Susi Pudjiastuti Gelar Susi Air Jamboree Aviation 2022 di Pangandaran

Acara tersebut akan berlangsung selama tiga hari

Jakarta, IDN Times – Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti, mengatakan dirinya ingin mendekatkan masyarakat, khususnya anak-anak, kepada dunia penerbangan atau kedirgantaraan.

Hal tersebut ia sampaikan ketika membuka acara Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (17/6/2022).

“Jadi, mendekatkan dirgantara kepada kita semua,” tuturnya.

1. Manfaat mendekatkan dunia penerbangan ke masyarakat

Susi Pudjiastuti Gelar Susi Air Jamboree Aviation 2022 di PangandaranMenteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti dalam acara Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (17/6/2022). (IDN Times/Rehia Sebayang)

Menurut Susi, mendekatkan dunia penerbangan kepada masyarakat akan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah berpotensi memperkuat pertahanan udara Indonesia.

“Indonesia ini sangat membutuhkan kekuatan pertahanan udara. Nah kalau anak-anak senang jadi TNI AU, kan bagus,” kata Susi.

Ia juga menyebut ingin memasyarakatkan olahraga dirgantara, yang menurutnya jauh lebih murah ketimbang jeep maupun motor gede (moge).

“Yang kedua, memasyarakatkan olahraga dirgantara. Karena saya pikir ini mudah, murah, efisien. Tidak ada mahal. Jeep itu lebih mahal daripada pesawat. Moge juga lebih mahal daripada pesawat,” katanya.

Baca Juga: Susi Air Resmi Laporkan Bupati dan Sekda Malinau ke Bareskrim Polri

2. Pesawat permudah jelajah Indonesia

Susi Pudjiastuti Gelar Susi Air Jamboree Aviation 2022 di PangandaranSusi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (17/6/2022). (IDN Times/Rehia Sebayang)

Di sisi lain, Susi juga menyebut bahwa mengembangkan dunia penerbangan akan membuat sektor transportasi di Indonesia lebih efisien. Menurut Susi, dengan pesawat, maka menjelajahi wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan akan lebih mudah dan cepat.

“Untuk negara kepulauan saya pikir dirgantara lebih bisa menjangkau cepat,” kata Susi.

“Jadi Indonesia within distance ya dengan pesawat. Mau kecil, mau besar, only aircraft yang bisa oversight Indonesia dengan baik dan mudah dan cepat. Breakthrough distance, breakthrough time, ya pesawat. Itu untuk saya pribadi,” tambahnya.

3. Dihadiri banyak komunitas penerbangan

Susi Pudjiastuti Gelar Susi Air Jamboree Aviation 2022 di PangandaranMenteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti dalam acara Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (17/6/2022). (IDN Times/Rehia Sebayang)

Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 yang akan berlangsung mulai Jumat (17/6/2022) hingga Minggu (19/2/2022) akan dihadiri oleh banyak komunitas penerbangan. Beberapa di antaranya termasuk Indonesia Flying Club, Bandung Flying Club, Jogja Flying Club, hingga Jakarta Flying Club.

Menurut Susi, akan ada sekitar 40 lebih peserta yang akan hadir dalam puncak acara pada Sabtu.

“Totalnya tadi kalau tidak salah 40 lebih. Besok (Sabtu) pada datang yang dari Cijulang, Parigi juga akan landing di sini. Dari Flying Club Jogja, Bandung, Jakarta, ada juga yang parachute jumper besok, selain tentu besok kita akan lihat eksposenya Basarnas,” katanya.

Baca Juga: Susi Air Tuntut Ganti Rugi Rp8,9 M ke Bupati Malinau, Ini Alasannya

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya