Indonesia Terima Bantuan untuk Penanganan COVID-19 dari India

Bantuan berupa 10 unit isotanks untuk Liquid Medical Oxygen

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali menerima bantuan dari Pemerintah India, berupa pinjaman 10 unit isotanks untuk Liquid Medical Oxygen (LMO), dengan kapasitas masing-masing 20 MT.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan, pinjaman tersebut dalam rangka membantu penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia.

Baca Juga: Waspada! Virus Corona Varian India Lebih Ganas dan Menyerang Anak-anak

1. Penyaluran isotanks

Indonesia Terima Bantuan untuk Penanganan COVID-19 dari IndiaSeorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menurut Kemlu, sebanyak 10 unit isotanks dari India tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada 24 Agustus 2021 pukul 11.00 WIB, yang diserahkan Duta Besar India untuk Indonesia Y.M. Manoj Kumar Bharti, kepada Kementerian Kesehatan yang diwakili Pelaksana Harian Kepala Pusat Krisis Kesehatan Dr. Sumarjaya.

“Menurut rencana, isotanks yang telah diserahterimakan ke Kementerian Kesehatan dimaksud, akan langsung disalurkan ke wilayah Jawa Timur, DIY, dan Sumatra, dengan dukungan fasilitas transportasi dari PT Pertamina,” tulis Kemlu di laman resminya, Selasa (24/8/2021).

2. Hibah dari India

Indonesia Terima Bantuan untuk Penanganan COVID-19 dari IndiaOrang-orang menyiapkan tiang pemakaman mereka yang meninggal karena penyakit virus corona (COVID-19), selama kremasi massal, di krematorium di New Delhi, India, Senin (26/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

Kemlu RI juga mengatakan sebelumnya pada 24 Juli 2021, pemerintah India juga telah memberikan hibah kepada Indonesia berupa 300 oxygen concentrator dan 100 MT (metrik ton) Liquid Medical Oxygen untuk penanganan COVID-19.

“Sebagai Mitra Komprehensif Strategis, yang memiliki kedekatan dari akar sejarah dan budaya, pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada pemerintah India, atas bantuan yang kembali disampaikan dalam rangka penanganan COVID-19,” tulis Kemlu RI.

Baca Juga: India Instruksikan Hapus Konten soal COVID-19 Varian India

3. Komitmen mempererat hubungan RI dan India

Indonesia Terima Bantuan untuk Penanganan COVID-19 dari IndiaPerdana Menteri India Narendra Modi saat Hari Kemerdekaan India pada 15 Agustus 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

Kemlu mengatakan Plh. Kapuskris Kemenkes juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah India atas bantuan kedua ini. Ia juga berharap kerja sama antara kedua negara terus diperkuat dan diperluas, baik saat pandemik maupun pada masa mendatang.

Selain itu, Kemlu menyatakan Dubes India untuk Indonesia dalam sambutannya saat serah terima bantuan menyampaikan, dukungan ini semakin membuktikan kedekatan kedua negara yang tidak hanya secara geografis, namun juga dalam kemitraan kerja sama bidang-bidang strategis.

“Indonesia dan India akan terus berkomitmen memperkuat dan mengembangkan kerja sama di berbagai bidang, baik dalam lingkup bilateral, regional dan multilateral, serta saling bahu-membahu dalam upaya pemulihan kondisi ekonomi dan kesehatan yang terdampak pandemik COVID-19,” jelas Kemlu.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya