Jelang Demo BEM SI, Deretan Tagar Ini Trending di Twitter

Diprediksi ada 18 kampus yang bakal bergabung dalam demo

Jakarta, IDN Times – Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan melakukan aksi demonstrasi pada Senin (11/4/2022), di Jakarta. Menjelang demo tersebut, adu tanda pagar (tagar) #MahasiswaBergerak dan #SayaBersamaJokowi sempat terjadi di dunia maya.

Selain itu, ada juga tagar BEM SI yang ramai diperbincangkan di twitter. Berdasarkan pantauan IDN times, pada pukul 08.15 WIB sudah ada sekitar 22 ribu tweet yang menggunakan tagar BEM SI.

Baca Juga: BEM SI Alihkan Lokasi Demo 11 April ke Gedung DPR

1. Isi tuntutan demonstran

Jelang Demo BEM SI, Deretan Tagar Ini Trending di TwitterTerjadi kericuhan saat aksi demo BEM SI di depan Gedung KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Tata Firza)

Melalui akun media sosialnya, BEM SI mengungkapkan bahwa lewat demo ini mereka ingin menuntut empat hal kepada anggota parlemen. Di mana pertama, mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat dan bukan aspirasi partai.

Kedua, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sesuai dengan aksi massa yang telah dilakukan di berbagai daerah dari 28 Maret 2022 hingga 11 April 2022. “Ketiga, kami mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen. Bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 ke 2027 atau menambah perpanjangan masa jabatan presiden menjadi 3 periode,” kata BEM SI.

Tuntutan keempat, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian dan 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden. Sebab, tuntutan mereka hingga saat ini belum terjawab. Tuntutan mereka antara lain meminta agar pemerintah menurunkan harga kebutuhan pokok dan Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyatakan tak lagi ingin maju di Pemilu 2024.

“Kami berharap ketua atau wakil ketua DPR bisa menemui massa aksi dan berdialog bersama,” ujar Luthfi.

2. Tagar terkait yang juga trending

Jelang Demo BEM SI, Deretan Tagar Ini Trending di TwitterTerjadi kericuhan saat aksi demo BEM SI di depan Gedung KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Tata Firza)

Selain tagar-tagar tersebut, Twitter juga diramaikan tagar #AksiNasional114 yang sudah memperoleh 2.262 tweet. Selain itu, ada juga tagar 3 Periode yang sudah memiliki 19,7 ribu tweet.

Kemudian, terdapat tagar #HargaNaikRakyatTercekik dengan 4.304 tweet.

“Negara diurus oleh orang yang hanya mementingkan diri sendiri dan tidak berpihak kepada rakyat, statement mereka tidak mencerminkan sebagai seorang pemimpin,” tulis akun @Mayasar64009002.

“Pantas saja semakin lama semakin terpuruk #HargaNaikRakyatTercekik #AksiNasional114 #AksiNasional114,” tambahnya dalam postingan yang sama.

Baca Juga: Jelang Demo 11 April, Koordinator BEM SI Ngaku Akun Medsos Diretas

3. Lokasi demo berubah

Jelang Demo BEM SI, Deretan Tagar Ini Trending di TwitterTerjadi kericuhan saat aksi demo BEM SI di depan Gedung KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Tata Firza)

Dalam demo ini, Aliansi BEM SI dikabarkan mengalihkan lokasi unjuk rasa ke gedung DPR, Senayan, Jakarta. Semula, mereka berencana untuk berunjuk rasa di sekitar Patung Kuda Arjuna Wijaya, Kompleks Monumen Nasional, Jakarta.

“Kami fokus untuk melakukan aksi di DPR RI,” ungkap Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yusfrizal kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Minggu malam, 10 April 2022 lalu.

Ia menjelaskan alasan BEM SI mengalihkan lokasi demo ke depan gedung DPR bukan karena mengikuti saran dari elite sejumlah parpol. “Karena kami ingin memastikan konstitusi yang ada berjalan, maka dari itu kami akan mengawal dari Undang-Undang dan memastikan DPR melaksanakan konstitusi dengan baik sesuai aturan yang sudah ada,” kata dia.

“Jadi, alasan pemindahan lokasi aksi murni dari diri kami sendiri,” tutur dia lagi.

Diprediksi akan ada 18 kampus yang bakal bergabung dengan mereka untuk melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR. Luthfi menargetkan ada sekitar 1.000 mahasiswa yang berdemonstrasi di depan gedung parlemen.

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya