Tuntut Kenaikan Upah, Massa Buruh Coba Terobos Tol Pedati Jaktim

Massa dilaporkan memblokade pintu Tol Pedati

Jakarta, IDN Times - Sekelompok buruh di wilayah Jakarta menggelar demo menuntut kenaikan upah pada Jumat (19/11/2021). Aksi massa itu berlangsung ricuh.

ANTARA melaporkan, massa buruh yang tergabung dalam sejumlah aliansi itu mencoba menerobos masuk ruas Tol Wiyoto Wiyono melalui Gerbang Tol Pedati, Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim).

Baca Juga: 10 Potret Anies Temui Massa Demo Buruh, Duduk Bareng di Trotoar

1. Para buruh hendak menuju Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Tuntut Kenaikan Upah, Massa Buruh Coba Terobos Tol Pedati JaktimDemo tolak Omnibus Law di kawasan Harmoni pada Kamis (8/10/2020). (IDN Times/Ilyas Mujib)

Saksi mata di lokasi, Wahyudin, menjelaskan massa buruh itu hendak menuju Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk menuntut kenaikan upah.

“Tadi itu ada rombongan yang demo ramai banget. Mau masuk tol tapi keburu dihalang sama polisi,” kata dia.

2. Massa buruh memblokade pintu tol

Tuntut Kenaikan Upah, Massa Buruh Coba Terobos Tol Pedati JaktimDemo menuntut UU Cipta Kerja (Omnibus Law) di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat memanas pada Kamis (8/10/2020) memanas (Dok. IDN Times/Istimewa)

Wahyudin mengatakan massa juga sempat memblokade pintu masuk Tol Pedati sekitar pukul 09.15 WIB. Akibatnya, arus lalu lintas di Jalan DI Panjaitan sempat mengalami antrean panjang.

Selain memblokade pintu masuk tol, ia juga mengatakan massa buruh yang hendak melakukan aksi itu juga sempat menyalakan flare.

“Iya ada petasan juga, yang biasa dibawa sama pendukung bola itu yang dipakai di lapangan. Mereka datang pakai motor sama mobil,” ujar Wahyudin.

Baca Juga: Hari Pahlawan, 500 Buruh Jatim Gelar Demo di Kantor Gubernur

3. Sempat terjadi negosiasi antara buruh dengan polisi

Tuntut Kenaikan Upah, Massa Buruh Coba Terobos Tol Pedati JaktimSuasana demo tolak UU Cipta Kerja (Omnibus Law) pada Kamis (8/10/2020) di kawasan Monas (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Laporan menyebut sempat terjadi negosiasi antara perwakilan buruh dengan kepolisian yang berjaga. Namun, akhirnya kepolisian melarang massa buruh yang hendak memasuki tol.

Kepolisian kemudian mengalihkan massa buruh melalui ruas Jalan DI Panjaitan untuk menuju Kantor Kemenakertrans. Kepolisian disebut masih berjaga di depan Pintu Tol Pedati untuk mengantisipasi massa buruh lain mencoba melakukan aksi serupa.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya