Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Ini 7 Keindahan Kota Palembang

Jangan lupa mampir!

Jakarta, IDN Times - Gelaran Piala Dunia 2018 telah usai, kini waktunya kita menyambut pesta olahraga Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September mendatang.

Seperti Jakarta, Palembang juga menyimpan banyak tempat menarik untuk dikunjungi. berikut tujuh di antaranya yang harus kamu coba:

1. Jembatan Ampera

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Ini 7 Keindahan Kota Palembangbisniswisata.co.id

Orang bilang belum sampai Palembang kalau belum mampir ke Jembatan Ampera. Dengan panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter, jembatan ini membelah Sungai Musi, sungai terpanjang di Sumatera. Nama Jembatan Ampera merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Salah satu obyek wisata utama di Kota Palembang ini kerap disandingkan dengan Golden Gate Bridge, San Fransisco, karena kemiripan bentuknya.

Baca Juga: FOTO: Begini Serunya Perjalanan Obor Asian Games 2018!

2. Kawasan Sekanak

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Ini 7 Keindahan Kota PalembangIndonesiabanget.net

Sekilas, mirip dengan Kampung Jodipan yang ada di Malang, ya? Kawasan padat penduduk di sepanjang Sungai Sekanak dulunya dianggap sebagai lingkungan yang kumuh, tepatnya di Kelurahan 27-28 Ilir, Kecamatan Ilir Barat. Namun kini tempat tersebut telah dipercantik dan disulap menjadi perkampungan mural. Warna-warna cerah dan juga lukisan 3D yang hadir di dinding-dinding kampung berhasil menarik perhatian orang untuk berkunjung ke sini.

3. Pulau Kemaro

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Ini 7 Keindahan Kota PalembangInstagram.com/goena1st

Di tengah Sungai Musi ada sebuah tempat bernama Pulau Kemaro, yang juga merupakan tempat beradanya kelenteng berbentuk pagoda sembilan lantai. Klenteng ini dibangun pada tahun 2006 dan dimanfaatkan sebagai tempat ibadah bagi umat Budha. Pulau Kemaro sarat akan kisah cinta tragis tentang seorang Putri Palembang bernama Siti Fatimah dan pangeran asal China bernama Tan Bun An, yang akhirnya tenggelam di Sungai Musi.

4. Gunung Dempo

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Ini 7 Keindahan Kota PalembangInstagram.com/ramadi_agustian

Gunung setinggi kurang lebih 3.159 mdpl ini punya pemandangan luar biasa dengan hektaran kebun teh di sekelilingnya. Selain itu terdapat sebuah kawah di bawah kaki Gunung Dempo yang unik karena airnya dapat sewaktu-waktu berubah warna. Mulai dari putih, biru, hingga kehijauan.

5. Sekolah Gajah

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Ini 7 Keindahan Kota PalembangInstagram.com/deddyhuang

Desa Perangai, Kabupaten Lahat, merupakan loaksi Sekolah Gajah, yakni tempat penangkaran sekaligus pelatihan gajah. Selayaknya sekolah, hewan berbelalai ini dilatih agar jinak dan bisa membantu pekerjaan manusia seperti mengangkut kayu barang. Tempat yang telah didirikan selama 20 tahun tersebut terletak di kaki Bukit Serelo dan berjarak sekitar 20 Km dari pusat Kota Palembang.

6.Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Ini 7 Keindahan Kota PalembangInstagram.com/rifawiyo

Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah satu-satunya hutan wisata di Palembang. Hutan seluas 50 hektar ini dilengkapi banyak spot wisata menarik yang cocok banget dikunjungi bersama keluarga. Mulai dari kebun binatang, penangkaran buaya, kegiatan berenang, piknik, baik perahu, atraksi gajah, dan lain sebagainya.

7. Tugu Belido Bukit Asam

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Ini 7 Keindahan Kota PalembangInstagram.com/jumninardo

Patung ikan belido setinggi 9 meter dan panjang 12 meter ini, terbuat dari tembaga setebal 1,2 mm, berlapis perak, dan punya berat sekitar 3 ton. Belido merupakan jenis ikan khas Sungai Musi yang keberadaannya sudah mulai jarang, karena jenis ikan ini dipilih sebagai ikon baru Kota Palembang, untuk menyadarkan masyarakat agar turut menjaga habitat tempat tinggalnya. Patung ini juga berfungsi sebagai air mancur, semprotan air akan keluar dari bagian mulut layaknya Patung Merlion, Singapura. Saat malam, patung akan disinari lampu warna-warni yang membuatnya semakin indah.

So, kalau kamu berninat datang langsung ke Palembang untuk menyaksikan pertandingan akbar Asian Games, jangan lupa berkunjung ke tempat-tempat di atas, ya!

Baca Juga: Tempuh Penerbangan 11 Jam, Api Asian Games Singgah di Yogyakarta

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya