Comscore Tracker

Cara Menlu Retno Tetap Fit Meski Sering ke Luar Negeri Saat Pandemik

Salah satunya yaitu menjaga pola makan sehat

Jakarta, IDN Times – Di tengah pandemik COVID-19, banyak orang memiliki kesempatan untuk lebih sering tinggal di rumah demi menghentikan penyebaran virus dan juga menghindarkan diri dari terjangkit. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi.

Sebagai menteri yang tugas utamanya menjalin hubungan baik antara Indonesia dengan negara lain, Retno tetap harus berinteraksi dengan perwakilan negara-negara lain. Bahkan tak jarang, ia sampai harus melakukan kunjungan ke luar negeri di tengah pandemik.

Salah satu tujuan dari kunjungannya di tengah pandemik tersebut yaitu untuk mengamankan pasokan vaksin COVID-19 untuk warga negara Indonesia.

I wish I could stay at home selama pandemik, tapi kan tidak bisa. Harus ada orang yang bekerja untuk menjamin keberlangsungan hidup orang banyak, orang lain. Mungkin saya termasuk kategori itu. Lebih in particular adalah dalam konteks mencoba mencari akses vaksin ini,” kata Retno saat diskusi dengan jurnalis dan pemimpin media perempuan Indonesia, Jumat (9/7/2021).

Lalu, apa saja tips maupun langkah kesehatan yang dilakukan Retno untuk menjaga diri agar tetap sehat dan terhindar dari virus meski harus bertemu banyak orang baik di dalam maupun luar negeri?

Baca Juga: Cerita Menlu Retno soal Perjuangan Indonesia Dapat Vaksin COVID-19

1. Menjaga protokol kesehatan

Cara Menlu Retno Tetap Fit Meski Sering ke Luar Negeri Saat Pandemik(Menlu Retno Marsudi tiba di Vientiane, Laos) www.twitter.com/@Menlu_RI

Retno mengatakan salah satu hal utama yang dilakukan untuk menjaga kesehatan saat melakukan perjalanan ke luar negeri adalah dengan memastikan dirinya menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan benar.

“Nah, biasanya yang saya lakukan ketat itu adalah mengenai protokol kesehatannya. Saya berusaha patuhi secara ketat,” kata Retno.

Adapun, hal-hal yang ia lakukan termasuk memakai masker berlapis saat di dalam pesawat atau memakai masker N95. Selain itu, ia juga selalu memakai sarung tangan untuk meminimalisir sentuhan dengan permukaan benda secara langsung.

“Pokoknya apa pun yang bisa saya lakukan untuk mengurangi risiko tertular, itu pasti saya lakukan,” katanya.

2. Berolahraga secara teratur

Cara Menlu Retno Tetap Fit Meski Sering ke Luar Negeri Saat PandemikDirjen WHO ketika bertemu dengan Menlu Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir (Dokumentasi PTRI)

Hal selanjutnya yang selalu dilakukan Retno untuk menjaga kesehatan saat pandemik COVID-19 yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur.

“Olahraga alhamdulillah cukup. Setiap hari masih lari satu jam,” kata Retno.

Baca Juga: Manis Banget, 10 Potret Stylish Menlu Retno Marsudi Pakai Bandana

3. Menjaga pola makan dan istirahat cukup

Cara Menlu Retno Tetap Fit Meski Sering ke Luar Negeri Saat PandemikMenlu AS Mike Pompeo dan Menlu Retno Marsudi (Kedutaan Besar AS di Jakarta)

Selain itu, Retno mengatakan dirinya selalu mengonsumsi makanan sehat dan mendapat istirahat yang cukup.

“Makanan, makanan saya kan juga berusaha sangat sehat. Saya gak makan karbo, saya gak makan minyak, saya gak makan gula dan sebagainya. Tidur cukup,” ujar Retno.

Ia juga tidak lupa selalu berdoa, mengingat risiko terserang penyakit adalah hal yang mudah terjadi di mana pun.

“Risiko pasti ada tapi saya berusaha,” katanya. “Insya Allah terus diparingi (diberi) sehat sehingga saya masih bisa berbuat banyak untuk membantu yang lain.”

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya