Profil Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra yang Wafat di Jakarta

Dubes RI untuk Kazakhstan ucapkan belasungkawa

Jakarta, IDN Times - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kazakhstan, Fadjroel Rachman, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Dubes RI untuk Ukraina, H.E. Ghafur Akbar Dharmaputra.

Dalam postingan di Twitter pada Kamis (12/5/2022), Fadjroel menyatakan sangat berdukacita atas kepergian rekan sejawatnya itu.

“Innalillahi w.r. wafat Dubes RI untuk Ukraina H.E. Ghafur Akbar Dharmaputra, pukul 21.50 WIB di Jakarta. Keluarga Besar KBRI Nur-Sultan @nursultan_kbri sangat berdukacita,” tulisnya.

Baca Juga: [BREAKING] Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra Wafat

1. Dubes Ghafur meninggal dunia di RS Medistra Jakarta

Profil Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra yang Wafat di JakartaDubes RI untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra (Sc: https://twitter.com/fadjroeL)

Sebelumnya, beredar pesan yang menyatakan bahwa Dubes Ghafur meninggal dunia di RS Medistra Jakarta pada Kamis, 12 Mei 2022.

“Innalillahi wa inna ilaihi raji'un... Telah berpulang ke rahmatullah Bapak Dubes Ghafur Akbar Dharmaputra (Dubes RI untuk Ukraina) pada pukul 21.52 WIB di RS Medistra Jakarta,” bunyi keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

“Semoga almarhum husnul khotimah. Diterima semua amal ibadahnya dan diampuni segala dosa-dosanya, dan Ibu Endah dan putra-putri beliau diberikan kekuatan dalam menghadapi saat yang sulit ini,” sebut pesan singkat tersebut.

Kabar dukacita tersebut telah dikonfirmasi kedutaan melalui pesan singkat kepada IDN Times.

2. Profil singkat Dubes Ghafur

Profil Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra yang Wafat di JakartaPresiden Joko Widodo membahas sejumlah penguatan kerja sama Indonesia-Amerika Serikat dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, pada Senin, 1 November 2021. (Foto: BPMI Setpres)

Sebelum menjabat sebagai dubes, Ghafur mengemban tanggung jawab sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian).

Dubes Ghafur juga sempat menjadi Konsultan Jenderal RI di New York, Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Demi Kuasai Laut Hitam, Ukraina-Rusia Rebutan Pulau Zmiinyi

3. Latar belakang pendidikan Dubes Ghafur

Profil Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra yang Wafat di JakartaPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Dikutip dari laman resmi Kemenkopmk, Ghafur lahir pada 16 Februari 1964 di Bandung. Ia telah mengenyam pendidikan S2.

Ia dilantik Presiden Joko “Jokowi” Widodo sebagai duta besar pada November 2021.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya