Ucapkan Selamat Natal, Jokowi: Pandemik Ubah Banyak Hal

Jokowi mengucapkan selamat Natal di Twitter

Jakarta, IDN Times - Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo mengucapkan selamat Hari Natal kepada masyarakat Indonesia melalui akun Twitternya pada Jumat (25/12/2020).

Melalui unggahannya, Jokowi menyebut Natal tahun ini tak sama dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemik COVID-19.

“Hari Natal tahun ini tidak seperti tahun-tahun lalu ketika keceriaan dan keriaan akhir tahun menyelimuti kehidupan negeri kita. Pandemi telah mengubah banyak hal dan memberi banyak pelajaran,” tulis Jokowi dalam akun Twitternya.

“Semoga kedamaian, keselamatan, dan keberkahan senantiasa mengiringi langkah kita semua,” lanjut Jokowi.

1. Pandemik COVID-19 di Indonesia

Indonesia telah dilanda pandemik COVID-19 sejak Maret lalu, dan sejak saat itu banyak hal yang berubah. Berbagai pembatasan dan penutupan wilayah sempat dilakukan pemerintah guna menekan penyebaran virus asal Wuhan, Tiongkok itu.

Melalui perayaan Natal hari ini pun sejumlah aturan pembatasan masih berlaku, seperti membatasi jumlah orang yang boleh menghadiri misa Natal di Gereja Katedral Jakarta.

Pada Rabu lalu, Pastor Kepala Paroki Katedral Jakarta Romo Hani Rudi Hartoko mengatakan pihaknya membatasi jumlah umat yang hadir dalam ibadah misa Natal 2020.

“Umat yang hadir dalam gereja diberi kuota kurang lebih 20 persen dari kapasitas gereja,” kata Romo Hani dalam konferensi pers secara virtual terkait persiapan Natal di Gereja Katedral Jakarta seperti dikutip ANTARA, Rabu.

Per pukul 07:00 WIB pagi Jumat ini, jumlah kasus COVID-19 di RI mencapai 692.838 kasus. Dari total itu, sebanyak 20.589 orang meninggal dunia dan 563.980 sembuh, menurut Worldometers.

Baca Juga: Cerita Persiapan Natal di Tengah Kepungan COVID-19

2. Tanggapan netizen

Ucapkan Selamat Natal, Jokowi: Pandemik Ubah Banyak HalTanggapan netizen

Para pengguna internet atau netizen memberikan beragam tanggapan pada posting-an Jokowi. Salah seorang netizen menyampaikan harapan agar Jokowi dan keluarga dalam keadaan sehat.

“Kiranya pak Presiden dan keluarga selalu di dalam perlindungan Tuhan. Terima kasih sudah memberikan pengabdian terbaik di tahun yang sulit ini,” tulis akun @YadaYhw.

“Selamat Damai Natal buat seluruh keluarga Bapak Joko Widodo... semoga Bapak diberi kekuatan dari TUHAN YESUS untuk memimpin Negara kita ini... untuk INDONESIA MAJU... shalom,” tulis @DowaitP.

Dalam waktu kurang dari dua jam sejak di-posting, ucapan tersebut telah mendapat 841 kali retweet atau tweet ulang, dan lebih dari 4 ribu suka.

3. Ucapan Natal dari para menteri

Selain Presiden Jokowi, sejumlah menterinya juga turut mengucapkan selamat Natal di Twitter. Salah satunya adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Harapannya Natal ini bisa memberikan sukacita dan berkah bagi saudara-saudari yang merayakannya. Semoga damai menyertai kita semua," cuitnya melalui akun @Menlu_RI setelah diterjemahkan.

Baca Juga: Misa Natal, Sebuah Patung Pasien COVID-19 Dipasang di Gereja Bongsari

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya