tetap melanjutkan perjalanan walaupun dengan keadaan kabut asap akibat kebakaran hutan. 

Jumlah Wisatawan di Kalimantan Menurun Drastis Sumber Gambar: bintangtour.co.id

Wisatawan Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah juga menurun drastis. Selama bulan Oktober, Barama Travel tidak membawa wisatawan sama sekali. Hal ini dikarenakan ekowisata di Tanjung Puting dan Sebangau ikut terbakar dalam kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan. Banyak agen perjalanan yang tidak menerima booking karena situasi kabut yang sangat tebal dan tempat wisata yang ikut terbakar. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya