Comscore Tracker

Tanggapan Kemenlu Soal Prabowo Tokoh Penting Normalisasi RI-Israel

Hubungan Israel-Indonesia disebut media asing semakin dekat

Jakarta, IDN Times – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan posisi Indonesia terkait hubungannya dengan Israel dan juga penyelesaian konflik Palestina-Israel masih sama.

“Apa yang sudah disampaikan Ibu Menteri Luar Negeri sudah sangat jelas bagaimana kita melihat proses ke depannya dalam penyelesaian konflik Palestina Israel. Jadi kita berpegang pada posisi prinsip Indonesia. Kita melihat kesepakatan internasional, bagian dari solusi damai berangkat dari two state solution. Jadi kita berpegang pada hal tersebut dan juga berbagai resolusi yang juga dilakukan oleh UN (PBB) untuk kemudian kita bisa berbicara what next-nya,”  kata Faizasyah dalam press briefing, Kamis (20/1/2022)..

Baca Juga: Media Asing Sebut Prabowo Tokoh Penting di Balik Normalisasi RI-Israel

1. Prabowo tokoh penting di balik normalisasi RI-Israel

Tanggapan Kemenlu Soal Prabowo Tokoh Penting Normalisasi RI-IsraelJuru Bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah dan Direktur Perlindungan WNI, Judha Nugraha. (IDN Times/Santi Dewi)

Pernyataan itu merupakan tanggapan yang diberikan terkait pertanyaan tentang posisi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang disebut oleh media asing The Jerusalem Post, sebagai tokoh penting di balik normalisasi RI-Israel. Media tersebut menyebut hubungan Israel-Indonesia semakin dekat sepanjang 2021.

Salah satu momen yang merekatkan hubungan kedua negara adalah kerja sama pertanian, yang andil pentingnya diperankan oleh Prabowo melalui proyek food estate. Prabowo sempat bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional, Eyal Hulata, pada sebuah konferensi di Manama November lalu. Dia juga bertemu dengan kuasa usaha Israel di Bahrain, Itay Tagner.

Setelah foto pertemuan itu diunggah, Prabowo mengatakan bahwa kedua negara tidak dilarang untuk berkomunikasi demi kepentingan nasional, sekalipun Indonesia-Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi.

Baca Juga: Media Asing Sebut Prabowo Tokoh Penting di Balik Normalisasi RI-Israel

2. Keterlibatan AS

Tanggapan Kemenlu Soal Prabowo Tokoh Penting Normalisasi RI-IsraelMenlu AS Anthony J. Blinken saat diwawancarai oleh IDN Times pada Selasa (14/12/2021). (IDN Times/Uni Lubis)

Terkait normalisasi hubungan RI-Israel, belum lama ini pejabat diplomatik Amerika Serikat (AS) mengatakan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyinggung isu normalisasi Indonesia-Israel ketika berkunjung ke Jakarta.

“Prosesnya panjang. Ada pertemuan yang direncanakan, ada pula yang tidak,” kata pejabat itu.

Ia juga mengatakan bahwa salah satu pertemuan yang tidak terduga adalah pertemuan soal kerja sama pertanian.

Baca Juga: Prabowo Terekam Kamera Berbincang dengan Wakil Israel di Bahrain

3. Jokowi tunjuk Prabowo untuk tangani food estate

Tanggapan Kemenlu Soal Prabowo Tokoh Penting Normalisasi RI-IsraelMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika memberikan penghormatan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Merauke, Papua (www.instagram.com/@prabowo)

Sebelumnya pada Juli 2020, Presiden Joko “Jokowi” Widodo menunjuk Prabowo sebagai lead project untuk membangun food estate dengan target 178 ribu hektare. Sorotan media Israel kepada Prabowo tidak lepas dari keputusannya pada Oktober lalu, untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden Indonesia pada 2024. 

The Jerusalem Post juga menyebut Prabowo memiliki visi yang sama dengan pemimpin Arab lainnya, yaitu menormalisasi hubungan dengan Israel agar memiliki hubungan yang lebih baik dengan AS.

Di bawah rezim mantan Presiden AS Donald Trump, Indonesia menjadi negara muslim yang disasar untuk normalisasi hubungan dengan Israel. International Development Finance Corporation AS juga menjanjikan menggandakan investasinya di Indonesia, namun dengan syarat untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga: Ini Alasan Prabowo Bersedia Disuntik Booster Vaksin Nusantara

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya