Ditunggu-tunggu Pelamar, Kapan Pendaftaran CPNS Buka?

Pendaftaran seharusnya sedang berlangsung saat ini

Jakarta, IDN Times – Momen pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja di Indonesia. Namun, pendaftaran CPNS tahun ini mengalami penundaan.

Sebelumnya, info pendaftaran CPNS dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah dimuat dalam portal resmi sscasn.bkn.go.id. Informasi tersebut meliputi tahapan dari pengumuman lowongan hingga pengumuman hasil kelulusan. Namun, revisi telah dibuat di laman tersebut.

Jika sesuai jadwal sebelumnya, pengumuman lowongan CPNS dan PPPK 2021 seharusnya sedang berlangsung saat ini.

"Kebutuhan formasi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru mulai diumumkan 30 Mei sampai dengan 13 Juni 2021," tulis laman resmi sscasn.bkn.go.id sebelum mengubah informasi tersebut.

Ketika tim IDN Times melakukan pengecekan pada menu layanan informasi laman sscasn.bkn.go.id pada Kamis (3/6/2021), juga sudah terdapat sub menu info lowongan. Hanya saja, sub menu info lowongan CPNS dan PPPK 2021 di laman resmi tersebut hingga saat ini belum bisa dibuka.

Baca Juga: Pemohon SKCK di Bandung Jelang Pendaftaran CPNS Membludak

1. Alasan penundaan

Ditunggu-tunggu Pelamar, Kapan Pendaftaran CPNS Buka?Ilustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyebutkan, penundaan tersebut karena masih menunggu persiapan rampung.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera disampaikan (jadwal pendaftaran CPNS)," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HUKIP) Kemenpan RB Mohammad Averrouce dikutip dari ANTARA, Senin (31/5/2021).

2. Belum pastikan pendaftaran kapan dibuka

Ditunggu-tunggu Pelamar, Kapan Pendaftaran CPNS Buka?Ilustrasi ujian komputer. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Hingga saat ini, pemerintah belum bisa memastikan, kapan pendaftaran rekrutmen CPNS ini dibuka kembali. Dalam surat edaran, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan alasan di balik situasi tersebut.

"Ada beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non-guru, dan PPPK Guru Tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah," tulisnya.

Oleh karena itu, Bima menyebutkan jadwal seleksi CPNS belum ditetapkan dan akan diinformasikan lebih lanjut.

Baca Juga: Pembukaan Pendaftaran CPNS Ditunda, Jadwal Belum Dapat Dipastikan

3. Ditunda karena menunggu usulan revisi penetapan kebutuhan formasi

Ditunggu-tunggu Pelamar, Kapan Pendaftaran CPNS Buka?Ilustrasi CPNS (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Selain itu, BKN menyebut alasan lain penundaan pendaftaran adalah karena masih menunggu usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) dari beberapa instansi.

Dalam surat juga tertulis, Kepala BKN meminta tiap instansi pusat dan daerah yang membuka rekrutmen wajib membentuk tim panitia seleksi pengadaan instansi, petugas verifikasi, petunjuk teknis verifikasi, dan petugas helpdesk instansi.

BKN juga menyampaikan kepada pejabat tingkat pusat dan daerah, setiap instansi yang menggunakan gedung BKN pusat, kantor regional BKN dan unit penyelenggara teknis BKN untuk lokasi ujian, wajib mengajukan usulan paling lambat sampai 4 Juni 2021.

Baca Juga: 97 Ribu Data PNS Fiktif, BKN Lakukan Pemutakhiran dengan Aplikasi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya