Optimalisasi Lahan Fasum, Pemprov DKI Tanam 11.950 Pohon

Menjaga keasrian dan keindahan lingkungan DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama jajarannya melakukan penanaman ratusan pohon dan ribuan tanaman dengan total keseluruhan 11.950 pohon dalam kegiatan 'Jumat Menanam'.

Kegiatan tersebut sekaligus bentuk upaya penghijauan serta optimalisasi lahan fasilitas umum (fasum) di Jalan Laksamana Malahayati, Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (6/1/2023).

Kegiatan penanaman pohon ini berlokasi di jalur hijau kolong tol Becakayu tepian Kalimalang sepanjang 5 kilometer.

"Kami melakukan penanaman pohon di sepanjang jalur hijau bawah kolong tol Becakayu. Ini lahan punya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikelola Jasa Tirta II. Jadi ini ada dua (lahan), satunya lagi milik BPJT. Kami ingin menunjukkan bahwa lokasi tersebut harus dirawat. Sekitar ribuan tanaman kita tanam di sepanjang area kolong tol," ujar Pj Gubernur Heru, dikutip dari siaran pers, Minggu (8/1/2023).

Baca Juga: Ramai Petisi WFH, PJ Gubernur DKI: Itu Kebijakan Tiap Perusahaan

1. Kerja sama Pemkab Bekasi dan DKI Jakarta menjaga keasrian dan keindahan kolong tol Becakayu

Optimalisasi Lahan Fasum, Pemprov DKI Tanam 11.950 PohonPenjabat (Pj) Gubernur, Heru Budi melakukan kegiatan "Jumat Menanam" sebagai upaya pemanfaatan lahan Fasum di Kalimalang, Jakarta Timur. (Dok.Pemprov DKI)

Pj Heru menitipkan pesan kepada Pemkab Bekasi untuk bekerja sama dengan DKI Jakarta dalam menjaga keasrian dan keindahan kawasan kolong tol Becakayu.

Ia mengajak Bupati untuk ikut menanam pohon serta menjaga lingkungan sebagai upaya menjaga sumber air bersih di Jakarta.

"Harapannya, dengan rutin dilakukan kegiatan Jumat Menanam, lingkungan di sepanjang Kalimalang jadi semakin terjaga, bersih, dan tetap asri. Saya juga minta Jasa Tirta dan BPJT untuk kerja sama dalam menjaga kawasan ini yang juga dimanfaatkan sebagai kawasan urban farming dan mungkin ini akan dibantu pihak Pemkot Jakarta Timur untuk bisa kelola itu," kata Heru.

Baca Juga: Tinjau Persemaian Modern Rumpin, Jokowi Pastikan Penghijauan Dimulai

2. Upaya pemeliharaan dan penghijauan kawasan kolong Tol Becakayu

Optimalisasi Lahan Fasum, Pemprov DKI Tanam 11.950 PohonPenanaman 11.950 pohon yang dilakukan Pemprov DKI di kolong tol Becakayu, Kalimalang (Dok.Pemrpov DKI)

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, mendukung upaya Pemprov DKI dalam upaya pemeliharaan dan penghijauan kawasan area kolong tol Becakayu, terutama di kawasan Laksamana Malahayati, Kalimalang.

"Kami dari BPJT itu salah satu yang melakukan pengaturan ruas Tol Becakayu. Pada prinsipnya wilayah di bawah elevated structure itu memang sangat penting untuk kita pelihara. Kami sangat bahagia saat ini bisa bersama memelihara jalan tol dan saluran, maka asetnya juga pasti ikut terjaga," kata Danang.

Baca Juga: Bayar Tol Tanpa Berhenti, BPJT Pasang Tiang Sensor di Dua Ruas Ini

3. Penanaman 11.950 pohon

Optimalisasi Lahan Fasum, Pemprov DKI Tanam 11.950 PohonPenanaman 11.950 pohon yang dilakukan Pemprov DKI di kolong tol Becakayu, Kalimalang (Dok.Pemrpov DKI)

Jumlah pohon dan tanaman yang ditanam di area tersebut sebanyak 11.950 pohon. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta menanam 200 pohon, dengan rincian 100 pohon ketapang kencana dan 100 pohon tabebuya, serta 10.000 tanaman hias berupa 5.000 tanaman melati gambir dan 5.000 tanaman pilo kuning.

Kemudian, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP ) DKI Jakarta, ikut melakukan penanaman 350 pohon jambu jamaika, 100 pohon angga, 1000 cabai, 100 terong, 100 tomat, serta 100 kelapa genjah.

Program Jumat menanam akan rutin dilakukan dengan menanam berbagai jenis pohon dan tanaman hias di sejumlah wilayah DKI Jakarta.

Dalam kegiatan ini, Pj Gubernur Heru didampingi oleh  Dirut Perum Jasa Tirta II, Imam Santoso; Kepala BPJT, Danang Parikesit; Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar; Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) DKI, Suharini Eliawati; Plt Kepala Dinas Pertamanan, dan Hutan Kota (Distamhut) DKI, Afan Adriansyah; serta Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho.

Baca Juga: Kolong Tol Becakayu Dihijaukan 5 Km, Heru: Urban Farming Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya