Menhub Tinjau Infrastruktur di Jayapura-Merauke Jelang PON XX Papua

Kemenhub siapkan lima kapal Pelni dukung kegiatan PON

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah sarana dan prasarana infrastruktur transportasi di Jayapura dan Merauke, Sabtu (25/9/2021). Sarana tersebut disiapkan demi melancarkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua.

Kunjungan Menhub guna memastikan sarana dan prasarana tersebut telah siap, untuk melayani mobilitas para atlet dan tim official yang berlaga.

“Kami banyak membangun infrastruktur transportasi di Papua untuk mendukung kegiatan PON dan Perpanas. Dan kami pastikan ini semua telah berjalan dengan baik,” ujar Budi dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Sabtu.

Baca Juga: Deretan Persiapan Telkomsel Dukung Akses Telekomunikasi PON Papua 2021

1. Kemenhub telah mengirimkan sebanyak 428 unit bus

Menhub Tinjau Infrastruktur di Jayapura-Merauke Jelang PON XX PapuaMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah sarana dan prasarana infrastruktur transportasi di Jayapura dan Merauke (Sc: Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan)

Budi menjelaskan Kemenhub bersama stakeholders terkait di sektor transportasi telah menyiapkan sejumlah infrastruktur, baik sarana maupun prasarana transportasi untuk moda transportasi darat, laut dan udara.

Di sektor darat, Kemenhub telah mengirimkan 428 unit bus ke tiga titik penyelenggaraan PON yaitu di Jayapura, Timika, dan Merauke.

Kemenhub juga telah menyiapkan 515 awak bus, sebanyak 261 orang di antaranya merupakan pengemudi yang direkrut dari penduduk Papua. Ia menyebut langkah ini dilakukan sebagai wujud pemberdayaan masyarakat asli Provinsi Papua dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

Selama PON XX berlangsung, bus tersebut beroperasi dari pukul 06.00-22.00 WIT. Bus itu diperuntukan bagi mobilitas atlet dan official, dan juga untuk menjemput kontingen dari Bandara Sentani.

“Untuk mendukung penyelenggaraan Peparnas XVI di Papua yang diselenggarakan sesudah PON. Sebanyak 160 unit bus bantuan tersebut akan dimodifikasi dengan membuat ramp on/off dengan kemiringan yang sesuai, untuk digunakan para atlet Peparnas yang menggunakan kursi roda,” tulis pernyataan tersebut.

Sebagai informasi, setelah pelaksanaan PON dan Peparnas di Papua, sebagian bus tersebut akan dimanfaatkan untuk melayani angkutan perintis, perkotaan, yang pengelolaannya diserahkan ke DAMRI. Kemudian sejumlah fasilitas lainnya seperti bus air, terminal tipe A dan ATCS dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan transportasi di Papua dan sekitarnya.

2. Kemenhub siapkan lima kapal Pelni untuk angkut kebutuhan penyelenggaraan PON XX

Menhub Tinjau Infrastruktur di Jayapura-Merauke Jelang PON XX PapuaMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah sarana dan prasarana infrastruktur transportasi di Jayapura dan Merauke (Sc: Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan)

Selain bus-bus tersebut, Kemenhub juga telah membangun sejumlah infrastruktur yaitu dermaga dan dua unit bus air yang akan dioperasikan di Danau Sentani.

Kemenhub juga melakukan pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan, membangun Terminal Tipe A Entrop Kota Jayapura dan Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Jayapura.

Di sektor laut, sebanyak lima kapal Pelni telah disiapkan untuk mengangkut kebutuhan penyelenggaraan PON XX. Mulai dari tiang, spanduk, kendaraan, perahu kayak, dan lain sebagainya. Kelima kapal tersebut yaitu KM Labobar, KM Gunung Dempo, KM Ciremai, KM Dobonsolo, dan KM Sinabung.

Di sektor udara, Kemenhub telah menyiapkan empat bandara yaitu Bandara Sentani di Jayapura, Bandara Mozes Kilangin di Timika, Bandara Domine Eduard di Sorong, dan Bandara Mopah di Merauke.

“Saya pesan kepada pak Bupati agar fasilitas tersebut bisa dijaga dengan baik. Fasilitas transportasi yang sudah ada ini nantinya bisa bermanfaat untuk mendukung sektor pariwisata di Papua dan sekitarnya,” ujar Budi.

Baca Juga: PON Papua Diharapkan Jadi Tempat Mekarnya Talenta Baru

3. Menhub yakin Papua dapat melaksanakan kegiatan PON XX dengan baik

Menhub Tinjau Infrastruktur di Jayapura-Merauke Jelang PON XX PapuaMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah sarana dan prasarana infrastruktur transportasi di Jayapura dan Merauke (Sc: Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan)

Dalam tinjauannya ke Jayapura, Menhub meninjau sejumlah titik, mulai dari meninjau bus-bus bantuan yang telah dikirim, lalu ke dermaga Pelabuhan Jayapura, meninjau Kapal Pelni KM Tidar yang sejak 12 Agustus 2021 digunakan sebagai kapal isolasi terpusat terapung di Pelabuhan Jayapura.

Kemudian meninjau Stadion Hamadi, Papua Trade Center Entrop (PTC), dan Dermaga Ponton.

Di Jayapura, Menhub juga menyempatkan diri bermain sepak bola bersama Tim Sepakbola Persipura untuk memberikan dukungan dalam laga PON XX.

“Kami berharap dukungan fasilitas ini dapat memberikan pelayanan yang baik bagi para atlet dan tim official serta mendukung kelancaran penyelenggaraan PON secara umum. Setelah PON berakhir, dalam konteks investasi, tentunya fasilitas yang diberikan ini dapat memberikan nilai tambah, yaitu meningkatkan kualitas pelayanan sarana dan prasarana transportasi di Papua dan sekitarnya,” tulis keterangan Kemenhub.

Menhub Budi berpesan agar aplikasi PeduliLindungi sudah bisa diimplementasikan di Jayapura, dan memastikan semua yang datang sudah melakukan vaksin COVID-19 dan tes PCR. Menhub juga yakin Papua dapat melaksanakan kegiatan PON XX dengan baik.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya